5 Usaha Makanan Korea Paling Laris Yang Bisa Dijual Secara Online

Semakin menjamurnya produk produk Korea Selatan yang masuk ke Indonesia, membuat semakin banyak orang yang penasaran dengan produk dan budaya negara ini. Salah satu yang paling menarik untuk dibahas adalah kuliner asal Korea Selatan yang sering kali dimunculkan dalam adegan drama korea terkenal. Masyarakat Indonesia yang memang cenderung gampang dibuat penasaran, tertarik untuk mencobanya. Namun sayangnya, belum banyak yang memiliki akses untuk mencoba kuliner ini langsung ke Korea Selatan sana.

5 Usaha Makanan Korea Paling Laris Yang Bisa Dijual Secara Online
5 Usaha Makanan Korea Paling Laris Yang Bisa Dijual Secara Online

Muncul ide bisnis untuk membuka usaha makanan Korea di Indonesia? Artikel ini cocok banget untuk kamu yang mungkin masih bingung menentukan pilihan makanan Korea Selatan yang paling laris untuk dijual di Indonesia secara online. Kamu ga perlu punya hobi masak untuk punya usaha makanan Korea seperti ini, tapi memang idealnya kamu juga bisa masak, setidaknya kamu akan tau cara memasaknya, jenis-jenis bumbu dan bahan apa saja yang terkandung di dalam makanan yang kamu jual.

Oiya kamu ga perlu harus buka restoran khas Korea untuk bisa memulai usaha seperti ini. Cukup dari rumah aja juga bisa, yang terpenting higienis dan tetap memperhatikan kebersihan area pengolahan dan penyimpanan makanannya ya. Urusan makanan seperti ini ga bisa sembarangan ngurusnya, karena ada pengaruhnya sama kesehatan pelanggan kamu juga. 1 kali aja makananmu bikin mereka sakit, selanjutnya mereka ga akan order lagi. Lebih parahnya lagi, bisa aja mereka kasih tau temen-temennya yang lain untuk ga order di tempat kamu karena mereka pernah merasakan ketidakpuasan dari layanan kamu.

Apa saja 5 usaha makanan Korea paling laris di Indonesia? Dicatat ya!

1.Tteokbokki (떡볶이)

5 Usaha Makanan Korea Paling Laris Yang Bisa Dijual Secara Online
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Makanan berbahan kue beras ini paling terkenal karena udah sering kali nongol konten yang ngebahas Tteokbokki ini. Entah itu di drama korea ataupun food vlogger yang mencoba review kuliner khas Korea. Jadi untuk jual ini ga terlalu sulit untuk mengedukasi calon pelanggan kamu tentang jenis kuliner Korea yang satu ini.

Tteokbokki ini sebenarnya terdiri dari tteok, yaitu kue beras khas Korea yang punya tekstur kenyal. Tteok yang sudah dimatangkan ini kemudian dimasak dengan berbagai cara. Namun, yang paling populer yaitu Tteokbokki dengan bumbu merah. Kalo kamu mau bikin Tteokbokki sendiri, buatlah dengan rasa yang lebih khas yang cocok untuk lidah orang Indonesia. Makanan khas Korea ini juga bisa dikemas ke dalam bungkus plastik yang sudah divakum untuk membuatnya jadi tahan lebih lama.

2. Kimchi (김치)

Makanan Korea yang satu ini mungkin terdengar lebih familiar dari pada Tteokbooki ya. Kimchi juga merupakan salah satu kuliner khas Korea yang juga diminati di Indonesia. Kuliner Korea memang ga bisa dilepaskan dari yang namanya Kimchi ini. Kalo diibaratkan, Kimchi itu selayaknya sambel di Indonesia. Apapun jenis makanannya, harus ada sambelnya. Begitupun Korea, apapun makanannya, harus ada Kimchi-nya juga.

Makanan Korea Kimchi ini merupakan sawi putih yang difermentasi untuk mendapatkan cita rasa, tekstur, dan nilai gizi optimalnya. Berbeda dengan acar biasa, kimchi memiliki cita rasa pedas yang dibawa oleh bubuk cabai. Rasa yang paling mencolok dari kimchi sendiri adalah rasa asam dan pedas, walau tentu tak sepedas sambal di Indonesia.

Meskipun peminatnya banyak di Indonesia, namun setau saya masih belum banyak yang menjual Kimchi. Kalo kamu tertarik untuk menjalankan usaha makanan Korea yang satu ini, ga terlalu susah lho! Kamu cuman butuh bahan-bahan yang berkualitas, kesabaran saat menunggu fermentasinya, dan yang pasti kemasan kedap udara. Yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengemasan adalah kemasan harus benar-benar tertutup rapat dan disimpan di tempat yang bersih.

3. Korean Corn Dog

Makanan ini terkenal karena sering nongol di drama Korea “Start Up” beberapa waktu lalu. Cemilan ini juga bisa jadi inspirasi kamu membuka usaha kuliner khas Korea, kamu bisa jual cemilan renyah dan gurih satu ini.

Makanan Korean corn dog ini umumnya terbuat dari adonan yang digunakan untuk menggulung sosis. Bukan hanya sosis, isiannya juga bisa ditambahkan keju mozarella. Kemudian, setelah dibalur dalam tepung roti dan digoreng, corn dog ini disajikan dengan aneka saus. Beberapa saus yang umum digunakan seperti mustard, saos tomat, dan mayonaise.

Meskipun sepertinya Corn Dog ini kurang populer, tapi sudah banyak yang menjualnya di marketplace Indonesia. Kuliner ini dikemas dalam kemasan plastik yang sudah divakum. Namun ada juga yang mengemasnya dalam wadah plastik biasa. Biasanya dengan pengemasan seperti ini corn dog dikirim di lokasi yang dekat dengan tempat penjual/produsennya.

Bukan hanya cocok untuk dijual sebagai cemilan saja, tapi corn dog juga bisa dijadikan sebagai Franchise makanan Korea yang patut untuk dicoba. Ga cuman untuk penggemar makanan Korea atau pencinta drama Korea saja, tapi Korean Corn Dog juga cocok untuk dijadikan makanan anak-anak. Selain itu, dengan bahan yang cukup mudah dicari di pasaran, kuliner ini cocok untuk dijadikan usaha rumahan bisnis online kamu.

4. Kimbap

5 Usaha Makanan Korea Paling Laris Yang Bisa Dijual Secara Online
Photo by Devi Puspita Amartha Yahya on Unsplash

Lagi-lagi drama Korea punya pengaruh besar terhadap penetrasi jenis kuliner mereka yang masuk ke Indonesia. Kimbap sendiri, walau sering dibilang masih bersaudara dengan sushi, sebenarnya punya perbedaan yang khas. Nasi yang dibumbui dengan garam dan minyak wijen ini diletakkan di atas lembaran rumput laut. Kemudian, diatasnya disusun aneka sayur seperti wortel, acar lobak, maupun bayam. Biasanya, juga ditambahkan potongan sosis dan telur dadar panjang. Setelah digulung, Anda akan langsung menemukan perbedaan mencoloknya dengan sushi, nih. Umumnya, kimbap selalu memadukan aneka warna seperti oranye, kuning, cokelat, hijau.

Kimbap juga bisa dibilang salah satu makanan khas Korea yang cukup sehat. Karena isinya yang lengkap seperti sayur dan ikan. Selain menyehatkan, Kimbap juga mudah dalam urusan pengemasannya. Jadi bisa kamu bikin branding sesuai dengan bisnis online yang kamu jalankan.

5. Coba Tuliskan Di Kolom Komentar ya!

Mungkin kamu punya rekomendasi sendiri mengenai usaha makanan khas Korea ini? Silakan berbagi di kolom komentar ya!

Semoga artikel tentang Usaha Makanan Korea Paling Laris Yang Bisa Dijual Secara Online ini bisa membantu kamu menemukan inspirasi usaha di saat seperti ini ya! Jualan/buka bisnis itu ga butuh yang namanya bakat. Yang terpenting adalah kemauan belajar + praktik dan juga tidak berhenti berinovasi menemukan strategi yang tepat untuk bisnis kamu.

Peluang bisa dicari dimana saja, yang penting bergerak dan berusaha untuk menemukannya. Kalo kamu cuman diam di tempat tentu ga akan ketemu. Hanya orang-orang yang mau berusaha yang bisa menemukan peluangnya. Punya penghasilan tambahan dari bisnis online saat seperti ini sangat terbuka lebar. Terlebih internet sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Jika kamu tidak memanfaatkan momentum ini, rasanya rugi sekali.

Follow instagram saya di @radhiannr untuk dapatin info bisnis online dan sharing-sharing tentang entrepreneur gratis ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Jangan coba-coba
Open chat
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?