Semua wanita normal umumnya akan mengalami menstruasi yang terjadi selama 12 sampai 13 kali dalam kurun waktu satu tahun. Biasanya siklus perhitungan menstruasi dapat dikatakan normal jika terjadi antara 26 sampai 28 hari dan pada wanita yang mengalami kondisi menstruasi tidak lancar atau siklusnya tidak teratur, maka dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memiliki pola hidup teratur agar lancar datang bulan dan kondisi rahim Anda selalu dalam keadaan sehat.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak normal, seperti 5 kebiasaan di bawah ini yang menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur dan harus Anda hindari agar datang bulan bisa lancar, antara lain:

 

  1. Wanita yang memiliki kebiasaan olahraga terlalu berat biasanya akan memiliki masa menstruasi yang berlangsung singkat atau bahkan berhenti secara tiba-tiba.
  2. Anda sebaiknya juga menjauhi semua jenis minuman beralkohol karena dapat menjadi penyebab siklus menstruasi menjadi tidak teratur.
  3. Selain berdampak buruk untuk kesehatan, wanita yang memiliki pola tidur tidak teratur atau kurang tidur sangat rentan mengalami siklus haid tidak normal.
  4. Wanita yang sedang menjalankan program diet ketat atau diet berkepanjangan dapat mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak teratur.
  5. Dan kebiasaan terakhir yang dapat menyebabkan menstruasi tidak normal adalah wanita yang mengalami gangguan makan atau kurang nafsu makan sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi serta gizi seimbang.

 

Selain dapat menyebabkan gangguan menstruasi, 5 kebiasaan di atas juga akan berpengaruh buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda selalu mengontrol semua asupan makanan maupun kegiatan dan pola hidup dengan baik agar dapat memiliki masa menstruasi yang normal.

Akan tetapi, jika kondisinya siklus menstruasi Anda selama ini tidak teratur dan tidak dapat menjalankan pola hidup yang baik karena padatnya jadwal aktifitas, maka akan lebih baik segera lakukan konsultasi ke dokter untuk menghindari terjadinya gangguan menstruasi tersebut yang dapat menjadi penyebab utama munculnya penyakit lain dan bisa membahayakan kondisi kesehatan Anda saat ini maupun di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: