Press "Enter" to skip to content

Penting Banget! 5 Web Untuk Bikin Konten Berkualitas

apabanget.my.id – sekarang semakin ramai penulis digital khususnya blogger membuat konten yang bisa dibagikan secara massif dan luas. Istilahnya sekarang viral. Sebenarnya bisa ga sih kita sendiri bikin konten viral?

Jawabannya bisa. Asal tau selera yang diinginkan “pasar” kaya gimana. Dan tau gimana tulisan yang betul-betul menggugah hati pembacanya untuk membagikan kepada yang lain. Masalahnya, ga segampang itu membuat kontennya. Ada yang hanya perlu bahasa sederhana untuk bisa mengambil hati pembacanya. Ada yang harus pakai kata-kata komplex untuk terlihat intelek dan ilmiah dalam tulisannya.

Oleh karena itu, kita perlu tools (alat/perangkat) yang bisa mendukung untuk bisa membuat konten  berkualitas. Beruntunglah sekarang ada internet. Semua jadi lebih mudah. Udah banyak yang bikin web/aplikasi yang ngebantu untuk bikin tulisan. Termasuk bikin konten/tulisan yang berkualitas. Berikut beberapa tools yang bisa lu pake:

1. Contentideator (contentforest/ideator.com)

content ideator

via searchenginepeople.com

Konten berkualitas dimulai dari judulnya yang menarik perhatian. Percaya deh semakin bombastis judul kontennya, semakin tertarik orang membacanya. Istilahnya click bait. Tapi istilah itu dipake buat mereka yang nyari trafik ke blog doang. Kualitas kontennya ya gitu-gitu aja. Nah di Contentideator ini, kalian bisa nemuin judul konten yang menarik melalui kata kuncinya. Tinggal ketik kata kunci, dan semua judul artikel yang ada muncul di kolom bagian bawahnya. Untuk versi gratisnya, cuman bisa ngelit judul konten aja. Kalo mau berbayar ($29/bulan) mereka bakal nyediain fitur statistik share dari judul tersebut.

2. Grammarly dan Correctica (grammarly.com dan correctica.com)

grammarly-correctica

via searchenginepeople.com

Cocok banget buat web yang suka pake bahasa Inggris buat mengisi kontennya. Gue dulu pernah nyoba nulis pake bahasa Inggris, 2 kali. Habis itu gue stop karna ngerasa diksi dan grammar bahasa Inggris gue masih banyak salah. Gue baru tau ternyata ada web yang bisa nge-cek susunan grammar kita udah bener apa ga. Kalo diliat dari tampilannya, sih, lebih simple Correctica karna mereka langsung bisa diinstall ke browser Chrome. Sementara Grammarly harus kirim email dulu ke mereka, baru kita bisa dapatin hasil koreksi tulisan kita.

3. Copyscape (copyscape.com)

copyscape

via searchenginepeople.com

Salah satu web yang mesti kalian pake kalo lagi bikin tulisan. Soalnya fitur di web ini lumayan banyak. Selain bisa ngecek tulisan kita itu plagiat atau bukan. Web ini juga bisa ngeliat apakah tulisan yang pernah kita publish dipake sama orang lain tanpa seizin kita. Keren, kan!? Untuk make fitur dari web ini, kalian cukup bayar $0,05 untuk setiap kali search. Duitnya bisa ditop-up melalui kartu kredit atau rekening paypal kalian.

4. Giphy Chrome (plugin web)

giphy chrome

Biasanya kalian kalo nyari gambar dimana? Ngecrop video di youtube? Atau asal nyomot dari Google tanpa nyantumin sumber? Kalo bisa jangan. Soalnya itu ga boleh. Sekarang udah banyak kok web yang nyediain foto-foto gratis untuk bisa didownload. Tapi kalo pengen yang lebih berbeda, kalian bisa pake gif untuk ditambahin di tulisan. Salah satu web yang paling banyak dicari untuk stok gambar bergerak adalah giphy. Sebenernya bisa dicari webnya kok, tapi sekarang mereka udah ngembangin plugin buat browser. Cukup install plugin-nya di browser kalian udah bisa nyari-nyari gif lucu, deh.

5. Word Counter (wordcounter.com)

tools wajib buat bikin konten berkualitas

via wordcounter.com

Terakhir rekomendasi web dari gue adalah Word Counter. Fungsinya hampir sama kaya word counter di Microsoft Word. Tapi fiturnya lumayan lengkap untuk web yang gratis. Berguna banget yang males ngetik di Ms. Word dan yang suka nulis langsung di platform blogspot. Di web ini kita bisa ngeliat kata apa aja yang paling banyak keluar dalam tulisan yang udah dibikin. Berguna banget, terutama buat gue yang kadang ga sadar suka ngulang-ngulang kata ga penting.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: