Kehadiran marketplace sebagai tempat jualan secara online, tentu saja membantu para UKM untuk memasarkan produk dan jasanya jadi lebih luas lagi. Salah satu kelebihan marketplace adalah gratis dan bebas jualan apapun. Bebas bukan berarti apa aja boleh dijual, ya. Produk/jasa yang sesuai ketentuan, bisa dijual. Kalo yang dilarang oleh pemerintah/pihak berwajib ya tentu aja ga boleh.

optimasi shopeev

Begitupun dengan shopee. Meskipun marketplace ini tergolong baru, tapi eksistensinya udah bisa bersaing dengan Tokopedia dan Bukalapak. Di Shopee sendiri sekarang udah banyak banget seller yang tergabung di dalamnya. Tentu sudah pasti saingan kita akan semakin banyak juga, dong?

Sebelum optimasi, ada baiknya kita riset produk dulu. Udah berapa banyak seller yang jual produk kayak kita. Ini penting dilakukan karna bisa jadi acuan kita seberapa tinggi tingkat persaingan di produk yang akan kita jual nantinya. Sehingga kita bisa mengetahui pola optimasi yang akan kita lakukan nantinya.

Apa aja optimasi di shopee yang bisa kita lakukan?

1. Gunakan Tittle Yang Menarik dan Mengandung Kata Kunci

Ini hal yang pertama yang harus kita perhatikan adalah penggunaan judul produk. Tentunya harus mengandung kata kunci yang sesuai dengan produk yang akan kita promosikan. Gimana caranya bikin judul yang menarik? Komposisi ini mungkin bisa teman-teman pakai untuk membuat judul:

Misalnya:

Cream Temulawak: Cream Temulawak Hana Original 30gr

Iphone 7: Smartphone iphone 7 Full Set Garansi 1 Tahun

2. Isi Deskripsi Produk Dengan Lengkap dan Jelas

Kadang ada aja yang malas banget untuk nulis deskripsi produknya sendiri. Ada yang cuman 2-3 kata saja, bahkan ada yang kosong sama sekali deskripsinya. Coba deh temen-temen rasain, gimana rasanya waktu pengen beli sesuatu yang benar-benar dibutuhin tapi ternyata yang didapat malah kotak deskripsi kosong yang ga ada penjelasan gitu?

Saya yakin temen-temen pasti ga akan jadi beli d itempat itu. Ya kan?

Yaiyalah, wong nulis deskripsi aja malas, gimana orang ga malas juga buat beli di toko kita? Masuk akal kan?

Deskripsi yang kosong itu menurunkan trust calon buyer terhadap toko kita, teman-teman! Maka mulai sekarang, harus meluangkan waktu untuk mengisi kotak deskripsi produk kita ya teman-teman.

Malas ngisi deskripsi? Pake tools CONVERTIC aja. CONVERTIC adalah extention google chrome yang sangat bermanfaat untuk para dropshipper, reseller dan seller marketplace. Karna dengan tools ini, teman-teman ga perlu repot lagi copas-copas deskripsi produk dari toko orang lain, tinggal simpan-edit-pos! Tanpa perlu download gambar lagi. Tinggal klik-klik upload ke marketplace langsung!

Gunakan hastag (tagar; tanda pagar) (#) disetiap bagian akhir deskripsi produknya teman-teman, ya. Fungsi apa? Biar memudahkan calon buyer mencari kata kunci produk yang kita promosikan.

3. Gunakan Foto Produk Yang Bagus dan Beda

Bisa dibilang marketplace sekarang udah penuh sesak sama seller-seller seluruh Indonesia. Semuanya tercampur dari dropshipper, reseller sampai supplier. Penggunaan fotonya pun terkadang sama karena mengambil dari sumber yang sama juga. Jarang bangget pake foto sendiri untuk produk yang sama.

Padahal, kalo jeli, ini adalah peluang yang bagus buat kita. Ketika semua orang pake foto produk yang sama, kita muncul dengan foto sendiri yang berbeda daripada yang lain. Dengan begini kita akan terlihat menonjol daripada yang lain.

Pakai foto yang berkualitas tinggi (bagus, tidak blur dan tidak pecah gambarnya), gunakan background yang bagus dan sudut pengambilan gambar yang menarik. Bisa juga ditambahin watermark biar ga asal dicomot sama kompetitor kita. FYI, kalo pake CONVERTIC teman-teman bisa tambahkan watermark langsung tanpa harus buka aplikasi edit dan mengedit fotonya satu per satu.

4. Lakukan dan Ikuti PROMO

Shopee sendiri udah nyediain fitur kayak begini untuk para mitranya. Ada beberapa fitur yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan penjualan produk kita. Fitur promo ini ada 4 macam, ada yang sifatnya gratis dan juga berbayar. Kalo masih belum punya modal banyak, bisa pake yang gratisan dulu aja. Tapi kalo pengen menjangkau lebih banyak prospek bisa pake ads yang disediakan sama shopee.

5. Lakukan Push Produk di Shopee Secara Berkala

Dari beberapa marketplace, hanya segelintir yang menyediakan fitur push/sundul produk di toko kita. Nah! Di shopee sendiri udah tersedia fitur ini dan alhamdulillahnya tersedia secara gratis! Fitur ini bermanfaat banget untuk menyundul produk kita ke halaman pertama pencarian di shopee. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dari fitur ini:

  • Fitur push produk akan menampilkan produk maksimal pada baris kedua katalog shopee,
  • fitur push produk ini hanya ada di bagian pencarian berdasarkan (produk terkait) atau kata kunci saja.
  • Fitur push produk shopee hanya berlaku untuk 5 produk saja dalam 5 jam.
  • Karena fitur ini gratis, jadi kemungkinan banyak orang yang sudah lebih dulu mengetahui ini. Jadi kemungkinan manfaatnya kurang begitu terasa karna banyaknya pesaing.

Tapi walaupun begitu, ga boleh langsung nyerah begitu saja. Karna ada kemungkinan orang-orang ga konsisten ngelakuinnya. Karna terlalu membosankan melakukan hal yang kayak gini berulang-ulang. Nah di sini lah celah kita memanfaatkan peluang itu.

6. Minta Buyer Memberikan Review

Kalo temen-temen udah dapat pembeli, selalu ingatkan mereka untuk memberikan review jujur terhadap produk kita. Dengan banyaknya review positif di toko kita, tentu saja akan meningkatkan trust toko online kita di shopee. Orang akan membeli sesuatu, salah satunya karena referensi dari orang lain. Untuk mendapatkan review yang bagus tentu saja sebelumnya kasih pelayanan yang baik dan ramah, dan juga fast respont juga.

Itulah beberapa tips yang bisa teman-teman manfaatkan untuk mengoptimasi penjualan toko online di shopee. Sukses tidaknya materi yang dishare di sini ada di teman-teman sendiri. Mau praktik atau tidak? Mau konsisten ngelakuinnya atau tidak?

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.