Standup comedy sampai saat ini masih digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Standup comedy mulai menjamur semenjak dikenalkan oleh beberapa komika lokal Indonesia di Youtube. Video mereka sewaktu melakukan openmic menyedot begitu banyak perhatian masyarakat Indonesia.

Openmic sendiri adalah sebuah ajang latian untuk para komika membawakan materi yang sudah mereka siapkan. Jadi kadang di openmic pasti kalian banyak nemuin komika-komika yang ga lucu. Dan itu wajar kalian sebagai penonton ga boleh kecewa. Karna materi yang dibawain komika di openmic ga 100% lucu.

Biasanya openmic diadain di cafe-cafe atau tempat nongkrong anak muda di sekitar kota. Ada beberapa yang indoor ada juga yang outdoor tapi gue yakin sih ga banyak. Openmic di tempat terbuka kaya gitu ga akan efektif buat komika sama penontonnya juga. Trus gimana dong cara memilih tempat yang baik buat openmic? Tips di bawah ini mungkin bisa ngebantu kalian buat nyari tempat openmic.

Indoor/Dalam Ruangan

Unsur pertama yang harus dipenuhi dalam standup comedy adalah openmic/show harus ada dalam ruangan. Pertama agar penontonnya fokus, kedua adalah agar ‘mengurung’ tawa dan suara dari komika bisa terdengar dengan jelas. Hal yang jarang diperhatikan oleh penyelenggara standup comedy, mereka selalu mengambil tempat di luar ruangan. Itu beban tersendiri buat komika yang tampil.

Itulah kenapa openmic selalu diadakan di cafe. Karena cafe biasanya selalu punya tempat indoor untuk pengunjungnya.

Ada Panggung/Ruang Kosong Cukup Luas di dalam cafe

Kalo ada cafe yang menyediakan panggung, biasanya otomatis mereka punya sound system sendiri. Ini bisa jadi nilai tambah cafenya untuk dijadiin venue openmic. Tapi kalo udah nyari tempat dan ga ada cafe yang punya panggung, boleh aja make salah satu sudut cafe itu buat dijadikan ‘panggung’ openmic. Masalah sound system bisa disiasati dengan minjem atau sewa dari tempat lain.

Gratis

Semua penonton harus gratis masuk ke dalam venue openmic. Karna ini cuman latian semua bebas untuk nonton ke dalam cafenya. Kalo kalian pernah nemuin openmic yang berbayar itu hoax,  akal-akalan panitia doang. Openmic ga ada yang bayar. Kecuali kalian masuk cafe dan mesan makanan sendiri. Itu udah pasti bayar. Tapi klo cuman nonton openmic-nya ga perlu bayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: