Cara Optimasi Bio Instagram Untuk Bisnis

Buat kamu yang menggunakan instagram untuk keperluan bisnis ataupun jualan online, salah satu elemen yang wajib dioptimasi adalah bio instagram. Karena bio merupakan salah satu jalan masuk utama untuk mengenalkan brand/produk kita kepada calon followers/konsumen di instagram.

Kalo bio instagrammu dibikin sembarangan, tentu sangat disayangkan karena kamu telah menyia-nyiakan fitur gratis dan menurut saya cukup powerfull dari instagram ini.

Bisa jadi hanya karena membaca sebuah bio orang tertarik untuk follow akun instagrammu. Bahkan bisa jadi dia tertarik beli produkmu hanya karena membaca bio instagram doang lho!

Nah terus apa aja sih yang harus dilakukan agar bio instagram punya power untuk bisa membuat seseorang melakukan tindakan di akun instagrammu? Simak Cara Optimasi Bio Instagram Untuk Bisnis berikut ini:

1. Bio Instagram Itu Singkat Dan Jelas

Bikin deskripsi bio instagram ga perlu panjang-panjang. Selain karakter yang terbatas, orang juga males kalo baca panjang-panjang. Bio instagram seharusnya singkat dan padat.

Cukup jelaskan bisnis/brand/produk apa yang kamu jual. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti semua orang yang membacanya. Pastikan orang langsung kenal olshop/brand/bisnismu seperti apa saat selesai membaca bio instagramnya.

2. Infokan Lokasimu

Kalo kamu punya toko/kantor offline beritahukan lokasinya. Ga perlu alamat lengkap, yang penting mereka tau aja dulu. Selain memberikan informasi kepada followers yang mungkin 1 lokasi disekitarmu, juga memberikan informasi perhitungan ongkir ketika mengirim barang ke tempat mereka nantinya.

Kamu bisa beritahukan lokasi brand bisnismu di instagram menggunakan kolom address di bio instagrammu. Beritahukan kecamatan/kota aja udah cukup kok.

3. Tambahkan Slogan

Kalo masih cukup ruang untuk menambahkan slogan, silakan ditambahkan. Gunanya untuk memperkuat branding bisnismu di mata followers. Biar mereka tau value apa yang kamu bawa di bisnismu.

Kalo bisa sih ga sekadar slogan ya. Tapi memang berkesinambungan dengan produk dan pelayanan bisnismu juga. Biar makin terpercaya dan memang konsisten brandingnya selama ini.

4. Masukkan Link

Jangan sampai kolom link website di akun instagrammu kosong loh! Itu satu-satunya tempat untuk memasukkan link di instagram! Masa kamu sia-siain gitu aja?

Kalo pun ga punya website, coba masukkan link whatsapp kamu biar orang lebih gampang menghubungimu untuk kerjasama/membeli produkmu langsung tanpa harus menyimpan nomor mu lebih dulu.

5. Tambahkan Hashtag

Tambahkan hashtag untuk mempermudah pencarian produk/brand bisnismu di instagram. Cukup 1-2 aja gausah banyak-banyak ntar ga muat ngasih tau info yang lain.

Memang masih ada perdebatan mengenai penambahan hashtag di bio ini. Karena banyak yang menilai ga terlalu berpengaruh banyak dalam menjangkau followers baru. Karena ga ada data yang bisa dianalisa.

Meskipun instagram memang menyarankan untuk menambahkan hashtag/mention akun di bio instagrammu, tapi instagram belum menyediakan data yang bisa digunakan untuk menganalisa klik/visitor/view yang datang dari hashtag/mention di bio tersebut.

Tapi ga ada salahnya kamu masukin juga di bio instagrammu.

Cara Optimasi Bio Instagram Untuk Bisnis
Cara Optimasi Bio Instagram Untuk Bisnis

Saya kira itu yang bisa kamu lakukan untuk bisa optimasi bio instagram untuk bisnis ataupun online shopmu. Semoga bisa membantumu memaksimalkan traffic instagrammu secara organik ya.

Jika ada pertanyaan tentang instagram marketing dan sekitarnya, silakan tekan tombol whatsapp yang ada di halaman ini.

Follow juga media sosial saya lainnya di:

  1. Facebook: fb.me/radhian1601
  2. Instagram: instagram.com/radhiannr
  3. Youtube: https://youtube.com/c/RadhianNurRahman
  4. Telegram: t.me/demastah
  5. Web: demastah.my.id
  6. Blog: rangkaianabjad.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares
error: Jangan coba-coba
Open chat
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?