Pengertian Marketing Organik

Pada tulisan kali ini kita akan membahas pengertian marketing organik. Agar lebih dapatin konteks pembahasan kali ini, kita akan terlebih dulu mengenal jenis-jenis marketing yang ada di bisnis online.

Untuk yang belum tau, di bisnis online itu umumnya ada 2 jenis marketing yang sering dilakukan. tipe marketing yang pertama itu namanya paid ads/iklan/berbayar. Ini biasanya untuk yang ingin scale up profitnya lebih gede lagi.

Pengertian Marketing Organik

Tipe paid ads begini tuh biasanya yang omzet organiknya udah stabil banget tiap bulannya. Karena udah pasti butuh modal untuk ngiklan. Darimana dapat modalnya? Ya dari profit penjualan produk kamu pastinya.

Makanya kalo mau ngejalanin paid ads, income dari marketing organik harus stabil dulu. Kalo belum stabil di organiknya, maka kamu jangan coba-coba ngejalanin paid ads karna udah pasti bakalan boncos/rugi.

nah apa itu marketing organik? 

sepengelaman saya menjalankan 2 tipe marketing ini, organik adalah cara jualan pertama yang diajarkan untuk bisa menghasilkan income dari internet. karena fundamental jualan online itu berawal dari sini. tidak ada mentor/guru yang langsung mengajarkan ngiklan kalo organiknya aja belum beres.

apa itu marketing organik di bisnis online? menurut pengalaman saya, marketing organik adalah melakukan promosi dengan gratis di media sosial. karena mainnya di media sosial, maka marketingnya memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial tersebut.

bisa jadi hashtagnya, akunnya, bisa jadi kontennya, bisa jadi SEO-nya, engagement, views, semuanya yang sudah ada di medsos itu kita maksimalkan. well ga harus semuanya juga sih, fitur-fitur yang bisa memaksimalkan jangkauan akun kita aja yang dipake.

Beda medsos, beda algoritmanya juga. Jadi kalo kamu menjalankan organik marketing di banyak medsos, kamu harus mengerti semuanya. Kalo saya sih menyarankan coba jalankan 2-3 medsos dulu. Kalo udah stabil incomenya dari situ, baru deh coba tambah lagi medsosnya.

Misalnya punya budget lebih, kamu mungkin bisa alokasikan sebagian budgetnya untuk rekrut sosial media manajer. tujuannya biar akunmu ada yang ngurusin. kalo ga ada budgetnya, ga usah dipaksa. gapapa kerjain sendiri dulu kayak saya hehe…

Intinya kalo organik marketing tu hanya memanfaatkan platformnya saja tanpa mengeluarkan budget iklan di sana. tentu ada banyak faktor elemen lainnya yang mempengaruhi efektifitas promosi organik marketing kita, tapi itu nanti kita bahasnya di tulisan yang lain ya…

Kalo ada pertanyaan, kritik, saran, silakan tulis di kolom komentar ya! makasih sudah nonton sampai habis! sampai ketemu di tulisan yang lainnya..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Jangan coba-coba
Open chat
1
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?