Menstruasi  adalah bagian normal dari pertumbuhan. Selama menstruasi, sedikit darah keluar dari vagina selama beberapa hari. Menstruasi adalah ketika darah dari rahim wanita menetes keluar dari vagina selama beberapa hari setiap bulan. Seorang wanita mulai mendapatkan menstruasi selama masa pubertas, biasanya ketika berusia sekitar 12-15 tahun.

Kebanyakan orang mendapatkan menstruasi mereka setiap 21-35 hari – sekitar sebulan sekali. Pendarahan berlangsung selama 2-7 hari – itu berbeda untuk semua orang. Periode mungkin tidak selalu datang pada waktu yang sama setiap bulan, terutama ketika pertama kali datang bulan. Ada banyak cara untuk mengatasi darah yang keluar dari vagina saat mengalami menstruasi. Anda dapat menggunakan pembalut, tampon, pakaian dalam khusus menstruasi, atau menstrual cup untuk mengumpulkan darah, sehingga tidak akan menodai pakaian.

Beberapa gejala pra-menstruasi yang paling umum adalah kram, kembung, jerawat, payudara yang sakit, mudah lelah, serta perubahan suasana hati.

Beberapa orang mengalami kram atau gejala lain sebelum dan / atau selama haid – ini disebut PMS. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri haid yang normal jika menstruasi terasa menyakitkan atau tidak nyaman.

Mengalami sakit perut saat haid bagi wanita bukan hal baru yang menyebalkan. Sakit perut ini bisa muncul kapan pun, secara tiba-tiba. Sebagian wanita mengalami sakit perut secara rutin saat haid, bisa sebelum atau sesudah haid. Wanita bisa mengalami sakit perut atau keram saat haid pada bagain perut bawah atau bagian pinggul. Rasa sakit pun mulai dari yang biasa sampai sakit sekali. Menstruasi tidak harus menghentikan Anda dari pergi ke sekolah, berolahraga, berenang, atau bergaul dengan teman-teman, dan dapat melakukan semua kegiatan normal selama periode.

Kram adalah salah satu gejala paling umum yang dialami sebelum / selama haid. Kram bisa sangat menyakitkan, atau hanya sedikit mengganggu. Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan adalah dengan meminum obat penghilang rasa sakit (seperti ibuprofen) atau meletakkan bantal pemanas di tempat yang terasa sakit, mandi air panas, berolahraga, atau meregangkan tubuh juga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.