Siapa sih yang ga pengen bisnis onlinenya berkembang dengan pesat? Saya kira kita semua di sini pengen banget hal itu terjadi kan? Hehehe.. itu mimpi dan cita-cita para pebisnis, termasuk kita yang berbisnis di dunia online kayak sekarang.

Ada banyak pelaku bisnis online yang usahanya berkembang dengan pesat, namun ga sedikit juga mereka yang harus gagal mengembangkannya. Salah satu masalah yang paling sering dihadapi adalah promosi yang tidak efektif. Promosi itu penting banget untuk mengenalkan produk kita kepada calon buyer, tujuan utamanya tentu aja mendongkrak penjualan kita.

Nah, kalo kita ga tau cara promosi yang baik, yang ada rugi alias boncos. Promo terus ga ada profit, jadilah ahlul boncos nanti hahaha.. jangan ya.

Di sini kita akan bahas kesalahan apa saja yang sering dilakukan pebisnis online ketika melakukan promosi, bisa jadi ini adalah kesalahan teman-teman selama ini tapi terus dilakukan berulang-ulang secara tidak sadar. Silakan disimak ya!

1. Latah Promosi

Tau artinya latah kan?

Suka ngikutin apa kata orang. Dalam beberapa hal tentu bagus kalo memang sesuai dengan sumber dayanya. Ada banyak pebisnis yang menjadikan perusahaan besar sebagai role model bisnis mereka. Sah-sah aja sih, tapi perlu dianalisa lebih jauh lagi.

Terus karena ngeliat perusahaan ini ngiklan dimana-mana, terus kita ngikutin cara mereka juga. Kita ga bisa ngikutin cara kayak gini. Kenapa? Karena tentu saja, kemampuan sumbe daya kita (finansial terutama), sudah pasti tidak sama dengan mereka. Kedua, brand mereka udah kuat, jadi meskipun mereka keluar modal banyak untuk keperluan promosi, udah pasti keliatan balik modalnya.

Kalo kita? Belum tentu. Brand kita belum terbentuk. Jadi kalo saran saya sih ditunda dulu untuk ngikutin (latah) berpromosi dengan budget besar.

Kita hendaknya belajar dari mereka, gimana carnaya berpromosi dengan efektif dan berbiaya rendah.

2. Proses Instan

Pengen dapatin hasil instan kayak gini udah jadi masalah umum yang sering dialami sama pebisnis, apalagi yang pemula. Pengennya begitu promosi langsung dapat closingan, tapi sendirinya aja belum ngerti teknik closing. Terus nyalahin produknya, nyalahin harganya. Ya ga? Hehehe..

Agar promosi lebih efektif, tentu ada persiapan yang harus dilakukan terlebih dulu. Misalnya saja, menentukan target pasar dari produk kita (siapa orang yang cocok memakai produk ini, umurnya berapa, tinggalnya dimana, kerjaannya apa). Kalo ada waktu bisa sekalian survey juga daya beli pasar terhadap produk sejenis kayak gimana, apakah tinggi peminatnya atau rendah. Gitu-gitu lah pokoknya. Jadi ga asal promosi aja.

3. Ga Ngerti Apa Maunya Konsumen

Promosi itu ga bisa dipisahkan dari emosi konsumen. Artinya, pebisnis yang punya kemampuan untuk memahami emosi konsumen yang akan memenangkan persaingan. Tiap konsumen itu punya kebutuhan yang beda-beda. Jadi kita sebagai penjual harus ngerti apa kebutuhan mereka.

4. Malas Riset

Pebisnis yang baik adalah mereka yang suka meneliti. Dengan melakukan riset, kita jadi tau kompetitor kita tuh ngapain aja sih sampe dia bisa punya banyak followers kayak gitu? Kegiatan marketing apa aja yang dilakukan sampai dia punya omzet segede itu dalam sebulan? Pernah ga ngelakuin hal kayak gitu?

Pasti temen-temen ga tau kan kalo sekarang tuh orang lebih suka diiklanin produk dengan format video? Kalo udah pernah riset pasti tau deh. Karena format video lebih terkesan ada ceritanya, daripada sekadar gambar. Tapi untuk bikin video promosi tentu ga semudah yang dibayangkan.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Terutama skill editing video yang mumpuni. Bisa jadi semua orang bisa bikin video, tapi ga semua orang bisa bikin video biasa jadi berkualitas. Perlu waktu lama untuk bisa memproduksi sebuah video promosi yang keren. Oleh karena itu sekarang banyak banget jasa pembuatan video.

Karena yang perlu banyak dan penyedianya sedikit, mereka bisa mainin harga deh. Sekarang harga pembuatan video bisa mahal banget. Bahkan bisa sampai jutaan rupiah untuk durasi video sekian menit. Kita pebisnis online yang masih pemula tentu belum punya budget untuk itu.

Sekarang ada namanya Animasi Studio yang bisa teman-teman manfaatin sebagai template video promosi paling praktis. Kenapa saya bisa bilang paling praktis? Karena ini sifatnya template, jadi teman-teman tinggal tempatkan videonya di salah satu dari 1000 lebih template di animasi studio, export dalam format mp4, terus tinggal diupload deh ke media sosial untuk promosi.

Temen-temen ga perlu lagi bayar mahal jasa pembuatan video promosi sekarang. Cukup pake Animasi Studio aja udah bisa bikin video promosi sendiri. Dan lebih praktisnya lagi, semuanya bisa dilakukan cuman pake software microsoft powerpoint! Ga perlu software editing video yang berat lagi. Jadi pemula pun udah bisa pake di laptop masing-masing.

5. Slow Response

Ketepatan dan kecepatan kita merespons pelanggan juga berpengaruh kepada kepercayaan mereka terhadap kita. Kalo balasnya lambat, sama aja ga ngehargain waktu mereka yang pengen direspon saat itu juga. Kasih respon cepat berarti menandakan kesiapan kita untuk melayani mereka dengan baik. Usahakan untuk selalu memberikan respon yang cepat biar mereka ga nunggu dan kabur beli produk ke kompetitor lain.

***

Semoga artikel kali ini bermanfaat buat temen-temen, ya! Kalo ada komentar/pertanyaan/kritik dan saran boleh langsung ditulis di kolom komentar, ya. Saya tunggu!

Oh ya join juga ke channel telegram saya yang sering ngebahas bisnis online di sana, ya! Biar selalu dapat update terbaru tentang bisnis online, digital marketing dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.