Di tulisan kali ini kita akan membahas strategi organik marketing di instagram tahun 2023. Persiapan untuk kamu yang ingin memaksimalkan organik marketing di media sosialmu nih! Biar makin cuan di taun depan! Aamiin..!
Meskipun ga mengeluarkan biaya, organik marketing tetap butuh strategi. Gunanya biar marketing kita efektif dan efisien kerjaannya. Jangan sampai kita buang-buang tenaga dan waktu ga dapet apa-apa.
Sebetulnya yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan fitur-fitur yang ada di media sosialnya. Kalo di instagram, kita harus bisa memanfaatkan semua fitur yang bisa digunakan untuk mendongkrak traffic.
Nah untuk strategi marketingnya ini sebetulnya bebas menyesuaikan medsos masing-masing dan juga sesuai pengalaman masing-masing. Di video ini saya coba membagi pengalaman saya menjalankan strategi organik di beberapa akun publik saya dan juga akun personal brand yang saya jalankan sendiri.
Kamu boleh ngikutin cara ini boleh ga, bebas aja. Sekadar berbagi insight sesuai hasil praktik yang saya jalankan aja kok.
Hal yang pertama saya lakukan ketika menyusun strategi marketing organik di media sosial instagram adalah menggunakan username yang mudah diingat. Hampir semua username akun yang saya miliki tidak ada spesial karakter ataupun angka di dalamnya. Semuanya berupa huruf. Kecuali udah mentok banget ga bisa lagi dicari kata yang bagus, baru deh nambah spesial karakter.
Tujuannya agar orang/followers lebih mudah mengingat akun kita ketika mencari sesuatu yang berhubungan niche kita nantinya. Semakin pendek usernamenya biasanya akan semakin mudah diingat. Tantangannya saat ini adalah untuk mencari username yang lebih mudah diingat namun tidak terlalu panjang dan ga pake spesial karakter.
- Cara Cerdas Traveling Tanpa Boros
- Shadowban Instagram: Kok Bisa Kena? Ini Solusinya Biar Nggak Mumet Lagi
- Pesan Tiket Pesawat Makin Cuan Karna BRImo FSTVL 2024
- Cara Daftar BPJS Online, Program Jaminan Kesehatan dari Pemerintah
- Menu Sehat Diet, Lebih dari Sekedar Mengurangi Porsi Makan
Karena semakin ke sini kan makin banyak pengguna instagramnya, jadi semakin susah untuk menemukan username yang cocok dan mudah diingat. Kamu butuh waktu untuk meriset username yang cocok. Kalo perlu diparkirin dari sekarang aja meskipun ga tau kapan mau dipakenya.
Karena SEO juga berpengaruh di instagram, ga ada salahnya kita manfaatin juga fitur ini. Biasanya nih, username itu juga bisa disesuaikan sama SEO dari instagram. Tapi ga wajib juga, terkadang ada juga yang menggunakan nama brand/bisnisnya dijadikan username akun.
Cuman tentu ada kekurangannya kalo misalnya kita ga manfaatin SEO instagram. Paling kentara akan kehilangan traffic organik dari hasil pencarian kata kunci sesuai usernamenya.Misalnya username yang memakai nama “perabotmurah” dengan nama “gogobisnis”. Tentu akan lebih maksimal trafficnya si perabotmurah karena SEO instagram lebih bagus.
Kalo tadi kita bahas username, selanjutnya kita akan bahas nama profile. Fitur nama profile ini bisa lebih fleksibel dari username instagrammu. Kalo di nama profile manfaatkan SEO instagram lebih leluasa. Misalnya tadi username mu pake nama bisnismu, nah di nama profile bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan SEO-nya.
Misalnya bisnis kamu nichenya bisnis online atau kursus online (ecourse) gitu, bisa tuh dikasih kata kunci. Masukin aja kata kunci misalnya “belajar bisnis online” tapi itu jatohnya nebak-nebak gitu ya. Kamu bisa juga gunain fitur suggestion di google search. Bayangin aja, biar orang ketemu akun ini yang nichenya adalah ini, kira-kira kata kunci apa yang sering dicari orang ya? Gitulah terus nanti dicoba-coba masukin ke dalam profile name instagram kamu.
- Cara Cerdas Traveling Tanpa Boros
- Shadowban Instagram: Kok Bisa Kena? Ini Solusinya Biar Nggak Mumet Lagi
- Pesan Tiket Pesawat Makin Cuan Karna BRImo FSTVL 2024
- Cara Daftar BPJS Online, Program Jaminan Kesehatan dari Pemerintah
- Menu Sehat Diet, Lebih dari Sekedar Mengurangi Porsi Makan
Profile name instagram juga sering dipake untuk mengenalkan siapa kamu/apa yang akan kamu bahas secara garis besar di akunmu. Semacam kayak jabat tangan perkenalan gitu. Jadi sebelum orang follow, mereka kenalan dulu sama profile name akunmu. Biar mereka tau apa yang akan mereka dapatkan ketika follow akunmu nanti. Ga perlu semuanya ditulis di profile name, cukup bagian utamanya aja. Itu juga bisa, tapi fitur SEO nya jadi agak kurang maksimal.
Oke setelah profile name, kita pindah lagi ke bawahnya, yaitu fitur paling multifungsi di instagram: bio. Di bio ini bisa lebih leluasa dikit untuk explore copywritingnya. Biasanya juga sering diselipin kata kunci yang mengarah ke niche market masing-masing.
Namun yang banyak dilakukan adalah mengisinya dengan 3 hal:
- apa yang dikuasai?
- apa yang akan didapat ketika follow akun ini?
- call to action untuk klik link di bawah.
Mau tipe akunnya publik ataupun akun personal branding menurut saya sama aja templatenya kayak begitu. Tapi kalo misalnya kamu mau berkreasi sendiri juga ga ada masalah. Bio itu sebebas dan sekreatif yang punya akun aja untuk mengisinya kayak gimana.
Kalo tadi udah mengisi bio, lanjut lagi ke bawahnya. Satu-satunya tempat dimana kita bisa membubuhi link yang bisa diklik! Sedikit flashback, waktu main instagram tahun 2019-an gitu, link di bio itu cuman bisa satu aja. Masih belum ada fitur multi link dari pihak ke 3 juga waktu itu. Bisa sih pasang website sendiri, cuman waktu itu masih terkendala budget jadi ga bikin. Alhasil cuman link wa aja yang dipasang.
Awal tahun ini, instagram bermurah hati kasih update tipis-tipis ke usernya. Akun saya yang personal brand, sekarang udah bisa tempel banyak link tanpa perlu bantuan pihak ke 3. Tapi terbatas hanya 3 link aja bisanya. Menurut saya itu udah lebih dari cukup ya. Karena bisa bikin formasi 2 link direct page/landing page + 1 link multiple dari pihak ke 3.
Saya sangat menyarankan untuk kamu yang udah dapet update an ini, agar menggunakan semua slot link yang tersedia. Karena mubazir udah ada fiturnya tapi ga dimanfaatin maksimal. Perlu dicatat kalo ga semua akun dapatin fitur update bio link ya ges. Jadi sabar aja kalo belum punya fiturnya, ya. Jujur aja saya juga ga tau tutorialnya gimana, karena diakun itu saya tau updatenya secara ga sengaja.
Oke segitu dulu pembahasan strategi organik marketing di instagram kali ini. Kita akan lanjutin lagi ke part berikutnya kalo misalnya masih banyak yang mau tau strategi lainnya. Makasih untuk yang sudah menonton sampai habis! Mohon maaf kalo ada kesalahan/kekhilafan yang disadari/tidak disadari. Sampai ketemu di tulisan berikutnya.