Promosi itu kalo diibaratkan pistol, adalah pelurunya. Kalo diibaratkan tombak, dia adalah ujung lancipnya. Nah senjata ini, kalo ga tau mesti ngarahin kemana, bisa jadi salah sasaran. Promosi yang salah sasaran hasilnya tentu aja ga akan efektif. Udah buang waktu, juga buang tenaga kita. Capek-capek promosi tapi ternyata ga ada yang beli. Itu kan masalah kita sebagai pebisnis online?

Insya Allah kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa hal yang mungkin sempat dilupakan oleh teman-teman dalam hal berpromosi produk. Saya merangkumnya menjadi 5 poin saja, walaupun sebenarnya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah promosi. Silakan disimak semoga bermanfaat!

1. Memperbanyak Calon Pembeli

Syarat wajib pertama untuk membuat sebuah promosi berhasil adalah memperbanyak calon pembeli. Karena kita bermain di ranah bisnis online, artinya kita mesti memperbanyak kolam prospek kita. Memperbanyaknya bisa dengan cara menambah kontak WA, friendlist facebook, memperbanyak followers tertarget di instagram dan lainnya.

Calon pembeli yang diperbanyak tentu saja harus tertarget ya. Bukan asal nambah aja, nanti ga efektif teknik yang kita kerjakan. Percuma pake teknik paling ampuh sekalipun kalo memang bukan target marketnya ga akan beli. Cobain aja kalo memang mau capek hahaha..

2. Gunakan Copywriting Yang Menyentuh Emosi

Nah kalo udah ngumpulin target market yang sesuai, saatnya mikirin gimana caranya menyentuh emosi mereka dan bikin mereka beli di tempat kita. Salah satu caranya adalah menyusun copywriting yang jitu. Kalo mau belajar teknik copywriting sampai mahir bisa langsung daftar ecourse mahir copywriting aja.

Sebenarnya teknik copywriting itu ada bermacam-macam, tapi teman-teman ga perlu pelajari semuanya, yang gampang-gampang aja dulu. Teknik copywriting dasar sudah cukup kalo menurut saya. Ga perlu sampai ke hypno writing dan lainnya. Itu nanti kalo udah jago bikin copywriting baru deh mikir ke sana.

 3. Membuat Headline Yang Menarik

Tahukah teman-teman bahwa orang terkadang cuman baca judul dari semua iklan yang ada di media sosial? Oleh karena itu, kita sebagai pebisnis online wajib banget punya keahlian untuk bisa membuat headline promosi yang menarik perhatian calon buyer. Minimal iklan kita dilirik sama mereka.

Selanjutnya tinggal mainkan kata-kata di landing page/website yang akan menjadi tempat target melihat promosi kita. Oleh karena itu sebelumnya kuasai dahulu skill copywriting untuk bisa menuliskan sebuah penawaran yang menarik.

4. Membuat Desain Promosi Yang Menjual

Ada yang bilang desain itu ga penting, yang penting jualan aja. Iya betul, kalo databasenya udah tertarget dan kenal apa yang kita jual itu ga masalah. Masalahnya ada ratusan kompetitor di luar sana yang jualan produk yang sama kayak kita. Kalo ga punya desain promosi yang menarik gimana?

Saya menyarankan untuk temen-temen bikin promosi pake video. Promosi pake video sekarang lagi disukai sama calon buyer karena lebih punya kesan dibenak mereka. Tapi pasti temen-temen terkendala sama budget pembuatannya. Jasa pembuatan video promosi sekarang mahal banget! Apalagi mereka tau peminatnya banyak tapi penyedia jasanya kurang, kesempatan untuk memainkan harga.

Untuk itu ada yang namanya Animasi Studio, template video promosi yang bisa teman-teman pakai untuk keperluan bisnis onlinenya. Tersedia 1000 template video untuk digunakan sebagai bahan promosi produk bisnis internetnya.

5. Kuasai Teknik Closing

Teknik closing berperan penting untuk membuat sebuah transaksi terjadi, ini adalah teknik yang pertama kali harus anda latih (kalo bisa bahkan sebelum anda terjun ke bisnis online). Ada beberapa teknik closing yang bisa teman-teman terapkan, bisa dengan kasih diskon atau mungkin kasih bonus tambahan ketika melakukan pembelian di tempat kita.

***

Sebelum melakukan ke-5 syarat tadi, pastikan produk yang akan temen-temen promosikan berkualitas bagus. Emang strategi ini terlihat cukup bagus, tapi akan jadi tidak efektif ketika produk yang dipasarkan itu ga berkualitas. Semoga sharing kali ini bermanfaat, ya! Terima kasih sudah menyimak sampai habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.