5 Tips dan Trik Membeli Properti Rumah Idaman Yang Aman Di Tahun 2022

Apakah kamu tertarik untuk memiliki aset berupa properti di tahun 2022 nanti? Pas banget nih kamu baca tulisan kali ini. Karena artikel ini akan memberikan tips dan trik membeli properti rumah yang aman di tahun 2022 nanti. Siapa tau kamu masih kebingungan mau beli properti tapi masih ragu apa saja yang diperhatikan. Nah tulisan kali ini akan membantu mempermudah hidup kamu untuk memiliki properti dengan aman.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan agar bisa memiliki properti yang mudah dan aman, berikut tipsnya:

1. Ketahui Lingkungan Sekitar Rumah Kita

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lingkungan sekitar rumah yang akan kita tempati. Wajib diperhatikan apakah daerah di sekitar rumah kita itu rawan banjir/tidak, lingkungan yang rawan maling/pencurian/rampok/tawuran warga dan hal-hal buruk mengenai warga sekitarnya. Karena kita tinggal di sana untuk waktu yang lama, kalo sekiranya berpotensi mengganggu ketentraman kehidupan kita mending gausah dipilih lokasi itu.

5 Tips dan Trik Membeli Properti Rumah Idaman Yang Aman Di Tahun 2022

Disarankan untuk memiliki beberapa alternatif lokasi calon rumah kita. Jadi punya banyak cadangan rencana kalo misalnya ada lokasi yang ga cocok. Saya sarankan untuk punya minimal 5 alternatif lokasi. Jadi lebih leluasa untuk memilih lokasi yang paling ideal untuk kita tempati.

2. Akses dan Lokasi Rumah

Ini juga penting diperhatikan ketika memilih rumah idaman. Apakah letaknya dekat dengan akses jalan raya? Apakah aksesnya sudah dilewati oleh angkutan umum? Kalo ada angkutan umum yang melewati, apa saja jenisnya? Ini semua harus diperhatikan untuk memudahkan akses menuju dan dari rumah kita lebih cepat. Terlalu jauh dari jalan raya, agak rawan terutama untuk yang harus pulang ke rumah malam hari. Pengecualian kalo di sepanjang perjalanan ke rumah ada keramaian yang dilewati, mungkin masih bisa jadi pertimbangan.

Tapi ini balik lagi ke kenyamanan kita masing-masing, ya. Kalo nyamannya tinggal jauh dari akses jalan raya karena menyukai suasana yang sepi dan tenang, dengan resiko ga bisa pulang larut malam karena rawan kejahatan, juga ga masalah. Karena kenyamanan itu berdasarkan selera, jadi ga ada yang bisa memaksakan seleranya ke orang lain.

3. Desain Rumah

Sekarang banyak sekali orang yang mencari rumah dengan desain yang menarik. Sehingga sekarang para developer perumahan sampai sengaja menyewa arsitek untuk mendesain rumah yang akan mereka pasarkan agar lebih menarik kepada calon pemiliknya. Kita bisa memilih desain rumah yang sesuai dengan keinginan dan selera nantinya. Namun kalo menurut saya sih urusan desain ini tidak perlu menjadi prioritas ketika mencari rumah pertama kali. Jika anda membutuhkan ide desain rumah minimalis, bisa follow instagram @rumahminimalisbagus untuk inspirasi desain rumah minimalis setiap hari.

4. Spesifikasi Material Rumah

Mungkin ini yang sering terlewatkan ketika melakukan survei rumah idaman kita. Karena mungkin kita tidak terlalu mengerti tentang kualitas dan jenis bahan bangunan jadi kita tidak menanyakan hal ini. Padahal ini salah satu hal krusial ketika memilih rumah idaman lho! Maka bekali diri kita dengan mengetahui jenis-jenis bahan material pembuatan calon rumah idaman kita dengan baik. Sehingga ketika melakukan survei calon rumah pilihan, ga akan salah pilih rumah dengan material kualitas rendahan tapi dihargai mahal sama developernya karena pengen cari untung gede.

Pemilihan spesifikasi material rumah yang cocok juga perlu diperhatikan menyesuaikan lokasi rumahnya. Kalo daerah tempat tinggal kita rawan bencana gempa/banjir, akan berbeda materialnya dengan rumah yang dibangun di tempat yang relatif lebih aman. Jangan sampai kita menempati rumah dengan material yang justru tidak tahan bencana alam dan membuatnya cepat rapuh/hancur.

5. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Saat akan memilih calon rumah idaman, kita bisa buat daftar kebutuhan untuk keluarga kita ketika memilih rumah. Misalnya berapa kamar yang dibutuhkan untuk keluarga kita, anak dan tamu. Seberapa luas tanah yang kita perlukan jika nantinya kita akan melakukan renovasi/penambahan fitur. Seberapa luas garasi yang kita butuhkan untuk memarkir mobil/motor yang kita miliki. Hal ini perlu didiskusikan kepada keluarga sebelum memilih rumah idaman kita nantinya.

***

Semoga tips memilih rumah idaman di tahun 2022 ini bisa membantu kita memilih hunian terbaik untuk kita dan keluarga ya! Jika ada tanggapan mengenai artikel ini silakan tinggalkan komentar. Bagikan artikel ini kepada teman/sahabat/kerabat/keluarga yang mungkin membutuhkannya. Terima kasih sudah membaca artikel 5 Tips dan Trik Membeli Properti Rumah Idaman Yang Aman Di Tahun 2022 sampai habis. Sampai ketemu di tulisan berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares
error: Jangan coba-coba
Open chat
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?