Sejauh ini, selain 3 pemain besar marketplace di Indonesia (Bukalapak, Tokopedia, Shopee) ada lagi pemain baru yang ga kalah sangar. Namanya Facebook Martketplace, merupakan fitur terbaru yang disediakan khusus oleh facebook kepada penggunanya yang sering memakai FB sebagai tempat jualan.

optimasi jualan di fb marketplace

Seperti yang kita tau, halaman personal FACEBOOK seharusnya digunakan untuk bersosial, bukan tempat untuk jualan. Sehingga ketika ada yang berjualan produk secara terang-terangan, tidak jarang postingannya dihapus langsung oleh FB. Saya pernah ngalamin, tuh! Padahal cuman diselipin link doang, postingan di statusnya masih tetap dilarang.

Biar tips di artikel ini lebih bermanfaat, teman-teman bisa pastikan terlebih dulu fitur FB Marketplace-nya sudah aktif. Karna ga semua akun FB personal yang fitur FB Marketplace-nya aktif.

Terkait fitur-fiturnya teman-teman bisa jelajah sendiri gimana, ya. Karna di sini saya ga ngebahas teknisnya terlalu detail. Kali ini saya cuman mau bahas masalah optimasi Facebook Marketplace saja. Silakan disimak pelan-pelan, ya.

Tips Optimasi Jualan di FB Marketplace

1. Foto Produk

Pakailah foto produk lebih dari 1 sudut pandang. Jadi dalam sekali upload bisa beberapa foto sekaligus. Usahakan untuk selalu menggunakan foto real pict bukan editan. Kalo pun editan, disarankan untuk tidak terlalu mencolok kelihatan editnya.

Buat teman-teman yang ga pengen ribet dan repot upload-upload foto produk, gunakan aja convertic untuk memudahkan upload produk ke FB Marketplace tanpa harus download foto-fotonya lagi. Tools Convertic adalah sebuah extention google chrome yang berguna banget untuk para dropshipper marketplace (bukalapak, tokopedia, dan shopee). Serta Convertic sudah support upload foto produk ke FB Marketplace.

Penggunaannya gampang, ga ribet dan udah dikasih tutorial caranya pakainya juga.

2. Harga

Penulisan harga ini kita sudah semestinya mencantumkan harga yang sejujurnya. Kalo jual produk harganya 150.000 ya tulis dengan harga segitu. Jangan sampai harga 150.000 ditulis jadi 300 aja. Yang ada malah bikin bingung calon buyer dan bikin reputasi toko kita jelek.

3. Bagikan Ke Grup Yang Tepat

Salah satu fitur keren yang bisa dimanfaatkan di Facebook Marketplace adalah fitur share. Kita bisa membagikan info penjualan produk kita ke semua grup dimana kita menjadi anggota di dalamnya. Maka dari itu, carilah grup-grup yang mengizinkan untuk berpromosi atau beriklan di dalamnya. Tapi bukan berarti kita boleh membagikan info produk kita ke semua grup, ya!

Kita mesti selektfi memilih grup yang tepat untuk dibagikan info produk yang akan kita jual. Jangan malah membagikan info produk kesehatan ke grup tempat orang berjualan mobil misalnya. Walaupun diizinkan untuk mempromosikan barang di sana, hargai sesama member grup tersebut dengan tidak memposting hal yang tidak berhubungan dengan grup itu. Oke?

4. Lokasi

Untuk lokasi, sesuaikan dengan jarak lokasi anda dengan para target market. Usahakan ga terlalu jauh dari tempat kita, maksimal jarak 8-10 mil udah cukup. Kalo jaraknya jauh, kemungkinan pesaing kita dengan produk yang sama akan banyak.

Itulah beberapa tips untuk optimasi penjualan produk anda di Facebook Marketplace. Untuk anda yang pengen dapatin tips-tips menarik lainnya tentang digital marketing, bisa langsung join ke channel telegram saya di DEMASTAH selain itu juga teman-teman bisa mendapatkan info produk digital terbaru di channel tersebut. 

Terima kasih sudah menyimak artikel ini sampai habis. Jika berkenan dan ada manfaatnya, saya minta tolong untuk dishare ke teman-teman yang lain agar mereka mengetahui info penting ini.

One thought on “Optimasi Jualan di Facebook Marketplace

  1. wah mantap..
    Terimakasih artikelnya.. sangat bermanfaat
    Saya pedagang di marketplace, dan sangat menguntungkan ternyata ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.