FAKTOR YANG MEMBUAT ORANG MEMBELI PRODUK BISNIS ONLINEMU

Pernahkah anda memikirkan apa yang membuat seseorang memutuskan untuk membeli sebuah produk?

Atau pernahkah anda mencoba mencari sebab kenapa anda bisa membeli sebuah barang yang sebetulnya anda sendiri tidak terlalu membutuhkannya saat ini?

FAKTOR YANG MEMBUAT ORANG MEMBELI PRODUK BISNIS ONLINEMU

Sebagai pebisnis online, pemikiran-pemikiran seperti itu sudah seharusnya kita lakukan ketika ingin mempromosikan sebuah produk. Kita harus berpikir layaknya orang yang ingin membeli. Kebanyakan orang justru malah terbalik, mereka hanya fokus ke produk yang dijual. Ga peduli marketnya ini butuhnya apa atau istilah kasarnya “gue ga peduli elu, yang penting lu beli barang gue”

Ga bisa gitu, dong. Kalo kamu mau jualan yang terpenting adalah orang yang ingin membeli produkmu. Ketika kamu berpikirnya hanya produk produk produk saja, sama saja kamu abai dengan pembelimu sendiri. Akibatnya ya bisa ditebak, akhirnya ga ada yang beli.

Jadi apa yang bisa bikin seseorang memutuskan untuk membeli sebuah produk?

Personal Brand

Ada yang memutuskan membeli karena penjualnya siapa. Yang ini pengaruh dari personal brand yang sudah dibangun sejak sekian lama. Produknya bisa sama, harganya sama, maka personal branding lah yang menentukan kepada siapa pembeli melakukan transaksinya.

Oleh karena itu penting banget membangun personal brand di bisnis online. Karena semakin kuat personal brand kamu di media sosial, maka semakin mudah orang mengenalimu. Kalo orang udah kenal, maka semakin mudah terjadi transaksi/penjualan produkmu di bisnis online.

Promo

Kalo bukan penjualnya yang menentukan pengambilan keputusan seorang pembeli, maka promo adalah faktor lainnya yang bisa kamu manfaatkan. Promo yang kamu lakukan sebisa mungkin tidak mengurangi profitmu terlalu banyak. Kalo terlalu banyak nanti kamu malah ga bisa ngembangin bisnismu.

Salah satu tujuan promo kan memanfaatkan warm market yang sebelumnya mau beli tapi masih terkendala di dana/uangnya belum ada. Buatlah promo semenarik mungkin, kalo bisa lakukan promo bertepatan dengan hari-hari besar. Misalnya promo kemerdekaan atau promo HARBOLNAS.

Testimoni

Salah satu yang membuat calon pembeli percaya bahwa anda adalah penjual yang amanah adalah testimoni. Maka dari itu selalu minta dan simpan testimoni asli dari pelanggan yang pernah membeli produk anda sebelumnya. Karena itu salah satu alat jualan paling powerfull untuk mendongkrakĀ trustĀ dari mereka yang baru datang ke bisnis online anda.

Emosi Pembeli

Emosi di sini bukan membuat pembeli jadi marah-marah ya. Ga gitu maksudnya haha..

Maksudnya adalah “sentuh”emosi calon pembeli agar mereka lebih tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya, yang kamu incar adalah market pencinta drakor, cobalah buat produk yang ada hubungannya dengan drakor tersebut. Entah baju entah produk apapun yang bisa bikin mereka “ini kok barangnya gue banget ya? beli ah!” Nah bikin mereka sampe kayak begitu reaksinya.

============

Sebetulnya masih ada banyak lagi faktor-faktor yang bisa bikin orang beli produkmu. Kamu bisa menemukannya sambil jalan saat praktik jualan. Yang terpenting adalah kamu terus riset dan eksplorasi strategi-strategi baru untuk bikin promosi produkmu.

Kalo menurutmu sendiri apa yang bikin orang menentukan keputusan pembelian sebuah produk di bisnis online? Coba tuliskan di kolom komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares
error: Jangan coba-coba
Open chat
hallo apa yang bisa saya bantu?