Akhir-akhir ini sering kepikiran mau bikin artikel tentang instagram lagi. Karna keliatannya temen-temen di facebook dan telegram banyak banget yang main di sana. Saking banyaknya, saya sendiri awalnya sempat minder untuk ikutan jualan di instagram. Tapi begitu nonton video-video mentor, saya jadi pede dan yakin bahwa saya juga bisa punya produk yang laku di instagram.

jualan di instagram

Dan ternyata alhamdulillah sejak 5 bulanan yang lalu mencoba merintis usaha online di instagram, udah bisa dapat omzet sekitar hampir 10 jutaan. Yah meskipun terbilang masih kecil banget, tapi saya bersyukur karna sebelumnya saya ga pernah ada pengalaman jualan online sama sekali.

Artinya apa? Meskipun banyak saingan sesama pedagang, pembeli produk kita akan selalu tetap ada, cepat atau lambat. Tinggal kitanya aja, mau berusaha dan bersabar ga nungguin momen itu datang?

Nah, karna anda mencoba untuk berjualan online, tentu metodenya berbeda dengan jualan offline. Kalo di toko fisik mungkin lebih enak promosinya karna ada benda/barang yang terlihat. Bisa naro spanduk, banner, papan diskon di toko sendiri. Jualan di internet? Gimana caranya ngasih tau yang kayak begitu? Anda perlu teknik dan strategi tersendiri untuk menarik calon pelanggan.

Berikut ini saya rangkumkan beberapa cara dan strategi berjualan di instagram biar jadi laku keras, insya allah.

1. Buat Akun Khusus Berjualan Di Instagram

Ini yang kadang bikin orang salah kaprah. Jualan di akun pribadi karna mikirnya temen kita akan lebih cepet belinya daripada orang lain. Padahal temen anda itu adalah orang pertama yang paling ga suka dijualin apalagi sama temen sendiri. Hahahaha.

Jadi buatlah akun instagram khusus untuk usaha online anda. Hitung-hitung sekalian belajar personal branding juga. Tapi itu akan dibahas dilain kesempatan. Intinya anda harus memisahkan antara akun pribadi dengan akun usaha.

2. Mencari Followers Yang Banyak

Setelah bikin akun instagram khusus untuk usaha anda, sekarang saatnya mencari followers. Caranya gimana? Yang paling gampang adalah: mencari akun yang punya usaha sejenis dengan followers yang banyak. Anda mulailah follow satu per satu akun-akun followers yang mengikuti akun usaha sejenis tersebut. Per hari usahakan minimal ngefollow 100 orang, ya.

Anda bisa lakukan secara manual, atau dengan bantuan tools autofollow/unfollow canggih yang menurut saya bagus banget untuk dimanfaatkan sebagai asistensi usaha anda. Cek aja di http://bit.ly/AsistenAnda untuk info lebih lengkapnya.

3. Upload Foto Yang Banyak

Jadwalkan setiap postingan foto untuk usaha anda. Minimal 1 hari ada 3-6 foto yang diupload, agar akun instagram anda selalu muncul di home setiap followers. Selain bertujuan membranding akun anda, upload foto juga semacam etalase toko. Semakin banyak foto yang diunggah, semakin betah followers untuk berlama-lama melihat konten anda.

Upload foto minimal 100-150 biji dulu, baru berfikir untuk melakukan langkah selanjutnya. Entah itu melakukan paid promote (pp) atau menjalankan strategi ig/fb ads. Intinya perbanyak dulu etalase toko anda agar followers kita percaya bahwa akun kita adalah akun asli.

*nb: kalo ga pengen ribet upload manual, bisa minta bantuan http://bit.ly/AsistenAnda untuk jadwalin upload foto sendiri di akun instagram anda.

4. Poles Foto

Ini yang kadang luput dari perhatian admin online shop. Taunya mereka upload foto mulu tanpa peduli akan kontennya. Instagram sangat menekankan adanya interaksi yang terjadi antara akun anda dengan followers. Jadi gunakanlah foto yang benar-benar bisa mengundang interaksi. Semakin banyak interaksi yang terjadi, semakin bagus reputasi akun anda di instagram.

Semakin bagus reputasi akun anda, maka semakin sering instagram menempatkan postingan foto anda di bagian paling atas home setiap followers. Semakin banyak yang melihat akun anda, tentu potensi untuk terjadi penjualan akan semakin besar dong?

5. Kasih Diskon

Zaman serba mahal begini, siapa yang ga suka sama potongan harga, sih? Saya aja suka, masa anda ga suka? Kalo ada yang ga suka diskon/potongan harga kemungkinan emang dia anak orang kaya. MIsalnya kayak http://bit.ly/AsistenAnda yang lagi ngadain promo diskon 50% dengan make kode kupon VIRALINSTAGRAM.

Anda juga harus menerapkan strategi diskon ini kepada calon pelanggan. Karena mereka hanya peduli dengan diri mereka sendiri, jadi puaskan mereka dulu dan kemudian dengan sendirinya mereka akan melakukan transaksi buat anda. Gampang kan?

5 dulu deh ya! Gausah banyak-banyak dulu, percuma juga dikasih banyak-banyak tipsnya kalo ga dipraktekkin. Tujuan dari artikel ini dibuat adalah membuat anda praktik. Kalo sekadar baca doang, koran juga bisa dibaca doang. Saya ga mau kayak gitu. Sayang tipsnya kalo ga dilakuin. Soalnya ini udah saya buktiin sendiri dan bisa manjur gitu, lho! Masa anda ga bisa kayak gitu?

Saya yakin anda yang baca artikel ini ilmu jualan onlinenya lebih banyak dari saya. Cuman masih pada malu-malu aja untuk sharing ke temen-temen.

Kira-kira kendala apalagi yang anda hadapi ketika jualan online di instagram? Bisa kasih tau saya di kolom komentar atau langsung japri saya di telegram https://t.me/radhiannur biar kita bisa diskusi bareng. Oke? Tungguin seri curhat berikutnya, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.