sBanyak para internet marketer dan pebisnis online yang masih belum mengerti apa itu landing page. Padahal Halama ini fungsinya cukup vital dalam membantu konversi penjualan sebuah produk bisnis, baik itu digital maupun produk fisik.

pengertian landing page

Kalo toko online teman-teman masih belum punya landing page, saya sarankan untuk segera dibuatin aja landing pagenya. Kenapa? Salah satu fungsi paling penting adalah meningkatkan rasio konversi penjualan produk kita, lho.

Coba bayangkan, ketika ga punya landing page konversi penjualan produk kita cuman 45% misalnya. Kalo udah punya konversi kita bisa meningkatkan sampai 65% lho! Keren ga tuh?

Daritadi ngomongin landing page mulu, emang itu makanan jenis baru?

Pengertian Landing Page

Halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing. Biasanya halaman ini yang akan ditampilkan ketika mendatangkan traffic atau kunjungan situs dari hasil pencarian berbayar. Kalo saya nyebutnya itu halaman edukasi buat calon buyer. Intinya mengedukasi mereka sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk kita.

Terus bedanya sama website apa?

Sederhananya gini, website itu alamat rumah kita. Jadi ada nomer rumah, nama jalannya, nama komplek gitu-gitu lah. Jadi website itu tampilannya lebih umum, nunjukkin halaman depan rumah kita.

Nah kalo landing page nunjukkin hal yang lebih spesifik daripada website. Halaman ini menampilkan isi dari rumah kita secara spesifik. Jadi kalo website nunjukkin halaman depan rumah kita, maka LP nunjukkin bagian dalam dari rumah, misalnya kamar tamu, ruang tamu, dan isi rumah lainnya.

Fungsi Landing Pages

Landing page ada beberapa fungsi utama. Pertama fungsinya bisa dipakai untuk ngumpulin data pengunjung potensial atau leadsLeads ini adalah data yang dijaga banget sama pemilik bisnis. Apalagi kita sebagai pebisnis online, database leads ini penting banget disimpan.

Fungsi ke-2 juga akan mempercepat transaksi produk kita. Halaman ini bisa mempercepat transaksi karena minim distraksi/gangguan. Ga ada tombol menu, iklan, atau apapun jadi buyer ga akan ‘diganggu’ dengan visual lainnya. Dengan adanya LP calon pelanggan akan fokus melihat dan membaca penawaran yang kita tuliskan di sana.

Jenis Landing Pages

Ada beberapa jenis LP yang secara umum digunakan para pebisnis online. Pertama ada yang namanya lead generation landing page dan yang kedua ada yang namanya click through landing page. Saya akan jabarkan satu per satu, silakan disimak:

Lead Generation Landing Pages

Fungsi utamanya adalah mengumpulkan data calon pelanggan. Biasanya sih nama dan email aktif. Nah kedua data ini kemudian disimpan untuk keperluan bisnis kita dan merawat hubungan dengan calon pelanggan. Dengan email aktif tersebut, para owner bisnis memberikan info promosi, diskon berita, artikel blog dan lain sebagainya. Cara ini biasanya dipakai untuk bisnis yang punya target market menengah ke atas.

Click Through Landing Page

Halaman ini biasanya ditampilkan di website e-commerce. Biasanya menampilkan tombol “pilih sekarang” atau “beli sekarang” dan lainnya. Tombol navigasi yang terbatas  memperkecil kemungkinan pengunjung untuk keluar dari halaman ini.  Tujuannya tidak lain adalah menggiring calon pelanggan untuk melakukan pembelian di halaman tersebut.

Nah setelah mengetahui semua itu, apa temen-temen jadi semakin tertarik untuk punya landing page untuk produknya sendiri? Harusnya sih gitu, ya? Kalau teman-teman masih bingung gimana caranya bikin LP yang bisa meningkatkan konversi, saya ada rekomendasi  mentoringnya.

Namanya landing page mastery, penjelasan singkat tentang mentoring ini akan membantu teman-teman membuat LP dari NOL hingga menjadi konversi penjualan yang cepat, singkat dan tepat. Kalo teman-teman ambil kelas mentoring ini, saya akan bantu untuk mencarikan target market yang cocok dengan produk yang akan teman-teman jual menggunakan materi praktik dari mentoring ini, asyik kan?

Terima kasih sudah menyimak artikel ini, sampai ketemu di artikel lainnya!

One thought on “Landing Page Untuk Pebisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.