Meskipun sekarang udah tahun 2018, tapi gue rasa masih banyak yang bingung gimana caranya kalo pengen belanja online yang aman dan terpercaya. Secara sekarang marak banget berita penipuan online kayak gitu, kan?

Kalo kayak kita anak-anak muda, pasti udah ga asing lagi sama kegiatan belanja online ini. Minimal udah taulah resiko dan cara menghindari biar ga ditipu sama penjual online yang nakal. Yang kasian ini para orang tua kita yang masih gagap teknologi, tapi pengen juga ngerasain sensasi belanja online.

Ada baiknya tau dulu tips-tips aman belanja online itu kayak gimana. Biar terhindar dari modus penipuan belanja online yang lagi sering terjadi. Disimak ya!

Pakai Perantara

Gunakan marketplace atau e-commerce yang sudah terbukti kualitas pelayanannya. Di Indonesia sendiri udah banyak bermunculan marketplace yang bagus. Gue biasanya belanja di tokopedia atau shopee. Bebas di toko online mana aja, yang penting ga langsung transaksi sama penjualnya.

Banyaknya penipuan sekarang itu, karena buyer-nya transaksi langsung sama seller. Ketika duit udah ditransfer dan barang belum dikirim, kita ketipu, deh! Pakai perantara kayak gini, memungkinkan kita ga ditipu karena uang buyer “ditahan” dulu sama marketplace-nya sebelum barang nyampe di tempat kita.

Meskipun begitu, peluang kita tertipu masih tetap ada. Jadi kita mesti selalu waspada sama hal-hal ganjil yang dilakuin sama seller.

Gunakan Fitur Gold Merchant/Gold Seller & Sejenisnya

Kalo udah milih marketplace mana yang pengen dijadiin tempat belanja, sekarang saatnya pilih seller. Ga mungkin 1 barang yang jual cuman 1 seller aja, kan? Untuk itu kita mesti jeli milih penjual mana yang bener-bener menjanjikan dan aman untuk transaksi kita.

Kita bisa make fitur “Gold Merchant” di tokopedia untuk memfilter penjual yang emang serius berdagang. Karena fitur ini berbayar dan memerlukan persyaratan verifikasi yang lebih detail daripada fitur penjual biasa. Jadi kalo dia nipu, kita bisa laporin langsung ke CS Tokopedianya.

Nah di marketplace lain gue rasa pasti ada juga fitur sejenis. Pake aja, biar transaksi belanja online kita lebih aman dan terpercaya. Bukan berarti yang ga pake fitur ini orangnya ga niat jualan, tapi paling ga meminimalisir potensi penipuan belanja online.

Lihat Keaktifan Penjual

Di setiap toko online selalu ada tanda “aktif terakhir” si penjual. Dari sana kita bisa tau apakah si penjual emang masih aktif berjualan di situ atau jangan-jangan toko online-nya udah tutup. Kalo jualannya sering di update ada kemungkinan si penjual emang masih membuka toko di sana.

Lihat Testimoni Buyer Yang Pernah Beli

Tiap marketplace punya fitur testimoni buat buyer yang udah pernah beli di toko tersebut. Biasanya fitur ini aktif kalo emang barang dari seller udah nyampe di buyer. Kalo banyak komen positifnya barti toko online-nya emang terpercaya dan aman. Sebaliknya, kalo banyak komen negatifnya, kalian bisa mengganti pilihan ke seller lain yang lebih baik.

Belanja di Toko Resmi

Fitur terakhir yang bisa kalian manfaatkan adalah “official store” atau toko resmi. Mungkin di antara kalian lagi nyari brand/merk tertentu yang udah terkenal, bisa jadi di salah satu marketplace yang ada itu, mereka buka toko resminya.

Itu udah jaminan mutu karena memang brand itu sendiri yang buka toko di sana. Gue bisa jamin keamanannya lebih baik daripada belanja di seller yang bukan toko resmi dengan harga yang lebih murah. Lebih mahal dikit ga masalah, yang penting barangnya sesuai sama keinginan kalian dan transaksi aman.

* * *

Semoga tips aman belanja online tadi bermanfaat buat kita, ya! Dan kasih tau juga sama orang-orang tersayang di sekitar kalian yang pengen aman belanja online untuk baca tips amannya di sini. Bookmarka blog ini karna akan selalu ada update terbaru seputar teknologi yang pastinya bakal sayang untuk kalian lewatkan. Kunjungin terus blog tekno favoritmu karna cuman di sini info tekno terfavoritmu bisa kalian dapat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

%d bloggers like this: