Video marketing adalah semua jenis video yang kita rekam untuk aktivitas promosi bisnis online kita. Nah sekarang ini tuh video marketing lagi banyak diminati sebagai salah satu alat ampuh untuk promosi bisnis onlinenya. Saya yakin ga semua setuju hal ini, karena masih ga yakin apakah video marketing teknik yang works ata ga.

Nah kali ini saya pengen ngasih tau alasan penting kenapa kita perlu menggunakan video sebagai strategi marketing. Silakan disimak pelan-pelan, ya!

1. Video Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Nambahin video di landing page/website kita sendiri untuk bisa meningkatkan konversi kita di internet. Studi mengatakan bahwa 74% pengguna yang nonton video review sebuah produk cenderung tergerak untuk membeli produk tersebut.

Gimanapun, mata manusia adalah yang paling dominan ketika menilai sebuah produk/barang. Sebagian besar informari di otak kita bersifat visual. Jadi kalo gambar aja bisa mengundang interkasi, apalagi kalo pake video, ya ga?

2. Video Dapat Digunakan Dalam Berbagai Metode Promosi

Kalo ngomongin video marketing atau strategi digital marketing secara umum, pasti cendrung mikirnya langsung ke video youtube kan? Padahal, video marketing itu ga cuman bisa dipasang di youtube doang. Beberapa tempat yang bisa dipakai untuk bisa menggunakan video marketing adalah sebagai berikut:

  1. Halaman Utama Website
  2. Video deskripsi produk
  3. Landing page
  4. Artikel blog
  5. Webinar

Saat ini yang paling efektif menggunakan video marketing untuk bisnis online adalah menggunakan strategi digital marketing video di media sosial seperti facebook, twitter dan instagram.

3. Video Marketing Bisa Menjelaskan Semuanya

Kalo punya produk baru dalam waktu dekat bikin video yang menunjukkan cara kerja produk atau jasa itu. Karena sekarang sebagian besar pengguna internet cenderung kenal dan mempelajari suatu produk melalui media video.

Apa konsep layanan bisnis/produk teman-teman cukup sulit dijelaskan secara langsung? Bikin pake video animasi aja. Kalo ga bisa bikin sendiri, pake template video animasi di Animasi Studio. Bikinnya gampang, tinggal edit — export — upload. Ga ngerti video editing pun bisa makenya. Tinggal utak atik di software power point doang.

Video animasi bisa menyampaikan apa yang tidak bisa dilakukan oleh teks promosi. Menurut saya, video animasi adalah kombinasi sempurna antara hiburan, kesederhanaan dan nostalgia.

4. Video Marketing Dapat Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah fondasi awal kita berbisnis dan terjadinya konversi terhadap produk yang kita jual. Seluruh konsep marketing online didasarkan pada kepercayaan dan menciptakan hubungan jangka panjang. Nah sekarang giliran temen-temen yang ngasih informasi menarik kepada calon pelanggan dan membuat mereka percaya sama kita.

Konten video memungkinkan kita untuk melibatkan emosi penonton dan memicu mereka untuk membeli produk kita. Asik kan? Kalo ngomongin audiens, youtubers bisa dibilang salah satu tokoh yang bisa memisahkan jarak antara seorang ‘terkenal’ dengan audiens atau fansnya.

Kenapa video marketing yang dilakukan sama youtubers bisa mendapatkan konversi penjualan yang tinggi? Karena video yang mereka upload berhasil menumbuhkan kepercayaan audiens.

Masih banyak konsumen yang skeptis dan ga percaya untuk membeli produk secara online. Padahal udah zaman digital begini, ya ga sih? Apa-apa udah online, tapi masih ada yang ga percaya. Nah tugas kita adalah membuat para calon buyer ini percaya sama kita dengan menggunakan teknik video marketing. Tentu aja video promosi yang diperlihatkan harus efektif untuk menciptakan pendekatan individual dan berhasil mendapatkan kepercayaan audiens untuk membuat mereka berani membeli barang secara online.

5. Dapat Menjangkau Pembeli Yang Pemalas

Video merupakan sebuah tools yang bagus banget untuk dipakai sebagai tempat belajar dan juga gampang untuk dimengerti. Sekarang orang pada malas untuk baca deskripsi panjang-panjang. Apalagi baca captio di instagram. Saya udah pernah coba, ga ada yang pernah baca sampai habis hahaha..

Digital marketing dengan menggunakan video dapat menjangkau audiens dengan lebih luas dan dari berbagai kalangan. Bahkan pembeli pemalas pun bisa dijangkau dengan video marketing seperti ini. Mereka bisa lebih kenal produk kita tanpa harus kehabisan waktu untuk sekadar baca teks promosi yang ngebosenin dari kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.