Dengan semakin dinamisnya informasi yang ada di internet, tentu kita harus selalu tetap up to date. Sebetulnya, dengan arus informasi yang banyak seperti ini, akan semakin mudah membuat konten media sosial.

Tapi entah kenapa masih banyak yang ngeluh kehabisan ide untuk membuat konten di akun media sosialnya sendiri. Oleh karena itu saya mencoba memberikan solusi buat teman-teman yang masih mengalami hal itu sampai sekarang.

Semoga beberapa cara ini bisa membuat kamu semua ga akan kehabisan ide lagi untuk membuat konten bisnis onlinemu. Kalopun masih kehabisan ide juga, di akhir nanti akan saya kasih tips sekalian solusinya juga.

Oke mari kita mulai pembahasannya

1. Gali Dari Pemikiran Sendiri

Sumber inspirasi utama dari dalam diri kita adalah pemikiran diri sendiri. Dengan banyaknya informasi yang tersimpan di kepala tentu akan banyak ide yang harusnya bisa muncul untuk jadi pembahasan di konten media sosial kita dong?

Itu kan kalo kita update untuk keperluan akun pribadi ataupun akun publik, trus gimana yang jualan produk mas? Produk juga sama kok. Ide yang ada dalam pikiran kita adalah sumber inspirasi. Misalnya kamu jualannya herbal, pikirkan konten yang ada hubungannya dengan kesehatan. Bisa jadi tips/sharing pengalaman yang pernah kamu alami sewaktu menggunakan produk herbal.

Atau kalo kamu punya produk fashion, kamu bisa menceritakan hal yang kamu rasakan ketika memakai produknya. Apakah kainnya halus/lembut, apakah bahannya menyerap keringat atau sebagainya. Intinya kalo berdasarkan pemikiran sendiri kemungkinan kamu akan menceritakan pengalaman pribadimu menjadi sebuah konten promosi.

2. Media Sosial

Kalo dari diri sendiri ga ketemu inspirasinya, bisa tengok ke media sosial yang kamu punya. Kamu bisa cari inspirasi dari facebook, twitter dan instagram. Biasanya, kalo saya pribadi cukup skroll 15-20 menit di facebok+twitter+instagram udah ketemu beberapa macam ide konten tuh.

Syarat yang lain untuk mencari inspirasi konten di media sosial adalah kamu harus follow banyak akun yang ada hubungannya dengan niche produk/jasa kamu. Kalo kamu follow akun teman-teman doang biasanya akan kesulitan untuk dapat inspirasi. Kecuali bisa menggali ide lagi dari status-status yang mereka tuliskan.

3. Youtube dan Google

Selain ig dan fb, platform youtube juga bisa dimanfaatkan untuk mencari inspirasi konten. Cukup ketik kata kunci yang kamu inginkan, bisa ditonton2-3  video yang paling relevan menurutmu. Dari video-video itu kamu rangkum sendiri untuk kamu bikin konten sendiri.

Google juga kurang lebih sama, cukup ketik aja kata kunci yang mau kamu cari di sana. Baca 4-5 artikel yang menurutmu relevan dengan apa yang kamu cari. Kemudian rangkum intisari dari artikel-artikel tersebut jadi kontenmu sendiri.

4. Banyak Baca Buku

Kalo jadi content creator ataupun pebisnis, banyak membaca adalah modal penting. Selain menambah pengetahuan kita, membaca juga bisa merangsang otak untuk bisa melahirkan ide/inspirasi. Jadi buat kamu yang malas membaca buku, mulai sekarang diubah kebiasaannya. Gausah banyak-banyak sehari cukup baca 10-15 menit tapi rutin dilakuin.

Ingat, buku yang dibaca pun juga harus berkualitas ya. Ga sekadar komik atau novel cinta-cintaan. Kalo bisa, baca buku yang menunjang apa yang selama ini sudah kita kerjakan. Kalo tertarik ke dunia fashion, baca buku yang ada hubungannya dengan hal itu. Begitupula bidang-bidang lainnya.

5. Content Calendar

Ini yang sekarang lagi naik daun. Teman-teman yang baru memasuki dunia bisnis online mungkin agak kurang familiar dengan hal ini. Tetapi di dunia internet marketing hal ini sebenarnya bukan barang baru lagi. Konten kalender sendiri merupakan sebuah istilah untuk menyebut jadwal pembuatan/penayangan sebuah konten.

Dengan adanya konten kalender ini, kita membuat jadwal penayangan konten sekaligus dalam 1 waktu. Misalnya kita siapkan konten untuk 1 minggu dengan tipe konten yang beda-beda. Hari pertama tipe quote, hari berikutnya tips, berikutnya produk terbaru, hari berikutnya apa.

Nah.. Kalo belum punya format konten kalender untuk persiapan promosi akunmu, kamu bisa miliki konten kalender secara gratis lho! Caranya cukup download template branding media sosial “The Feed” di sini. Jadi kamu ga cuman dapat ribuat template branding media sosial, tapi juga sekaligus ide-ide konten yang harus diposting selama 1 tahun penuh!

Kerennya lagi, konten kalender di The Feed itu udah disiapin dengan 11 tipe niche yang berbeda. Kalo pun niche mu ga ada di sana, tenang aja kamu masih bisa gunakan cara mencari ide konten yang udah saya bahas hari ini. Jadi senjata kamu untuk membuat konten sudah lengkap.

***

Gimana? Setelah dapat cara mencari ide konten apakah masih merasakan kesulitan? Kalo masih kesulitan silakan tanyakan di kolom komentar ya. Terima kasih sudah menyimak sampai habis sampai ketemu di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.