Sampai sekarang, Tokopedia masih jadi salah satu marketplace favorit saya. Selain tampilannya menyegarkan mata, terkadang saya juga dapat job nulis artikel dari mereka. Hehehe makasih Tokped!

Sebagai salah satu raksasa marketplace, Tokopedia sudah dihuni oleh ribuan selle dan jutaan produk yang tentu saja jumlahnya semakin bertambah setiap hari.

optimasi tokopedia

Dengan ketatnya kompetisi saat ini, seorang seller di tokopedia harus bisa menaklukan SEO (search engine optimation) Tokopedia. Ga cuman blog atau website yang mesti dioptimasi SEO-nya teman-teman. Tapi toko online kita juga harus dioptimasi. Nah di Tokopedia juga ada SEO, dengan lingkup yang lebih terbatas tentu saja.

Pengoptimalan SEO toko online di Tokopedia ini bertujuan untuk meningkatkan performa produk kita baik dalam pencarian aplikasi maupun situs marketplace-nya langsung.

Teman-teman ga bisa menghindari serbuan produk yang sama dengan yang akan kita jual. Jadi yang harus teman-teman lakukan adalah membuat produk anda jadi keliatan berbeda daripada yang lain dan akhirnya membuat orang membeli di toko anda.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa jadi yang berbeda dari toko lain di Tokopedia. Silakan dikombinasikan sendiri sesuai dengan keinginan teman-teman.

1. Jadi Produk Dengan Harga Termurah

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalo marketplace tempat yang berdarah-darah. Banting-bantingan harga adalah sesuatu yang terlihat ‘wajar’ di sini. Oleh karena itu harga akan selalu jadi faktor utama menentukan persaingan kita dengan kompetitor lain. Ga peduli berapapun selisihnya, mau 1000 atau 2000, harga termurah pasti akan lebih menarik perhatian buyer.

Ada 1 trik ‘nakal’ yang bisa anda coba untuk menentukan harga termurah ini. Kalo misalkan ketemu produk dengan jenis sama dengan yang kita jual harganya 79.000, anda bisa menentukan harga yang lebih murah dari itu. Tulis saja misalnya: 78.900. Selisih 100 tapi bisa jadi itu faktor penentu produk anda bisa terjual atau tidak.

2. Produk Terbaru

Ada beberapa jenis produk yang mempunya ‘masa kadaluarsa’. Contohnya kayak produk fasion dan gadget elektronik. Teman-teman yang bermain di niche ini harus selalu wajib untuk mengupdate produk di toko onlinenya. Update produknya, ubah harganya dan tunjukkan kalo itu adalah produk terbaru.

3. Jadikan Produk Anda Yang Paling Sesuai

Defaultnya, hasil pencarian yang kita coba sering kali keliatannya acak. Padahal, Tokped sebisa mungkin menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan apa yang kita cari. Untuk hal ini, bisa dicoba dengan memberikan nama produk/judul produk yang lebih menonjol.

Misalnya, kalo teman-teman jualan batrai, kita bisa mengoptimasi kata kunci yang relevan dengan menuliskan “batere/batrai/battery smartphone anu”. Dalam banyak kasus seringkali para buyer menuliskan produk yang tidak sesuai dengan kata kunci yang sebenarnya. Contoh yang paling sering terjadi adalah produk “jilbab” yang dicari menggunakan kata kunci “hijab”.

4. Menjadi Produk Terpopler dan Terlaris

Salah satu daya tarik yang bisa kita manfaatkan untuk menarik minat buyer adalah dengan jadi produk terpopuler. Dengan begini, mereka lebih percaya untuk beli produk yang lebih punya reputasi. Pembeli akan selalu berusaha menjadi ‘smart buyer’ dengan tidak menjadi ‘korban’ dari pembelian barang yang ga bagus.

Gimana kalo misalnya produk baru?

Teman-teman bisa pake trik pasang harga termurah untuk bisa mendapatkan penjualan dan mengumpulkan rating yang bagus. Kalo ratingnya udah bagus, naikin harganya sehingga produk teman-teman terlihat lebih berkualitas.

5. Foto Yang Menarik

Untuk produk yang sangat mainstream misalnya hijab, smartphone, atau produk apapun yang punya studio produk dengan display yang sama. Nah, biasanya mata calon pembeli akan cenderung mencari produk dengan display yang mencolok, yang beda. Maka cobain untuk memodif gambar produk anda sendiri.

Misalnya pengen promosi produk jam tangan. Bisa ditambahkan lingkaran “DISCOUNT” atau kasih frame yang mencolok biar orang langsung liat produk kita. Kalo belum punya template frame yang bagus, bisa pake template yang di INSTADESAIN aja.

Sekian materi untuk optimasi produk di pencarian Tokopedia. Semoga bisa bermanfaat untuk para seller marketplace Tokped ya! Sekadar info, tools untuk membantu para dropshipper, reseller, supplier marketplace, CONVERTIC hanya dijual sampai dengan tanggal 19 Agustus 2019. Jadi manfaatkan kesempatan ini dengan maksimal, karena setelah ini penjualan CONVERTIC akan ditutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.