apabanget.my.id – Buat kalian yang masih berstatus mahasiswa, gue saranin pake tehnik ini biar cepet menguasai bahasa asing. Bukan apa-apa, hari gini cuman bisa bahasa Indonesia sama bahasa daerah doang kayanya sayang banget. Soalnya di dunia kerja, kemampuan pencari kerja yang dibutuhkan minimal udah bisa bahasa inggris. Ya walaupun kemampuan bahasa inggrisnya ga akan selalu dipake.

Ada baiknya dari kecil udah diajarin berbagai macam bahasa. Kalo udah gede dia tinggal ngelancarin dikit-dikit. Itulah kenapa banyak video-video balita di instagram yang udah diajakin ngomong bahasa Inggris sama ortunya. Walaupun kesannya pamer punya anak yang bisa bahasa Inggris, tapi ini salah satu tehnik biar anak cepet menguasai bahasa asing. Karna walaupun masih balita tetep bisa belajar dengan cara mereka sendiri.

Ga ada kata terlambat untuk belajar. Walaupun Cinta sering datang telat ke sekolahnya waktu SMA, sekarang dia udah punya gelar S2. Paras memesona, idaman semua wanita. Bergelar S2 pula. Lelaki pun jatuh hati padanya. Lah ini apaan sih!?

Makin banyak ngerti bahasa, kita makin tau bahwa di luar sana ada berbagai macam budaya yang bisa kita pelajari. Tapi karna tiap bahasa punya tingkat kesulitan yang berbeda-beda, kita jadi males buat bener-bener ngerti. Bener ga? Gue akan coba bantu kasih tehnik yang bisa bikin kita cepet menguasasi bahasa asing.

1. Buat Kesalahan

teknik cepat menguasai bahasa asing

Ada yang bilang harus bikin 200 kesalahan tiap hari untuk mempelajari sesuatu yang baru. Ga usah diitung beneran sampe 200. Itu bahasa kiasan doang. Dan ga perlu juga ngelakuin kesalahan yang ga perlu biar ngegenapi jadi 200. Kuncinya adalah sifat perfeksionis yang ada dalam diri kalian saat belajar.

Daripada ngeluh karna salah melulu, mending langsung dibenerin aja. Ga perlu buang waktu mengeluhkan kesalahan. Buanglah waktu untuk menguasai kosakata baru setiap hari. Biar jangkauan bahasa yang kita pelajari makin luas. Kalo udah menguasai hal-hal dasar merebut mantan yang ada, minimal lu udah bisa mengatakan 1 kalimat dengan lancar. I love you, misalnya. Atau Wo ai ni.

2. Pelajari Hal Baru Tiap Hari

teknik cepat menguasai bahasa asing

Belajar sesuatu yang baru itu emang rumit. Kaya pertama kali tau soal cinta. Kalo lu telat, calon lu bisa diambil orang. Kalo lu kecepetan, calon lu yang bisa kabur. Belajar bahasa asing juga gitu. Ga perlu memaksakan diri untuk bisa cepet menguasai. Kalo kata orang Uganda, slowly but sure.

Biar cepet, lu bisa bikin poin-poin apa aja yang akan dipelajari dan baca sesuatu entah koran, majalah, cerita seru terserah yang penting ada hubungannya sama bahasa yang dipelajari. Akan lebih baik kalo lu baca sesuatu yang ditulis pake bahasa asli dari sananya. Misalnya kalo lu belajar bahasa Inggris, baca literatur, buku, liputan yang make bahasa Inggris asli. Iya yang asli. Yang selama ini kita pelajari itu cuman level bawah. Ternyata bahasa Inggris yang native itu lebih banyak kosakata yang belum kita tau. Baca aja The Huftington Post, The Verge, atau National Geographic.

3. Kelilingi Diri Lu Dengan Bahasa Yang Lu Pelajari

teknik cepat menguasai bahasa asing

Gue rasa ini tehnik paling efektif sih. Soalnya kita bisa belajar tanpa harus merasa terbebani. Yang paling gampang ya dengerin lagu yang pake bahasa yang lu pelajari. Dulu gue pernah pengen belajar bahasa Rusia gara-gara dengerin lagu T.A.T.U. Tapi itu sebatas niat doang hahaha.

Coba buka website Linguistica untuk baca berita dari luar negeri. Di sana ada berita berbahasa Perancis, Italia, Spanyol yang bisa dibaca untuk kalangan yang menguasai bahasa itu. Tenang aja bahasanya udah dibuat biar orang dari berbagai level penguasaan bahasa bisa ngerti.

Dengerin radio, berita, omelan pacar pake bahasa yang lu pelajari juga ngebantu untuk bisa cepet ngerti. Yang paling penting adalah bisa nambah kosakata. Ini ngebantu banget ketika lu ketemu sama orang asli sana dan ngobrol sama mereka. Jadi ga sekadar “yes no yes no” lagi.

4. Nonton Kartun

teknik cepat menguasai bahasa asing

Cara menyenangkan lainnya untuk cepet menguasai bahasa baru adalah ini. Nonton apa aja kartun favoritmu, asal bukan hentai, tapi dalam bahasa yang kamu pelajari. Selain belajar, sekalian bisa nyari hiburan juga kan.

Kalo mau nyari kartun yang baru, lu juga bisa nyari di website resminya Disney. Disana mereka punya berbagai macam kartun yang bisa ditonton dengan bahasa yang beragam. Tapi saran gue sih mending nonton kartun yang udah lu ngerti jalan ceritanya aja dulu.

5. Baca Cerita Lucu

Tteknik cepat menguasai bahasa asing

Nah kalo tehnik ini agak tricky kalo menurut gue. Soalnya susah-susah gampang buat ngerti jokes luar negeri. Kadang ada yang berhubungan sama kebudayaan mereka, ada yang sederhana tapi karna di Indonesia ga ada yang begitu jadi kadang bingung sendiri. Contohnya kaya gini:

A Roman walks into a bar, holds up two fingers, and says “Five beers, please”

Ini buat gue dan mereka yang tau lucu banget. Tapi buat yang ngerti dan ga tau, pasti bingung maksud jokesnya apaan.

Itu yang gue maksudkan bahwa ngerti jokes luar negeri itu gampang-gampang susah. Sama kaya jokes Indonesia yang juga bakal sulit dimengerti sama orang luar karna ga tau kebudayaan kita kaya gimana. Bisa dibilang sih memahami jokes luar negeri itu salah satu tes kemampuan berbahasa yang sulit. Tapi kalo udah ngerti bahasa dan ngerti maksud jokesnya, lu bisa bikin jokes luar negeri versi lu sendiri.

Belajar bahasa itu mestinya menyenangkan. Kaya belajar mencintai seseorang. Kita mesti ngerti kebiasaan dia, kelakuan dia dan kekurangan dia. Emang ga mudah, tapi bukan berarti harus memaksakan diri untuk mengerti dalam waktu singkat. Pelan-pelan latih lidahmu, lama-lama kamu bisa cepet ngerti.

4 thoughts on “Tehnik Cepat Menguasai Bahasa Asing

  1. Nuka says:

    Mantap tipsnya. OIya, kalo boleh nambahin, dengan dengar lagu juga bisa bikin lebih cepet ngerti bahasa asing. Soalnya, kalo kita seneng sama satu lagu, kita bakal nyari artinya, dan secara ngga langsung bisa paham sedikit sedikit.

    Ini terbukti 😀

    1. Radhian says:

      Terimakasih tambahan tipsnya. Iya bener kadang-kadang juga suka ngelakuin hal itu juga. Jadi dapat kosakata baru

  2. Paling ampuh tetep baca buku bahasa asing dan dengerin lagunya. Udah. Kalo udah naikan dikit tingkatnya baru nonton film tanpa subtitle.

    1. Radhian says:

      Buku bahasa asing bisa juga, sih. Tapi ga semua orang suka baca buku. Apalagi harus ngartiin lagi habis ngebacanya hehe

      Nah nonton film tanpa subtitle kurang lebih kaya nonton kartun juga sih.. tapi kalo film kan rada panjang, takut bosen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

%d bloggers like this: