Dapat gaji tuh bukan barti kalian jadi bebas buat buang-buang uang untuk belanja. Kalian mesti nyisihin pendapatan pendapatan buat hal-hal yang penting juga. Dengan begitu kebutuhan kalian bisa dipenuhin kalo cermat ngelompokkinnya.

Apa aja yang mesti dialokasiin dari gaji?

Biaya Kebutuhan Rutin

Biaya kebutuhan rutin adalah biaya buat kebutuhan rumah tangga, tagihan air, listrik dan telepon, iuran keamanan, dan juga kebutuhan yang lain. Harap diingat kalo kebutuhan utama yang ini ga boleh lupa untuk disediain alokasinya. Karna kebutuhan ini harus jadi prioritas kalian tiap bulan.

Jangan Lupa dengan Angsuran

Kalo masih punya angsuran kaya angsuran motor, KPR, atau lainnya kalian mesti nyisihin uang buat ngelunasin angsurannya itu. Nah kalo angsuran itu udah dibayar lunas, kalian lebih leluasa untuk mengalokasikan biaya tersebut ke tempat yang lain. Usahain ga telat bayarnya, ya. Jadi ga perlu bayar denda kalo bayarnya telat.

Dana Tak Terduga

Ga banyak yang merhatiin pos dana tak terduga ini. Padahal pos dana untuk hal ini penting banget untuk ngejaga kestabilan finansial kita. Kalo ada keluarga yang sakit, atau ngehadirin pesta, dan hal mendadak lainnya, kita bisa manfaatin dana tak terduga buat dipake hal tersebut. Jadi tabungan kalian ga perlu diganggu sama kebutuhan yang mendadak kaya tadi.

Investasi Juga Sangat Penting

Kalo semua biaya untuk kebutuhan rutin, angsuran, tabungan sampe dana tak terduga udah terpenuhi, kalian bisa mulai berpikir buat punya investasi. Investasi bisa dalam bentuk emas atau deposito, tapi selain itu ada investasi reksadana yang juga bisa dicoba. Sebab sekarang udah ada manager investasi terbaik yang bisa bantu kalian ngelola reksadana secara profesional. Kalian cuman perlu pengetahuan dasar dan mantau laju pergerakan mutusin beli reksadana untuk berinvestasi.

Dana Berlibur Bersama Keluarga

Sesekali kalian juga wajib buat nyisihin waktu liburan sama keluarga. Ga ada salahnya nyiapin biaya buat liburan. Kalian bisa nabung teratur lebih dulu kalo belum punya rencana destinasi liburannya. Kalo udah punya rencananya, pasti kalian bakal lebih rajin lagi nabungnya.

 

Kalo kelima biaya itu udah kalian siapin, gue yakin kondisi keuangan kalian bakal stabil. Ga perlu khawatir sama gangguan ga terduga sebab kalian udah ngelola pendapatan secara efektif. Selamat mengatur keuanagan secara teliti mulai sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.