Tips Membuat Kalimat Promosi Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis, terutama bisnis online, pemilihan kalimat promosi adalah hal yang sangat penting. Karena di zaman sekarang, udah terlalu banyak iklan promosi yang bertebaran, termasuk di media sosial semacam facebook dan instagram. Kalo kita ga punya kalimat promosi yang menarik, orang ga akan melirik. Kalo ga dilirik, potensi untuk mendapatkan penjualan juga akan berkurang.

tips membuat kalimat promosi bisnis online

Gimana kalo kita ga ngerti caranya bikin kalimat promosi yang bagus? Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat kompetitor. Gimana mereka bikin kalimat penawaran yang bikin kita tertarik untuk membeli produknya. Hal kedua yang bisa dilakukan adalah menggunakan teori ATM (Amati-Tiru-Modifikasi). Ketika sudah melihat beberapa contoh kalimat promosi bisnis, sekarang saatnya praktik.

Teori sehebat apapun akan tidak berarti jika kita tidak pernah mempraktikkannya. Jadi, yang penting coba aja dulu, mau sejelek apapun kalimat promosi yang kita buat tidak masalah. Ketika kita mencoba, kita bisa mengevaluasi kesalahan apa yang kita lakukan. Dari kesalahan itu kita belajar dan mengevaluasinya untuk praktik di masa depan.

Kalimat promosi yang baik adalah kalimat yang sudah melalui beberapa kali proses editing dan evaluasi. Tidak ada kalimat promosi bisnis online yang benar-benar sama persis. Meskipun disuruh copas oleh mentor kita, ga bisa dicopas 100%. Harus ada bagian yang perlu diedit untuk menyesuaikan gaya bahasa yang kita gunakan selama ini.

1. Langsung Menuju “Rasa Sakit”

Membuat kalimat promosi untuk penjualan yang baik adalah langsung menuju pain kepada calon buyer. Maksudnya gimana? Langsung sebutkan masalah dari calon buyer kita, yang nantinya akan diselesaikan dengan produk yang akan kita jual.

Cara mencari rasa sakitnya gimana? Yang pertama harus kita lakukan adalah kita mesti kenal dulu dengan produk yang kita jual. Product knowledge wajib kita kuasai sepenuhnya, karena kalo bukan kita yang mengerti produk kita siapa lagi? Wajib kuasai product knowledge karena nanti kalo ditanya sama calon buyer tentang produk kita ga bisa jawab gimana?

Dengan menguasai produk sendiri, kita akan tau masalah apa saja yang bisa diselesaikan oleh produk kita. Nah kalo udah tau masalah apa yang akan diselesaikan, kita bisa membuat kalimat promosi produk kita sendiri.

2. Keterangan Waktu

Kita pasti sering banget ngeliat kalimat promosi yang bunyinya bisa menyelesaikan suatu masalah dalam kurun waktu tertentu kan? Nah itu adalah salah satu komposisi kalimat promosi yang baik. Calon buyer dikasih tau kalo produk yang kita jual bisa menyelesaikan masalahnya dalam waktu yang relatif lebih cepat daripada produk kebanyakan.

Kalimat promosi yang baik mengandung solusi yang bisa diselesaikan dengan cepat oleh produk yang akan dijual. Tapi ingat untuk tetap realistis menentukan waktunya ya teman-teman. Kalo terlalu muluk, orang biasanya ga akan percaya. Tetap kasih waktu yang masuk akal namun masih tetap bisa jadi pembeda dengan produk yang lain.

3. Terbatas

Terakhir tips membuat kalimat promosi yang baik adalah terbatas waktu. Zaman sekarang, terutama orang Indonesia, sukanya nunda-nunda untuk action. Ngeliat ga ada batas waktunya, seenaknya nunda-nunda untuk beli produk yang dia perluin. Jadi kita sebagai penjual, sudah tugas kita untuk memberikan sedikit shock therapy kepada mereka yang suka menunda.

Kasih waktu maksimal 2 minggu deh, ga usah kelamaan. Kalo kelamaan, nanti orangnya nunda-nunda terus. Tapi ga usah terlalu sebentar juga. Kalo mau paling cepet itu 5 hari lah. Itupun kalo memang yakin dalam 5 hari ada yang beli. Kalo ga ada boleh dicoba seminggu dulu.

***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares
error: Jangan coba-coba
Open chat
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?