8 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Marketing 2021

Di zaman sekarang, ada banyak peluang untuk bisa menghasilkan uang dari internet. Terlebih, akses internet sudah bisa dinikmati hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga tidak ada lagi keterbatasan antara ruang dan waktu untuk bisa dapat menghasilkan uang.

Keberadaan internet membuat kita yang berada di wilayah yang jauh dari pusat kota besar bisa tetap dapat menghasilkan dari internet tanpa harus keluar rumah. Bahkan, ada beberapa kawan saya yang saya tau bisa menghasilkan dollar hanya dari internet.

Kalo dihitung-hitung ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari internet. Namun, untuk anda yang baru ingin memulai langkah menjadi seorang internet marketer, saya coba berikan 8 cara termudah untuk bisa menghasilkan uang dari internet marketing di tahun 2021.

Perlu dicatat, yang saya bilang “mudah” di sini bukan berarti sehari bisa langsung menghasilkan. Tapi mudah di sini adalah mudah untuk dijalankan untuk anda yang masih pemula. Tentu saja akan lebih cepat menghasilkan jika action dilakukan secara rutin dan komitmen untuk bisa konsisten menghasilkan dari internet.

Apa saja cara termudah menghasilkan uang melalui internet marketing? Mari kita bahas sama-sama.

8 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Marketing 2021

1. Membuka Toko Online Di Marketplace

Cara menghasilkan dari internet yang pertama adalah dengan membuka toko online di platform marketplace. Yang perlu diperhatikan adalah niche produk yang akan dijual di marketplacenya. Karena beda marketplace akan berbeda juga tipe audiencenya.

Misalnya di marketplace shopee, audiencenya akan lebih banyak wanita. Maka kamu bisa coba masukkan produk-produk yang berhubungan dengan wanita. Kalo Tokopedia, audiencenya akan lebih dominan laki-laki (meskipun mereka di endorse sama BTS). Maka untuk bisa lebih cepat menghasilkan di marketplace Tokopedia, masukkan produk-produk yang berhubungan dengan laki-laki/pria.

Kamu juga perlu memperhatikan ketentuan penjualan di masing-masing marketplace. Seperti biaya admin, biaya iklan dan biaya-biaya lainnya. Hal ini penting kamu ketahui untuk bisa menghitung dengan cermat profit yang akan diambil per produknya.

2. Menjadi Influencer Dimedia Sosial

Kalo kamu punya hobi atau kegiatan yang sering kamu lakuin, jangan disia-siakan. Coba upload kegiatan/hobimu itu di media sosial. Variasikan dengan konten cerita atau konten informatif yang masih berhubungan dengan hobi/kegiatanmu itu.

Memang butuh waktu yang cukup lama untuk bisa meningkatkan personal brandingmu untuk 1 hobi. Tapi jika kamu konsisten melakukannya, orang-orang akan dengan cepat mengenalimu. Semakin sering kamu posting, orang akan tau kamu memang suka banget sama hobby itu dan ikut penasaran untuk mencobanya juga.

Terlebih ketika hobi yang kamu lakukan itu bisa menghasilkan uang. Siapa yang ga tertarik coba?

3. Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper pada prinsipnya sama dengan reseller. Bedanya kalo dropshipper kamu ga perlu repot untuk stok barang. Karena stoknya udah disiapin sama suppliermu.

Yang perlu dipikirkan seorang dropshipper adalah gimana caranya menghasilkan penjualan sebanyak-banyaknya. Tentu dengan melakukan promosi masif ke berbagai platform media sosial dan juga marketplace.

Kalo supplier kamu jualannya di marketplace A, kamu bisa jual produk mereka di marketplace B biar ga kena perang harga sama supplier sendiri.

Kalo saya sih lebih menyarankan untuk mencoba jualan di media sosial. Selain terbebas dari potensi perang harga, kamu juga lebih leluasa untuk melakukan eksplorasi konten di sana.

Kekurangannya, kamu harus bisa membuat konten yang kreatif yang tidak terlihat jualan di mata calon konsumenmu. Jadi ga sekadar posting foto produk/katalog doang.

Sebaiknya kamu cari supplier yang menyediakan konten promosi untuk para reseller/dropshippernya. Dengan begitu setidaknya kamu punya amunisi awal untuk mulai berjualan. Sambil belajar untuk bisa bikin konten sendiri di masa depan.

4. Menjadi Blogger

Kalo kamu punya kemampuan menulis, kamu bisa memanfaatkan skill itu untuk bisa menghasilkan. Dengan membuat artikel yang informatif di blog/website yang kamu punya, kamu bisa membuka peluang untuk bisa mendapatkan uang atau kerjasama dengan orang/perusahaan lain.

Kamu cukup bikin 1 blog/website yang harus kamu rawat dengan cara rutin mempublikasikan artikel. karena hanya dengan mempublikasikan artikel, web/blogmu bisa mendatangkan traffic. Semakin banyak traffic yang bisa kamu datangkan, semakin besar peluangmu untuk bisa mendapatkan uang.

Darimana dapetin uangnya? Ada beberapa channel untuk bisa menghasilkan uang melalui blog/website ini. Dari adsense, job review/placement, sampai jadi narasumber/pembicara seminar/workshop. kamu bisa explore sendiri potensi menghasilkan uang lainnya kalo udah serius sama hobi ini. Dicoba aja dulu.

5. Menjadi Digital Artist

Sekarang pekerja seni ga cuman bisa berkarya lewat canvas atau kertas aja, tapi juga di internet. Karena ada banyak sekali digital artist yang bisa menghasilkan uang melalui internet dari karya yang dihasilkannya dan diupload ke media sosial. Saya kenal beberapa teman yang berprofesi sebagai digital artist ini dan penghasilannya bisa jauh besar dari pekerja kantoran.

Menurut saya, elemen terpenting yang harus dimiliki untuk menjadi seorang digital artist adalah kreativitas tinggi. Karena seni berhubungan dengan “rasa” dari orang itu.

Kamu bisa jadi seorang vectorist (orang yang menggambar dengan teknik vector), atau dengan teknik gambar lainnya yang kamu kuasai. Butuh waktu lama memang, kamu harus sabar dan persisten untuk bisa membuka peluangmu sendiri.

6. Menjadi Content Creator

Kamu juga bisa menghasilkan uang melalui internet dengan menjadi seorang content creator. Bedanya dengan influencer adalah dipenamaannya saja. Intinya tetap sama, sama-sama menggunakan personalnya untuk bisa membuat sebuah konten.

Kalo menurut pemahaman saya, content creator itu lebih fokus pada platform youtube. Karena kontennya jadi lebih luwes dan ga terbatas. Maksud ga terbatas di sini bukan berarti bebsa bikin konten semaunya ya. Tapi ga terbatas dari sisi eksplorasi kontennya. Kalo foto kan cuman 1 arah doang.

Kamu tinggal bikin akun di youtube dan mulai membuat konten vifdeo sesuai dengan hobi/niche audience yang akan kamu targetkan. Untuk awal-awal ga perlu mikirin editing yang bagus dulu. yang penting kamu udah berani bikin dan upload aja udah bagus kok. Gapapa jelek yang penting berproses.

7. Menjadi Penjual Jasa

Zaman sekarang siapa sih yang ga punya media sosial? Saya rasa semua orang udah punya. Terlebih lagi yang punya bisnis yang dijalankan di media sosial. Ini membuka lebar peluang untuk bisa menghasilkan uang melalui internet hanya bermodalkan handphone.

Kamu bisa membuka jasa admin media sosial misalnya. Kamu jawabin chat/komen dari followers akun media sosial orang lain yang ga sempet ngurus media sosialnya sendiri.

Atau kamu jadi admin yang ngejadwalin posting konten harian si pemilik akun. Kamu juga bisa sekalian buka jasa pembuatan konten di sini. Jadi bisa ambil paket bundling admin + content creation juga. Cuannya bisa dobel.

8. Menjadi Affiliate (Makelar)

Untuk para internet marketer, istilah affiliate ini mungkin sudah ga asing lagi. Karena hampir pasti seorang internet marketer itu juga seorang affiliate biasanya. Tapi bisa juga ada yang tidak menjalankannya, ga masalah juga kok.

Menjadi affiliate marketer kurang lebih sama seperti dropshipper cara kerjanya. Ga perlu stok produk ataupun mikirin packing barang. Terlebih produk yang dijual oleh afilliate itu biasanya produk digital.

Tantangannya menjadi seorang affiliate adalah harus memiliki personal branding yang kuat untuk bisa dipercaya oleh calon pembeli. dan affiliate juga harus pintar memilih produk yang akan ditawarkan. Jangan sampai menawarkan produk yang tidak ada peminatnya.

Sebagai affiliate kamu juga harus aktif mencari vendor yang berkualitas. Salah satu ciri vendor berkualitas adalah yang mendukung affiliatenya dengan amunisi promosi yang lengkap. Bahkan tidak jarang menyediakan juga lead magnet untuk bisa dipakai afiliate menarik calon pembeli ke database-nya masing-masing.


Dari 8 cara menghasilkan uang dari internet marketing ini, mana yang menurutmu paling mudah dijalankan? Coba tuliskan pilihanmu di kolom komentar ya!

Untuk kamu yang ingin belajar menghasilkan uang dari internet tapi masih bingung harus belajar ilmu apa? Kamu bisa klik link di bawah ini dan pilih ilmu yang kamu butuhkan untuk dipelajari. Semuanya gratis dan kamu cukup isi email aktif + nomor wa aktif kamu aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares
error: Jangan coba-coba
Open chat
perlu bantuan?
hallo apa yang bisa saya bantu?