Indonesia lekat sekali dengan tradisi dan budaya dalam masyarakatnya. Hampir di semua bulan ada perayaan atau minimal ada sesuatu yang nunjukkin kalo muncul benda A maka udah pasti lagi musim A. Selalu begitu biasanya.

Salah satu bulan yang paling ditunggu adalah bulan ramadhan. Selain erat dengan kata “ngabuburit” bulan ini juga Identik banget sama 1 buah yang paling sering muncul: buah kurma. Pokoknya kalo ga ada buah kurma, barti belum bulan puasa.

manfaat kurma

Kenapa sih harus buah kurma yang identik dengan bulan puasa? Ga buah pisang, anggur, atau apel gitu?

Menurut berbagai sumber, buah kurma mengandung berbagai macam zat, vitamin dan juga protein yang cocok banget dikonsumsi untuk tubuh orang yang sedang berpuasa. Ini salah satu alasan kenapa kurma begitu diminati ketika bulan puasa datang.

Trus apalagi alasan yang bikin buah kurma harus dikonsumsi sih?

1. Mencegah Diabetes

Kurma merupakan pemanis alami yang mengandung fruktosa yang baik untuk tubuh kita. Fruktosa sendiri merupakan jenis gula alami yang terdapat dalam buah.

Kandungan gula ditambah dengan serat yang tinggi di dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Dengan demikian orang yang mengkonsumsi kurma secara teratur bisa terhindari dari penyakit diabetes. Karena sertanya mencegah lonjakan gula darah terlalu tinggi saat makan.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Rutin mengkonsumsi kurma juga bisa menjaga kesehatan otak kita. Penelitian menunjukkan, kurma dapat mengurangi inflamasi di otak dan menghalangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti alzhaimer.

Studi lain pada hewan menunjukkan kurma dapat mengurangi protein beta amiloid yang membentuk plak di otak. Plak yang menumpuk ini bisa menyebabkan kematian sel otak.

Penelitian lain pada tikus menunjukkan konsumsi kurma dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar secara signifikan. Kurma juga mengurangi gejala kecemasan.

3. Menangkal Radikal Bebas

Buah kurma selain tinggi serat juga kaya zat antioksidan. Sehingga mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, ada 3 kandungan dalam kurma kayak flavanoid, karotenoid, dan asam fenolik yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel bahkan dapat menyebabkan kanker.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalium yang terkandung dalam kurma sangat ajaib menurunkan LDL (kolestrol jahat), yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di arteri sampai menyebabkan serangan jantung/ stroke.

Studi pun telah menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi makanan tinggi kalium seperti kurma setiap hari, bisa memilik sistem kardiovaskuler yang lebih baik. dia berisiko rendah serangan jantung dan kanker.

Karena itu mengkonsumsi kurma secara rutin setiap hari baik agar lebih terhindar dari berbagai masalah penyakit kardiovaskular lainnya.

***

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari buah kurma ini, tentu kalian bisa mulai rutin mengkonsumsi buah kurma setiap hari walaupun bulan ramadhan sudah lewat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.