Pasti diantara temen-temen ada yang belum pernah sama sekali bikin konten untuk video marketing kan? Pasti awalnya takut dan khawatir materinya jelek dan ga ditonton sama orang. Tenang aja, kali ini saya akan coba membagikan tips membuat video marketing buat temen-temen semuanya. Semoga dengan mempraktikkan tips ini, teman-teman bisa dapat inspirasi dan bisa meningkatkan konversi penjualannya lebih baik. Aamiin.

1. Buat Rencana

Langkah awal untuk membuat sebuah video promosi yang berhasil adalah menyiapkan rencana. Salah satu cara untuk mempermudah merencanakan konten apa yang akan dibuat adalah memecahnya menjadi corong pemasaran (sales funnel).  Jawaban dari pertanyaan berikut akan menentukan konten/hal spesifik apa yang akan dimasukkan ke dalam video marketing temen-temen nantinya:

  • Bagaimana konten video kita bisa menarik audiens?
  • Apa saja detail-detail yang tidak ditampilkan kompetitor yang bisa kita tampilkan di video promosi?
  • Gimana dan dimana video kita dikirim, ditonton dan digunakan?

2. Fokus Pada Penjelasannya Bukan Penjualannya

Kesalahan paling mendasar yang sering kita lakukan ketika membuat promosi adalah terlalu fokus sama produknya, bukan benefitnya. Jangan biarkan brand kita mengganggu apa yang ingin didapatkan oleh konsumen. Fokuslah pada penjelasan benefit yang akan didapatkan, bukan sama produk/penjualannya.

Fokus pada nilai yang akan kita kasih kepada buyer kita. Maksimalkan video kita untuk bisa menyentuh emosi mereka dan tertarik untuk menjadi pembeli. Di bagian akhir video bisa kita masukkan CTA untuk mengajak mereka order/pesan produk kita.

3. Pastikan Video Jelas, Padat, dan Singkat

Berdasarkan statistik yang dibuat oleh VideoBrewery, seperlim dari audiens cenderung meninggalkan video promosi setelah 10 detik pertama. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk membuat konten video marketing yang singkat dan to the point. Video dengan durasi maksimal 2 menit terbukti lebih banyak mengundang interaksi dan konversi.

4. Bangun Rasa Penasaran

Pancing rasa ingin tahu penonton dengan menggunakan metode pertanyaan dan pakai sesuatu yang bisa menggoda perhatian mereka. Video kita harus menggambarkan value dari brand kita dan menjawab pertanyaan “kenapa mereka (buyer) harus nonton video ini?” Harus nonton apa karna bisa bikin ketawa? Menginspirasi? Atau memberikan informasi baru?

5. Sertakan CTA (Call To Action)

Semua konten marketing, apalagi bisnis online kayak kita harus kudu wajib banget ada CTA-nya. Yang sering dilakukan adalah meletakkan CTA di bagian akhir video sebelum durasi video habis. Ini tempat yang strategis, tapi jangan membatasi opsi hanya pada akhir video saja. Karena ga semua orang menonton video promosi kita sampai habis.

Ada juga yang meletakkan CTA di bagian isi/tengah-tengah video. Tepat ketika dimana penonton terlibat dengan konten kita. Tapi hati-hati menempatkan CTA di tengah-tengah video. Ajakan untuk membeli itu ga boleh mengganggu perhatian penonton terhadap isi dari video kita. Pastiin kalo CTA itu letaknya natural dan sesuai dengan isi dari video kita.

***

Untuk bikin video marketing yang bagus sebenarnya ga perlu repot. Cukup pake template video dari Animasi Studio juga bisa kok. Mumpung ada promo diskon 50% pake kode kupon dari saya: DEMASTAH (khusus untuk 10 orang pertama saja). Promo diskon termurah ini hanya sampai tanggal 2 Oktober 2019 aja. Setelah itu harganya akan naik banget.

Terima kasih udah baca artikel tentang tips video marketing sampai habis. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman yang membacanya. Kalo ada kritik/saran/pertanyaan tentang artikel ini ga perlu sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.