Cara Mendaftar Shopee Affiliate Programme

Saat ini pekerjaan menjadi seorang affiliate marketing menjadi sesuatu yang digemari masyarakat Indonesia. Terlebih di saat pandemi seperti ini dimana orang-orang tidak bisa keluar rumah untuk mencari penghasilan. Akhirnya mereka mencari solusi untuk tetap bisa berpenghasilan walaupun hanya berada di rumah saja. Pandemi covid19 punya “kontribusi” besar yang menyebabkan menjamurnya para pebisnis online pemula sekarang ini. Salah 1 model bisnis online yang paling diminati adalah affiliate marketing.

Affiliate marketing sendiri bisa diartikan sebagai pemasaran dengan metode makelar/perantara. Affiiate umumnya akan mengambil untung dari mark up harga asli dari produk yang akan dijual. Namun pada praktiknya, keuntungan yang didapatkan seorang affiliate bervariasi mengikuti ketentuan vendor produk/brand masing-masing. Enaknya jadi affiliate adalah tidak ada peraturan mengikat yang mengharuskan seorang affiliate hanya boleh mempromosikan 1 produk saja. Jadi kita mendapatkan keleluasaan untuk mempromosikan banyak produk sesuai dengan kebutuhan market.

Cara Mendaftar Shopee Affiliate Programme

Salah satu kerja affiliate marketing yang paling diminati saat ini adalah mendaftar shopee affiliate programme. Sejak beberapa tahun yang lalu Shopee menjadi salah satu marketplace dengan traffic tertinggi dibandingkan marketplace lainnya. Ini tentu menjadi peluang besar untuk bisa menghasilkan dari marketplace. Dan peluang itu tidak hanya melalui seller shopee saja, sekarang juga ada program affiliate-nya. Jadi kita tidak harus menjadi sellernya untuk bisa mendapatkan penghasilan dari shopee, cukup mendaftarkan diri di affiliate programme aja udah cukup.

Nah sekarang, gimana caranya mendaftar sebagai shopee affiliate programme?

1. Lakukan Pendaftaran Sebagai Affiliate

 

website pendaftaran shopee affiliate programme

Langsung kunjungi ke website resmi affiliate shopee untuk melakukan registrasi awal sebagai affiliate shopee. Kemudian isi semua data di langkah 1-3 pendaftaran. Pada langkah 1, isi sesuai dengan data pribadi affiliate. Pastikan nomor hp dan email yang dimasukkan selalu aktif dan tidak akan diganti dalam waktu yang lama. Karena biasanya akan ada verifikasi dan aktivasi kode yang secara berkala dilakukan oleh Shopee. Kalo sudah bisa lanjut ke langkah 2.

 

cara mendaftar shopee affilaite programme

Di langkah 2 agak sedikit tricky karena kita harus memasukkan media sosial yang kita jadikan sarana promosi produk affiliate shopee kita. Ada 2 hal yang harus diperhatikan ketika mendaftarkan media sosial yang akan dijadikan tempat promosi shopee affilaite programme ini, antara lain:

1. Pastikan akun yang didaftarkan adalah akun yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar menjadi shopee affiliate programme.

2. Akun yang didaftarkan harus benar-benar aktif. Misal: instagram tidak hanya upload-upload story tapi feeds kosong. Facebook aktif update status, add friend, ga cuman like komen status orang aja. Tiktok harus aktif posting video, ga cuman jadi penonton aja. Intinya apapun medsos yang akan didaftarkan harus aktif full menggunakan fitur yang ada di medsos itu. Bukan jadi akun pasif/akun tuyul.

3. Sesuaikan tipe kemitraan dengan media sosial yang didaftarkan menjadi shopee affiliate programme. Disarankan hanya mendaftarkan 1 medsos yang benar-benar bisa lolos registrasi.

syarat pendaftaran shopee affiliate program

Yang perlu diperhatikan adalah akun yang akan didaftarkan pada langkah 2 yang benar-benar memenuhi persyaratan shopee affiliate programme ini. Akun ini ibarat “perwakilan” kita untuk bisa mendapatkan akses affiliatenya. Jadi kalo anda memiliki banyak akun untuk promosi affiliate shopee, pilih salah satu yang paling berpeluang besar untuk bisa lolos pendaftaran. Lalu jika sudah mendapatkan aksesnya, kita bisa menggunakannya ke semua akun (yang memenuhi syarat shopee affiliate programme) yang kita miliki untuk menyebarkan link affiliatenya.

Pada langkah 2 ini, gunakan kode shopee affiliate leader 6YAKTAV tujuannya agar lebih mudah disetujui pendaftarannya. Menurut saya, justru lebih cepat menggunakan kode shopee affiliate leader ini periode persetujuannya. Karena saya dulu daftar ga pake kode shopee affiliate leader bisa nunggu sampai 2 minggu lebih untuk disetujui pendaftarannya.

Berapa Lama Waktu Tunggu Konfirmasi Pendaftaran Shopee Affiliate?

Jika sudah mengisi formulir pendaftaran shopee affiliate programme tinggal tunggu email konfirmasi dari shopee aja untuk bisa memulai perjalanan sebagai seorang shopee affiliate. Biasanya pendaftaran akan dikonfirmasi paling cepat 1 minggu setelah mengirim formulir pendaftaran. Tapi menurut saya, 1 minggu yang dihitung adalah 7 hari kerja. Jadi sabtu-minggu tidak bisa dihitung sebagai hari tunggu konfirmasi. Jadi silakan dihitung sendiri kira-kira di tanggal berapa harusnya kita menerima email konfirmasi pendaftarannya.

***

Sekian tutorial Cara Mendaftar Shopee Affiliate Programme kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang dunia bisnis online khususnya affiliate marketing. Jika ada pertanyaan tentang shopee affiliate dan sekitarnya silakan tulis di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares
error: Jangan coba-coba
Open chat
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?