Sebagai pemain instagram yang mulai menseriusi sosmed ini sejak 2 tahun yang lalu, saya mulai menyadari bahwa terkadang membuat konten secara konsisten itu berat dan memakan waktu yang lama. Semakin ke sini, saya semakin ingin membuat konten yang cepat dan mudah untuk bisa segera diposting atau dijadwalkan untuk esok hari.

Karena konsistensi lebih penting daripada apapun, jadi saya harus bisa membuat konten dengan cepat.

cara membuat template instagram dengan cepat dan mudah

Masalahnya terkadang masih banyak dari anda yang kesulitan membuat konten instagram dengan cepat. Entah itu terkendala waktu, ide, ataupun tools untuk membuatnya. Oleh karena beberapa hal tersebut, anda sering kali terlihat tidak konsisten berbagi/jualan di instagram. Padahal, instagram menginginkan sebuah akun yang konsisten melakukan posting setiap hari.

Oleh karena itu, saya mencoba formula sendiri yang saya pakai untuk hampir semua akun instagram yang saya pegang.

NIAT dan TEKAD adalah 2 hal penting yang harus anda tanamkan dalam benak sebelum benar-benar ingin konsisten posting di instagram. Saya merasakannya sendiri, kalo bukan karena 2 hal itu, mungkin sekarang semua akun instagram saya vakum ga ada posting apa-apa.

Niatkan untuk berbagi, niatkan untuk membantu orang lain. Bertekad untuk punya kebiasaan baru, bertekad untuk bisa bikin konten yang bagus dan punya kemampuan menyebar (share) yang tinggi sampai viral.

Karena walaupun sudah saya berikan cara dan toolsnya nanti, ketika anda tidak memiliki niat dan tekad yang kuat saya yakin anda akan berhenti di tengah jalan. Jadi siapkan diri mulai sekarang sambil jalan mulai konsisten posting di instagram.

Gimana caranya membuat template yang cepat dan mudah di instagram?

Saya sendiri punya 2 cara. Pertama menggunakan power point dan menggunakan photoshop. Sangat disarankan menggunakan laptop/pc untuk proses pembuatan kontennya, karena fiturnya lebih lengkap daripada edit dari handphone.

Kalo ga punya pc/laptop? Paling minimal gunakan saja CANVA. Bisa langsung download aplikasinya di playstore/app store anda. Kalo mau yang lebih advance bisa download photopea sekalian. Tapi saya belum pernah cobain aplikasi itu sih karena untuk edit-edit yang rumit saya ga terlalu suka menggunakan handphone.

Tapi kali ini saya akan share cara membuat template instagram lewat CANVA aja dulu deh, karena paling gampang buat pemula dibikinnya lewat sana soalnya haha..

1. Anda tinggal masuk aja ke canva.com atau lewat aplikasinya. Kemudian pilih template instagram sesuai dengan tema yang anda ingin mainkan. Lengkap banget kalo di canva sih versi gratisan aja udah cukup banget.

2. Kalo udah pilih templatenya saran saya diedit dulu. Warnanya, elemen di dalamnya dan terutama fontnya. Karena kalo yang diganti cuman kata-katanya doang tapi jenis fontnya masih sama, biasanya akan ketahuan kalo itu dari canva. Ya gapapa sih, cuman branding akun anda nanti jadi kurang maksimal.

3. Kalo masih bingung bikin desain yang kayak gimana, coba liat kompetitor atau desain-desain yang sudah ada di canva. Anda tinggal tiru kemudian modifikasi menyesuaikan branding akun anda di instagram. Kalo saya lebih suka meniru dari kompetitor untuk bahannya lalu saya modif sesuai dengan gaya bahasa di akun sendiri.

4. Nah setelah selesai membuat kontennya, tinggal atur jadwal postingnya di facebook creator studio. Bisa diatur mau diposting tanggal berapa dan di jam berapa. Kalo bingung postingnya mau jam berapa bisa perhatikan “insight” akun instagram anda untuk tau jam berapa biasanya followers anda paling banyak aktif. Fitur “insight” hanya bisa dilihat oleh akun instagram yang sudah diubah ke akun bisnis ya.

———-

Yang bikin saya ga terlalu suka dari Canva adalah terbatasnya fitur-fitur untuk memaksimalkan desain yang kita buat. Ya maklum lah namanya juga gratisan ya. Buat anda yang perfeksionis seperti saya, tentu saja hal ini bisa jadi masalah ke depannya.

Ga bisa kita terus-terusan bergantung sama Canva. Ada kalanya anda harus bisa membuat desain sendiri yang bukan dari canva. Saya sih menyarankan untuk punya desain template sendiri, agar branding akun anda bisa terjaga dengan baik.

Masalahnya, ada banyak dari kita yang ga bisa desain atau bahkan ga punya banyak waktu untuk bikin desain. Apalagi buat anda yang profesi utamanya menjadi karyawan yang waktunya banyak dihabiskan di kantor. Pulang kantor kecapean udah ga bisa lagi mikirin konten jadinya.

Saran saya, anda lebih baik beli template desain instagram aja.

Kenapa template desain? Karena anda ga perlu lagi repot-repot untuk mikirin ide desain segala macam. Anda tinggal fokus isi konten di dalamnya saja. Ini menurut saya menghemat waktu sekali untuk anda yang punya waktu sedikit dikala senggang.

Saya sendiri juga punya template sendiri untuk membuat konten di instagram. Jadi tinggal ganti isi di dalamnya saja tanpa harus ribet mikirin ide desain segala macam. Apalagi saya harus memanage 5 akun instagram sendirian. Saya perlu kerja cepat dan efektif untuk bisa menjalankan semua akun dalam sehari.

Kemaren saya sempat liat The Feed, sudah ada di demastah.my.id/tf semua isinya. The Feed sendiri merupakan kumpulan template desain instagram yang bagus dan juga variasi desain dengan jumlah banyak. Cocok banget buat kita yang sering kehabisan waktu cuman mikirin konsep desain doang. Dengan adanya The Feed udah ga perlu mikir konsep desain lagi, tinggal isi kontennya aja.

Sangat menghemat waktu dan tenaga juga.

Yang saya suka dari The Feed adalah bonus content idea calendar selama 1 tahun penuh. Jadi ga perlu mikirin ide konten lagi selama 1 tahun, tinggal bikin langsung nyontek idenya dari The Feed. Gampang dan simpel banget.

Silakan anda pilih mau mikir desain sendiri atau tinggal isi konten tanpa perlu mikirin lagi kontennya? Semuanya terserah anda yang penting kontennya jadi dan bisa diposting ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.