Whatsapp sebagai salah satu aplikasi pengirim pesan udah punya pengguna terbanyak di seluruh dunia. Hal ini yang membuat Facebook akhirnya berani mengakuisisi platform ini untuk masuk ke dalam lini bisnisnya. Seperti yang udah dijelaskan di artikel sebelumnya, bahwa pengguna whatsapp saat ini adalah yang terbanyak di dunia.

Tapi meskipun banyak, cuma segelintir orang yang bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai sarana bisnis onlinenya. Nah untuk itu saya coba merangkum beberapa tips sukses untuk memaksimalkan whatsapp sebagai media bisnis online teman-teman semua.

Saya harap materi kali ini ga terbuang jadi teori saja tanpa ada hasil karena ga ada yang praktik. Praktik adalah kunci keberhasilan sebuah teori yang diajarkan semua mastah di bisnis online. Termasuk kita-kita yang baru belajar ini. Jadi saya harap teman-teman mempraktikkan materi ini kali ini dengan maksimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga.

Mari kita simak materinya sama-sama

1. Perluas Jaringan Teman

Yang pertama tentu saja kita harus memperbanyak dan memperluas jaringan kita. Kalo database kontak kita masih sebatas nomer-nomer teman akrab atau keluarga dekat doang. Dengan jaringan pertemanan yang luas ini, kita akan memperbesar kemungkinan terjadinya penjualan melewati whatsapp marketing.

Oleh sebab itu mulai dari sekarang kita harus menambah database kontak whatsapp kita dengan orang yang sesuai target produk kita. Caranya bisa meminta nomer mereka secara manual, atau bisa meminta teman-teman 1 grup bisnis online menyimpan nomer kita. Tapi hati-hati dengan cara ini ada orang yang ga suka nomernya ditambahkan secara sembarangan.

Mintalah dengan santun, beradab dan sopan. Bukan tau-tau dimasukkin ke grup yang ga jelas ga pake izin sama pemilik nomer. Itu ga etis banget, teman-teman. Mari kita belajar jadi pebisnis online yang beradab dan santun.

2. Kreatif Dalam Membuat Konten

Kalo teman-teman statusnya masih jadi reseller produk, tentu kita akan menghadapi saingan yang sama dengan reseller yang lain. Nah ketika promosi produk menggunakan whatsapp (entah itu menggunakan whatsapp story ataupun broadcast message) usahakan untuk terlihat berbeda daripada yang lain.

Ini yang sering saya lakukan. Karena status saya sebagai dropshipper, tentu saja produk ini akan selalu ada pesaingnya. Saya ga mau keliatan sama kayak yang lain, jadi saya sendiri bikin foto produknya. Edit sendiri, cari bahan sendiri. Hasilnya produk saya beda sendiri daripada yang lain, walaupun sama-sama dropshipper juga.

Berikan kesan kalo kita emang punya toko sendiri, bukan sekadar “numpang” jualan pake produk orang lain. Paham ya?

3. Membuat Grup Aplikasi Whatsapp

Salah satu fitur yang sering dimanfaatkan untuk berjualan online adalah grup whatsapp. Dengan adanya grup ini, kita bisa berinteraksi langsung dengan para calon prospek yang memang tertarik dengan produk-produk kita. Di grup ini, kita bisa sharing info artikel terbaru yang ada hubungannya dengan produk yang kita jual.

Di grup kita juga bisa sharing info diskon/promo terbaru yang ada di produk kita. Peluang terjadinya closing menurut saya akan lebih besar. Tapi tetap share juga info promosinya di status whatsapp kita, siapa tau ada yang ga nyimak grup misalnya.

Tapi tetap harus mengutamakan etika dan sopan santun ya. Tidak boleh sembarangan mengundang orang ke grup milik kita. Biar mereka ikhlas dan rela masuk ke grup, coba undang baik-baik.

***

Buat teman-teman yang masih kesulitan untuk broadcast message satu per satu ke calon buyer/pelanggan, saya sarankan untuk menggunakan tools whatsapp marketing saja. Karena dengan bantuan sebuah tools, pekerjaan kita akan jadi lebih mudah. Akan ada banyak waktu yang bisa dihemat daripada harus japri kontak satu per satu.

Kebetulan ada tools whatsapp marketing terbaru yang saya rekomendasikan buat temen-temen. Namanya WBSPro tools untuk follow dan kirim pesan whatsapp secara singkat langsung ke seluruh database kita. Kalo temen-temen ketemu tools whatsapp marketing yang bayar bulanan, sekarang kalo pake WBSPro teman-teman cuman bayar sekali aja tanpa perlu perpanjangan lagi.

Sekian info dan materi whatsapp marketing kali ini, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semuanya. Sebarkan artikel ini ke grup-grup bisnis teman-teman, ke grup wa, grup fb dan lainnya biar lebih banyak lagi yang merasakan manfaat positif dari artikel ini.

One thought on “3 Tips Sukses Memanfaatkan Whatsapp Sebagai Media Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.