Di masa krisis akibat pandemi corona seperti saat ini, seluruh orang di dunia terkena efeknya. Mau yang sudah punya persiapan sekalipun juga akan gugup menghadapinya. Karena kita sedang menghadapi bencana yang tidak tau kapan berakhirnya.

tips bisnis online untuk pemula

Semua orang masih berjuang untuk menemukan solusi dari pandemi ini. Ada yang bilang pandemi kali ini mirip dengan kejadian beberapa tahun sebelumnya. SARS dan juga Flu Burung adalah 2 contoh pandemi yang bisa kita jadikan pelajaran untuk bersiap sebetulnya. Kalo belajar dari pandemi sebelumnya, kejadian seperti ini akan bisa dikendalikan setelah 1 tahun.

Tentu ini jadi sesuatu yang cukup menakutkan buat kita , terutama yang masih mengandalkan pendapatan harian. Apalagi di Indonesia yang sumber daya manusianya belum teredukasi untuk berinvetasi atau menabung simpanan  dana darurat.

Kenapa begitu banyak yang terdampak? Karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengandalkan pekerjaan di luar rumah untuk mendapatkan penghasilan. Masih sedikit yang teredukasi bahwa sekarang sudah tidak perlu lagi keluar rumah untuk mendapatkan uang.

Bisnis online adalah solusi alternatif paling gampang dilakukan untuk sekarang ini.

Selain karena tidak memerlukan kegiatan di luar, pekerjaan yang dilakukan juga akan jadi lebih efektif. Meskipun di awal harus berjuang dulu, tapi hasil akhirnya akan sepadan kok dengan usahanya.

Banyak yang ga mau prosesnya, tapi pengen langsung dapat hasil instannya. Ya ga bisa kayak begitu sih. Semuanya perlu proses semuanya perlu belajar. Ga ada anak bayi yang bisa jalan pertama kali tanpa terjatuh berkali-kali bahkan sampai luka, lecet dan berdarah.

Nah, untuk menghindari kegalauan dan kegelisahan memulai kegiatan bisnis online pemula silakan disimak artikel ini sampai habis. Bisa dibilang ini yang perlu diketahui para pebisnis pemula sebelum memulai bisnis online pertamanya.

1. Mulai Dulu Aja

Kebanyakan pemula, termasuk saya juga, terlalu banyak mikir di awal. Gimana kalo ga laku lah, gimana kalo rugi, gimana kalo dikatain ortu, dikatain pacar, dikatain temen kalo jualan. Wah banyak banget deh!

Padahal itu semua cuman ada di kepala kita aja. Mulai aja dulu, kalo kamu tujuannya pengen berhasil di bisnis online, ga ada cara lain selain mulai dulu. Kita ga akan pernah tau orang akan merespon aktivitas baru ini seperti apa kalo ga pernah coba.

Kamu maunya jualan apa? Bebas, saya ga pengen mengekang harus model bisnis ini atau itu. Kalo kamu memang melihat peluang MLM itu bagus, dicoba dulu aja. Kalo kamu pengen langsung buka toko offline karna modalnya cukup, dibuka aja. Kita ga pernah tau model mana yang cocok kamu jalankan. Jadi saran saya: mulai dulu aja.

2. Persiapkan Senjatamu Dari Awal

Dalam memulai bisnis online atau dalam hal apapun, persiapkan diri lebih dulu. Anggap saja kita mau terjun ke medan perang. Tentu sebelum perang kita harus banyak-banyak latihan bukan? Ga mungkin bisa menang perang kalo latian ga pernah, senjatanya juga ga punya.

Begitu juga ketika memulai bisnis online pertama kali. Kita harus persiapkan diri dengan baik. Persiapan apa yang perlu dilakukan?

Pertama, siapkan mindset. Ini penting banget. Seorang pebisnis atau penjual itu mental dan mindsetnya akan berbeda dengan seorang karyawan dan pegawai. Kenapa berbeda? Karena memang medan perangnya berbeda juga. Ketika menjadi pebisnis atau penjual kita akan dihadapkan pada kondisi yang tertekan secara terus menerus.

Harus bikin konten tiap hari, dihadapkan dengan kerugian setiap saat, belum lagi menghadapi keluhan pelanggan. Banyak banget. Kalo mental dan mindsetnya masih ga pas, bisa-bisa seminggu juga udah nyerah menghadapinya.

Jadi persiapkan mentalmu untuk memulai bisnis online. Caranya bisa dengan belajar langsung dengan orang-orang yang sudah lama berbisnis. Atau belajar dengan orang kamu kenal sudah mulai duluan berbisnis sebelum kamu. Dua-duanya boleh tapi hati-hati akan overload knowledge terjadi di kamu. Filter informasi yang masuk ke kepalamu juga, jangan semuanya ditelan mentah-mentah.

Kedua, persiapkan skill jualanmu. Ketika terjun ke dunia bisnis skill jualan adalah modal paling penting dan wajib dikuasai sebelum benar-benar jualan. Kamu bisa belajar teorinya dulu dari orang terdekatmu yang sudah mulai jualan. Saya pribadi belajar dasar-dasar marketing dari kursus online gratis yang diadain sama startup dari Indonesia.

Kamu bisa pilih mau belajar secara offline atau online, mau autodidak atau langsung dimentorin. Dua-duanya ga ada masalah yang penting kamu mengerti sama apa yang disampaikan.

3. Berani Ngiklan

Ketika sudah mulai berjalan usahamu, habbit promosi organiknya sudah terbentuk, kini saatnya kamu mulai promosi berbayar. Kenapa harus berbayar? Karena kamu harus memperluas target pasarmu. Kamu ga bisa mengandalkan promosi organik aja.

Hampir semua platform, entah itu media sosial maupun di marketplace sekarang gencar-gencarnya mengkampanyekan untuk beriklan di tempat mereka. Selain karena bisa mendapatkan traffic yang lebih besar, platform tersebut juga akan semakin berkembang ketika ada yang beriklan di situ.

Ga perlu takut rugi ketik beriklan. Yang perlu kamu lakukan adalah ambil datanya dan evaluasi kekurangan iklanmu apa. Itu lebih penting daripada meratapi kerugian yang kamu derita. Pelajaran berharga yang bisa diambil ketika ngiklan adalah kamu belajar untuk ga takut rugi.

Ketika kamu udah ga takut rugi, kamu akhirnya belajar hal lain. Belajar analisis data, belajar analisis market, dan analisis konten iklanmu. Akhirnya dari situ kamu punya ilmu baru lagi: ilmu beriklan yang efektif dan analisis data.

4. Terus Belajar Ilmu Marketing

Ketika kamu sudah mulai menguasai ilmu dasar marketing, closing (transaksi) sudah banyak terjadi, saatnya kamu upgrade skill dan ilmu lagi. Pelajari ilmu baru, yang lebih kompleks penerapannya. Jelajahi platform baru yang belum pernah kamu cobain.

Tapi dengan kamu sudah menguasai ilmu sebelumnya terus kamu berhenti mempelajarinya ya. Kamu juga harus tetap memperkuat ilmu dan skill yang sudah kamu pelajari agar terus melekat di kepala dan otakmu. Dengan begitu kamu akan tetap produktif dan jadi pribadi yang makin berkembang.

 

One thought on “TIPS BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.