DBD merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang manusia disebabkan oleh gigitan nyamuk, apalagi pada musim penghujan seperti sekarang ini, resiko untuk terkena penyakit musiman tersebut sangatlah tinggi. Banyak yang harus mewaspadainya karena memang DBD ini bukan penyakit sepele, terlambat dalam memberikan pertolongan maka akan berujung pada kematian. Biasanya ketika kadar trombosit atau keping darah sudah turun maka tubuh akan bereaksi menunjukkan berbagai macam gejala, seperti diantaranya adalah pendarahan.

buah-buahan enak

Itulah mengapa diupayakan berbagai cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah agar tidak berakibat fatal. Berbicara mengenai keping darah ini sebenarnya kadarnya dapat ditingkatkan secara mudah dengan asupan beberapa jenis makanan tertentu. Seperti diantaranya adalah makanan manis layaknya buah-buahan. Beberapa jenis buah ini ternyata bisa secara efektif tingkatkan kadar trombosit, diantaranya adalah:

  1. Jambu biji, khususnya adalah jambu biji merah, maka memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh. Bahkan para ahli menyebutkan bahwa bukan buahnya saja, melainkan daunnya sendiri juga memiliki efek demikian.
  2. Pepaya, buah berwarna merah ini juga kaya akan berbagai kandungan nutrisi, termasuk diantaranya adalah efeknya untuk menambah trombosit.
  3. Delima, selain kaya akan vitamin C, maka buah yang banyak mengandung biji tersebut juga dapat meningkatkan trombosit dalam tubuh, bahkan memperkuat sistem imuns atau kekebalan tubuh.
  4. Buah naga, baik itu buah naga putih maupun merah keduanya kaya akan kandungan vitamin C, enak dan juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit.
  5. Kiwi, buah kiwi dengan rasa lezat tersebut ternyata juga sangat bagus bagi pasien demam berdarah, karena mampu untuk meningkatkan jumlah trombosit yang bisa mempercepat pembekuan darah.
  6. Kurma, selain kaya akan kandungan glukosa, maka manfaat dari buah asli Timur Tengah tersebut juga banyak, termasuk diantaranya digunakan sebagai penambah trombosit.

 

Bisa diimbangi juga dengan konsumsi suplemen yang dapat meningkatkan kadar trombosit darah. Dapatkan berbagai informasi mengenai penyakit DBD ini lengkap hanya di Gue Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.