Buat kalian yang ga bisa nahan diri untuk ga belanja padahal dompet udah tipis mending ga usah liat Tips Berhemat Paling Gampang ini. Gue takut kalian jadi tersiksa. Kasian. Mending liatin akun online shop favorit kalian, ada produk yang baru keluar lagi tuh! Diskon pula!

Di tengah kebutuhan hidup yang harganya udah ga karuan, kita mesti pandai-pandai ngatur keuangan sendiri. Karna salah-salah bisa terjerumus sama rentenir dan kreditan yang ga lunas-lunas. Buat gue ngutang itu adalah pilihan terakhir banget kalo emang udah kepepet. Kalo masih bisa disiasati mending ga usah ngutang. Salah satu cara buat terhindar dari hutang itu ya berhemat.

 

Berhemat adalah cara paling ampuh untuk bisa nahan sifat boros kalo lagi punya uang banyak. Keliatannya punya banyak, tapi sebetulnya itu halusinasi dari hawa nafsu aja. Duit kita ya segitu-gitu aja. Kecuali emang kerjanya siang malam + nyari kerjaan lain di luar kerjaan tetap. Nah itu bisa jadi emang beneran banyak.

Hidup hemat itu sebetulnya ga nyiksa, kok! Yang merasa tersiksa adalah mereka yang emang selalu nurutin hawa nafsu aja. Ga bisa nahan diri untuk ga beli sesuatu. Mereka adalah orang-orang yang kalah dengan hawa nafsunya sendiri.

Jadi buat kalian yang ga bisa nahan diri untuk ga belanja padahal dompet udah tipis mending ga usah liat Tips Berhemat Paling Gampang ini. Gue takut kalian malah jadi tersiksa. Kasian. Mending liatin akun online shop favorit kalian, ada produk yang baru keluar lagi tuh! Diskon pula!

Mari kita mulai!

Tips Berhemat Paling Gampang #1: KENDALIKAN DIRI SENDIRI

Kebanyakan orang boros itu karna ga bisa ngendaliin diri sendiri. Hawa nafsunya diturutin terus. Sesekali kita perlu pake logika kalo mau belanja sesuatu. Kita emang perlu ini atau cuman ingin. Gue akui ngendaliin diri sendiri dari godaan belanja ini sulit. Tapi kalo emang tekadnya pengen hidup hemat, gue rasa kalian bakalan mampu kok ngelawannya.

Tips Berhemat Paling Gampang #2: BEDAIN ANTARA KEPERLUAN DAN KEINGINAN

Terkadang kita beli sesuatu yang sebetulnya ga kita perlukan. Kita cuman beli ya karna pengen beli aja. Sering banget kejadian kaya gitu. Termasuk gue juga, sampe barangnya datang akhirnya nyesel sendiri. Kenapa beli padahal kita ga perlu? Buang-buang duit doang.

Gimana caranya ngebedain mana barang yang kita perlu dan mana yang kita cuman pengen doang? Kalo kalian pengen beli tapi setelah itu kalian mikir guna dan manfaatnya ga ada, berarti hampir 90% pasti itu hawa nafsu kalian aja yang pengen beli. Bukan karena kebutuhan kalian yang bener-bener mendesak.

ngebedain keperluan dan kebutuhan

Atau kalo kalian mau beli barang tapi ternyata kepikiran ada barang di rumah yang fungsinya sama persis kayak barang yang mau dibeli dan kondisinya masih bagus. Nah itu pertanda kalo sebenernya kalian ga butuh-butuh amat sama barang itu. Mending ditunda dulu belinya.

Tips Berhemat Paling Gampang #3: HAPUS APLIKASI BELANJA ONLINE DI HANDPHONE

Gue yakin hampir semua yang baca tulisan ini punya aplikasi belanja online di hp nya. Kalo emang mau hidup berhemat, minimal matiin notifikasi promo dari aplikasi itu. Kalo emang masih tergoda juga buat ngebuka, yaudah satu-satunya cara adalah uninstall aplikasinya.

Tips Berhemat Paling Gampang #4: CARI GRATISAN!

Jadilah orang yang oportunis. Nyari gratisan bukan sesuatu yang hina kok. Kalo emang ada kesempatan buatt bisa dapet yang gratisan kenapa ga? Makan gratis, baju gratis, ya apapun yang masih bagus dan dikasih gratis kenapa ga diambil? Sayang banget kan? Kata orang ga boleh nolak rezeki di depan mata.

Tips Berhemat Paling Gampang #5: TENTUKAN BATAS PENGELUARAN PER BULAN!

Coba deh hitung-hitung pengeluaran per bulan kalian berapa. Dirinci apa aja pengeluaran tetap selama ini, dari makan, bayar listrik, telpon, air PDAM sampe ke belanja bulanan. Pos-pos mana aja yang bisa kalian tekan pengeluarannya untuk bisa berhemat. Kalo perlu ganti semua lampu di rumah dengan lampu yang hemat energi, biar hemat bayar listrik atau pulsa listrik kalian ga boros.

Kalo udah bisa diteken, batasi pengeluaran per bulannya. Disesuaikan sama gaji/uang bulanan yang kalian dapat selama ini. Semain banyak kalian berhemat, semakin banyak uang tabungan yang bakal kalian kumpulkan. Dan semoga selangkah lebih cepat untuk bisa mencapai impian kalian. Aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

%d bloggers like this: