Mengalami sembelit memang tidak menyenangkan. Selain itu sulit untuk buang air besar pun bisa menjadi berbagai penyakit lain seperti masalah pada saluran pencernaan. Tak itu saja sembelit dan susah buang air besar pun bisa menjadi sebuah penyakit kronis tersendiri. Untuk itu sangat penting sekali diketahui mengenai tips dan obat sembelit dan susah bab yang bisa dilakukan di rumah.

tips mengatasi sembelit

Ada beberapa jenis obat sembelit sekaligus susah bab. Bukan hanya yang bisa didapatkan melalui resep dokter saja, mengobati penyakit sembelit ringan serta kesulitan untuk buang air besar pun bisa dilakukan di rumah. Tentu saja, bila sembelit masih berlanjut maka akan sangat wajib untuk memeriksakan diri ke dokter demi penanganan lanjutan.

Sebelum itu, berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengobati sembelit dan susah bab

  1. Lebih banyak konsumsi makanan berserat

Salah satu penyebab dari sembelit dan susah buang air besar memang karena kurang serat. Kurangnya konsumsi makanan dengan kadar serat tinggi membuat saluran pencernaan sulit melakukan proses cerna. Pada akhirnya, kotoran yang tersisa pun akan sulit untuk dibuang keluar. Sehingga menyebabkan terjadinya konstipasi atau sembelit dan susah buang air besar.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama memang harus mengkonsumsi banyak makanan berserat. Makanan berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, serta gandum akan membantu proses pencernaan. Sehingga nantinya tak mengalami sembelit dan susah buang air besar lagi.

  1. Konsumsi air yang cukup

Terdengar begitu sederhana, namun sering kali ini yang justru membuat terjadinya masalah sembelit dan susah buang air besar. Saat tubuh dehidrasi atau kekurangan air, maka saluran pencernaan pun tak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya, kotoran pun akan sulit untuk dibuang keluar. Hingga pada akhirnya menyebabkan terjadi sembelit dan susah buang air besar.

Minum air minimal 2 liter satu hari memang sangat penting untuk memastikan tubuh tak dehidrasi. Sedangkan saat udara sedang panas, jangan ragu untuk minum air lebih banyak.

Selain melakukan tips di atas, obat polip hidung modexa pun bisa dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.