Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Bayi yang Wajib Mom’s Ketahui

Semua bunda sudah pasti ingin memiliki bayi yang sehat dan aktif. Namun, dalam beberapa alasan terkadang kesehatan anak terganggu. Hal itu bisa diakibatkan karena lingkungan yang kurang bersih disekitar bayi. Jika kekebalan bayi sedang menurun, maka bisa menyebabkan flu atau jenis penyakit lainnya. Maka obat flu untuk bayi sangat dibutuhkan dan bisa Anda dapatkan dari resep dokter.

merawat bayi

Terlebih lagi sistem kekebalan pada tubuh bayi masih lemah dan masih rentan terhadap infeksi. Untuk mencegah hal itu, maka bunda wajib memperhatikan kebersihan rumah untuk perlindungan kesehatan bayi dengan lebih baik.

 

Tips Menjaga Kesehatan Bayi Secara Efektif

  1. Mencuci tangan

Memiliki bayi yang sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit merupakan impian bagi setiap bunda. Namun untuk mendukung itu semua, bunda wajib membiasakan pola hidup bersih dalam menjaga bayinya. Salah satunya yaitu dengan membiasakan mencuci tangan sebelum mengendong atau aktivitas lain berasama bayi.

Jadi mencuci tangan, bukan hanya cara merawat luka pada bayi saja. Namun aktivitas lain seperti menyiapkan makanan atau susu untuk bayi juga harus mencuci tangan terlebih dahulu.

 

  1. Mensterilkan botol

Jika bayi minum susu menggunakan botol, maka bunda harus mensterilkan botol susu dengan benar. Cara yang tepat yaitu dengan merebus botol dalam air mendidih. Bunda juga harus memilih jenis botol susu yang aman untuk kesehatan bayi.

Dengan mensterilkan botol, maka dapat membunuh kuman dan bakteri berbahaya yang terdapat pada botol bayi.

 

  1. Menggnti popok secara rutin

Hal yang satu ini sering kali tidak diperhatikan oleh bunda, terkadang ketika diapers sudah basah tidak langsung menggantinya. Padahal jika Anda selalu memperhatikan hal ini, maka dapat melindungi bayi dari infeksi. Pemakaian diapers yang terlalu lama dalam kondisi basah menjadi tempat kuman dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Selain itu, pemakaian diapers yang terlalu lama juga dapat menyebabkan ruam pada pantat, kemaluan dan bagian paha. Untuk menghindari hal itu, maka jangan sampai popok terlalu penuh karena air kencing.

 

  1. Menjaga kebersihan payudara

Selain tiga hal di atas, maka kebersihan payudara bunda juga harus selalu higinies. Ingat, ketika tubuh bunda berkeringat, smenggunakan parfum atau deodorant, maka akan sangat membahayakan kesehatan si bayi.

Untuk itu, membersihkan puting susu sebelum menyususi merupakan cara yang paling tepat untuk melindungi bayi dari infeksi penyakit. Bunda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain basah yang hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares
error: Jangan coba-coba
Open chat
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?