Laptop gaming adalah laptop yang berspesifikasi tinggi, yang membuat harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan notebook atau ultrabook biasanya. Ketika Anda ingin membeli laptop gaming, mungkin timbul kebingungan untuk memilih laptop gaming yang pas dengan budget yang Anda miliki. Tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan pilihan pada sebuah laptop gaming.

laptop gaming terbaik

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Bagi seorang gamer, harga mahal dari sebuah laptop gaming bukanlah masalah untuk mendapatkan kepuasaan tersendiri saat bermain game di laptop gaming yang berkualitas. Gamers membutuhkan laptop gaming dengan spesifikasi tinggi agar dapat memainkan berbagai macam game berat tanpa adanya masalah. Selain untuk bermain game, laptop gaming juga bisa digunakan untuk kegiatan multimedia atau hanya sekedar browsing.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengunjungi toko jual laptop gaming untuk mencari laptop yang berkualitas.

  1. Prosesor

Prosesor adalah otaknya laptop. Semakin tinggi sebuah prosesor, maka semakin baik pula performa dari sebuah laptop gaming. Saat ini, laptop gaming juga sudah dilengkapi dengan prosesor yang tinggi, baik intel ataupun AMD. Bagi Anda pemain game berat dengan durasi yang panjang, lebih baik untuk memilih lapto gaming yang menggunakan prosesor Intel. Prosesor Intel terbukti lebih hemat daya dan tidak cepat panas.

 

Pilihlah laptop gaming dengan prosesor Intel yang berlabel MQ atau HQ. Misalnya: i7-6700HQ. Jangan paksa prosesor berlabel U untuk digunakan bermain game karena biasanya hanya digunakan untuk hal-hal yang ringan saja.

 

Laptop gaming yang dibutukan minimal menggunakan prosesor Intel Core i5. Akan tetapi yang disarankan adalah Intel Core i7. Sedangkan untuk prosesor AMD, disarankan A10 dan FX Series. Selain itu, kecepatan prosesor juga perlu diperhatikan. Semakin tinggi angka GHz, maka kecepatannya akan semakin baik.

 

  1. VGA

VGA atau Video Graphic Adapter atau kartu grafis atau graphic card adalah salah satu bagian terpenting dari laptop, karena mempengaruhi tampilan dan kualitas game. Laptop gaming membutuhkan VGA minimum Nvidia GT840. Akan tetapi, disarankan untuk memilih Nvidia GTX Series, seperti GTX950, GTX960, GTX970, dan GTX980. Sedangkan untuk VGA AMD, BISA R7 230 ke atas atau R9 Series.

 

  1. RAM

Pastikan laptop gaming yang Anda pilih memiliki RAM di atas 4GB, serta memiliki RAM slot tambahan agar Anda mudah untuk melakukan upgrade RAM saat dirasa kurang. Anda bisa memilih laptop gaming yang menggunakan jenis RAM DDR3. Akan lebih baik lagi jika menggunakan jenis RAM DDR4.

 

  1. Media Penyimpanan

Ada dua jenis media penyimpanan, yaitu SSD dan HDD. Laptop gaming sebaiknya memiliki HDD 1 TB (1000GB), karena game saat ini membutuhkan banyak storage saat di-instal. Beberapa laptop gaming terbaru juga menyediakan slot HDD tambahan. Jika Anda membeli laptop gaming yang memiliki SSD, jangan instal game ke SSD, karena kapasitasnya yang terbatas. SSD hanya bisa digunakan untuk menyimpan operasi sistem. Akan tetapi, jika kapasitas SSD besar mencapai 500GB lebih, maka game dapat diinstal di dalamnya.

 

  1. Baterai

Banyak laptop gaming yang baterainya tidak bisa bertahan lebih dari 2 jam bermain. Ada dua jenis baterai laptop, yaitu removable (bisa dilepas) dan non-removable (tidak bisa dilepas). Sebaiknya pilihlah laptop dengan baterai bisa dilepas agar mudah menggantinya ketika rusak. Perlu diingat untuk tidak mencabut baterai laptop saat sedang dimainkan, karena dapat merusak motherboard jika listrik mati secara tiba-tiba.

 

  1. Resolusi Layar

Laptop gaming membutuhkan resolusi layar minimal FHD 1920×1080. Sementara ukuran layar minimal 15,6 inci, namun lebih baik 17,3 inci. Semakin besar resolusi dan ukuran layar, bermain game akan lebih maksimal.

 

  1. Harga

Untuk mendapatkan sebuah laptop gaming terbaik dan berkualitas tentunya Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Biasanya laptop gaming yang baik dibanderol dengan kisaran 10 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.