Tahun 2019 itu menurut saya adalah tahun dimana bisnis online udah mulai disadari akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan bisnis. Saya yang baru 1 tahun menjalankan praktik bisnis online saja jadi melek tentang digital marketing dan ingin mendalaminya.

for featured image of my post

apabanget.my.id blog bisnis online

Bahkan para mastah bisnis internet pun masih mempelajari strategi digital marketing ini sampai sekarang. Terakhir saya lihat cici Christina Lie (owner dari 101red.com) lagi belajar tentang Google Adwords. Yang mastah aja masih ga berhenti belajar, masa kita yang masih pemula ini malas untuk belajar? Udah merasa mastah? Heheheh..

Orang awam menganggap pebisnis online kayak kita sebagai orang yang pintar dan melek teknologi. Gimana ga? Kita dianggap lebih update mengenai perkembangan teknologi dan khususnya dunia internet marketing. Karena tiap hari yang diurusin bisnis online aja. Ya ga?

Biar pun keliatannya bagi orang awam bisnis online itu gampang, tapi kenyataannya setelah menjalankannya bedarah-darah juga. Dalam artian, perlu perjuangan yang banyak untuk sampai ke titik dimana mereka ngeliat kita ‘gampang banget’ berjualan online.

Saya akui, sampai sekarang pun saya masih kesulitan kok berjualan online. Masih banyak boncosnya, masih banyak gagalnya. Ga semua orang siap untuk rugi dan ga semua orang siap mentalnya untuk menghadapi kegagalan waktu awal-awal merintis bisnis online. Banyak banget tantangannya.

Salah satu faktor terpenting dalam pemasaran bisnis online adalah produk atau jasa punya banyak peminatnya. Istilah kerennya itu ada target market-nya.

Sayangnya ada yang banyak gagal mengembangkan bisnis online karena berbagai hal. Saya sudah merangkumnya biar teman-teman gampang untuk mengetahui dengan cepat penyebab gagalnya sebuah bisnis online.

1. Tidak Menguasai Trik Marketing Online

Kalo pengen terjun sebagai pebisnis online, teman-teman wajib punya ‘senjata’ yang akan digunakan untuk perang. Minimal tau beberapa dari sekian banyak senjata yang akan dipakai. Setidaknya punya modal dasar untuk berbisnis online.

Saya bocorin 3 teknik deh ya:

  1. Teknik Closing
  2. Desain grafis dasar
  3. Teknik copywriting

Sebetulnya sih ga cuman 3. Strategi bisnis online itu ada banyaaak banget! Kalo pengen beneran terjun ke dunia online preneur kayak gini, mau ga mau harus banyak belajar strateginya.

2. Tampilannya Kurang Menarik

Buat saya yang jualannya di media sosial (instagram, facebook), tampilan adalah hal utama. Itulah kenapa di poin nomor 1 saya mengedepankan teknik desain grafis dasar sebagai teknik yang wajib dikuasai.

Ada 3 hal yang bisa teman-teman lakukan untuk mempercantik tampilan media sosial jualannya.

1. Belajar Desain Sendiri/Otodidak

Belajarnya bisa lewat youtube, atau tanya-tanya sendiri ke kerabatnya yang emang jago desain. Perlu waktu lama karna jelas ga ada tempat untuk bertanya dan konsultasi. Tapi jelas hemat biaya dan cuman perlu waktu lebih banyak aja.

2. Belajar Desain Melalui Ecourse/Kursus Online

Ga perlu lagi nyari mentor kesana kemari, daftar jadi peserta aja udah bisa belajar sama mentor dan sesama peserta. Tentu ada biaya yang harus dikeluarkan, cocok buat temen-temen yang punya modal dan pengen hemat waktu.

Salah satu ecourse yang temen-temen bisa ikuti adalah ecourse Jago Bikin Desain. Harganya cukup terjangkau untuk sebuah ecourse desain. Mengingat kalo ikutan kursus desain harganya bisa 2-3 kali lipat dari ini. Modulnya juga lengkap dan dijelasin dengan cara yang paling simple, mudah dimengerti meskipun teman-teman baru pertama kali belajar.

 3. Pakai Template Desain

Ini solusi paling praktis buat temen-temen yang malas belajar. Tinggal masukin gambar/foto produk yang pengen temen-temen promoin ke templatenya, edit dikit terus bisa langsung diupload ke medsosnya deh. Template rekomendasi adalah instadesain bisa dipake untuk berbagai macam keperluan promosi baik di medsos instagram ataupun facebook. Buat yang main youtube juga bisa.

3. Kurangnya Pemasaran Lewat Sosial Media

Ini yang sering dilupakan sama pebisnis online. Mereka pikir jualan di marketplace aja cukup. Itu cara zaman dulu, sekarang udah ga bisa lagi kayak gitu. Meskipun di marketplace udah stabil, media sosial tetap diperlukan. Kenapa? Sekarang orang membeli lebih karena keterikatan emosi terhadap suatu brand. Kalo ga punya branding yang bagus, orang akan lari ke brand yang lebih kuat dengan produk yang serupa dengan kita.

Jadi mulai sekarang dipikirkan untuk menjalankan akun media sosial yang dimiliki. Kalo belum punya gimana? Ya dibikin dong.. kan bikin akun instagram atau facebook itu gratis. Tinggal bikin terus posting sesuai dengan branding yang diinginkan.

4. Kurangnya Network atau Mitra

Kerja sendiri itu berat, saya udah ngerasain sendiri. Kita perlu bantuan orang lain untuk membuat bisnis kita berkembang lebih baik. Kalo pemasukan udah stabil setiap bulan, bisa mulai dipikirkan untuk rekrut admin yang ngurusin closing barang kita. Terus ditambah seiring kebutuhan bisnis kita sendiri. 

Ngejadiin pelanggan kita sebagai reseller juga bisa dilakukan. Ajakin aja mereka yang sering repeat order produk kita. Kasih keuntungan misalnya kalo jadi reseller bisa dapat komisi lebih banyak dengan minimal penjualan sekian ribu rupiah. Dengan begitu dia semangat untuk memasarkan produk kita juga. Pekerjaan promosi akan lebih ringan jadinya.

5. Tidak Mengandalkan Video Promosi

Pebisnis online yang jualan di media sosial biasanya selalu mengandalkan visual dalam mempromosikan produknya. Entah itu pakai gambar atau pakai video. Sekarang video lebih diminati daripada gambar. Makanya sekarang jasa pembuatan video promosi lagi naik banget. Harganya udah gila-gilaan.

Daripada pake jasa video promosi buat bisnis online anda yang mahal, mending dipake untuk modal yang lain. Lagian sekarang udah ada yang namanya Animasi Studio, kok. Template video promosi terlengkap yang bisa langsung dipake karena ga perlu software editor yang berat. Cukup dibuka pake software power point di laptop/pc aja udah cukup kok.

***

Saya kira artikel ini bisa membantu teman-teman untuk bisa memikirkan langkah promosi berikutnya untuk bisnis onlinenya. Kalo misalnya ada yang mau ditanyakan silakan langsung ditanyain aja. Join juga channel telegram saya tentang sharing bisnis online, gratis langsung subscribe aja, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.