Optimasi Konten Media Sosial Untuk Bisnis Online Anda Dengan 3 Cara Ini

Sejak mengenal bisnis online pada tahun 2018 lalu, di semua platform media sosial terutama facebook, instagram dan twitter semuanya punya kesamaan. Semuanya bisa digunakan untuk media promosi. Selain itu kesamaan lain yang terlihat adalah dari sisi kontennya.

Sebagai media promosi online untuk bisnis, hampir semuanya mempunyai konten visual. Gambar adalah sesuatu yang bisa menarik perhatian terutama untuk calon pelanggan. Dengan konten visual yang menarik, akan lebih mudah mendatangkan traffic ke akun bisnis online kita.

Masalahnya, masih banyak para pebisnis online yang suka meremehkan konten visual mereka. Malah cendrung asal-asalan. Padahal, kalo dioptimasi dengan baik konten visual bisnis kamu bisa jadi faktor penentu terjadinya pembelian, lho!

Apa aja yang mesti dioptimasi?

1. Kualitas Gambar

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas gambarnya. Gunakan gambar yang kualitasnya bagus dan tidak blur. Luangkan waktu membuat foto produk sendiri/edit konten sendiri untuk bisa memaksimalkan promosi bisnis kamu. Kalo ga punya gambar sendiri untuk mewakili konten visual produkmu, bisa gunakan marketing kit dari supplier kamu.

Tapi ingat, karena resellernya bukan cuman kamu jadi ada potensi konten yang kamu gunakan akan sama dengan reseller yang lain. Tapi untuk awal-awal ga jadi masalah, sambil kamu terus belajar untuk edit dan mendesain konten promosimu sendiri.

2. Tonjolkan Produk Secara Profesional

Kalo kamu promosi di media sosial berikan yang terbaik. Tampilkan produkmu secara profesional. Ga asal-asalan dan ga sembarangan. Dengan menampilkan produkmu secara profesional, trust calon buyermu akan meningkat. Kalo kamu ga punya bakat untuk bikin foto produk, kamu bisa menggunakan jasa foto produk berkualitas di daerahmu.

Atau kalo kamu punya budget yang terbatas, kamu bisa gunakan template desain yang dijual secara online. Ada banyak template desain yang bisa kamu miliki, tergantung untuk apa kamu mempergunakan templatenya. Bahkan terkadang ada juga yang jual template berlinsensi yang bisa dijual kembali. Artinya, kamu bisa membuka jasa desain template promosi juga.

Jadi kamu bisa punya double income. Pemasukan dari penjualan produkmu sendiri dan juga pemasukan dari membuka jasa desain template promosi. Jadi membuka peluang baru kan? Hehehe..

3. Gunakan Foto Asli

Untuk yang jenis produknya berupa fisik, saya sarankan untuk menggunakan foto asli. Karena selain kamu bisa mencobanya langsung, promosi dengan foto asli juga bisa menunjukkan kesan real pict terhadap produk kamu. Untuk menunjukkan bahwa itu foto asli, hindari penambahan elemen seperti nomer wa, watermark yang berlebihan dan juga frame-frame desain yang tidak perlu.

Jadinya ga aesthetic dong? Kalo calon buyer kamu butuh produkmu, yang mereka liat bukan keindahan desain dari akun kamu tapi karena kita berhasil meyakinkan logika mereka kalo produk yang kita jual memang asli.

Bonus Tip

4. Manfaatkan Testimoni

Yang dimaksud testimoni di sini bukan hasil screencapture chat kamu dengan konsumen yang udah terima barang kamu. Tetapi foto asli dari calon buyer kamu yang mereka kasih liat ke kamu. Dengan demikian, kamu ga akan kehabisan konten untuk diupdate ke akun bisnis kamu.

Gimana cara dapetinnya? Kasih tau mereka kalo bisa kasih liat foto terbaik waktu mereka pake produk kamu, mereka bisa dapatin kupon diskon/voucher belanja sekian rupiah untuk order berikutnya. Jadi win win solutions buat kamu dan pelangganmu kan?

***

Jadi, sekarang kamu tau harus ngapain untuk mengoptimasi konten untuk media sosial bisnismu kan? Kalo masih bingung gimana caranya edit-edit desain, kamu ga usah khawatir. Daripada menghabiskan waktu untuk belajar desain, saya siapin templatenya aja mau ga? Kamu tinggal edit tulisan dan fotonya doang, bisa langsung kamu promosiin nantinya.

Kalo mau nanti saya kasih tau infonya di sini. Tungguin aja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares
error: Jangan coba-coba
Open chat
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?