Press "Enter" to skip to content

Tips Belanja Online Ini Ga Bikin Kalian Deg-Degan Lagi

Sewaktu beli iphone 7 lewat situs online dulu, banyak banget komentar temen-temen gue yang keheranan. Mereka bilang kok gue berani banget beli barang elektronik online kaya gitu. Harganya juga ga kira-kira. Kalo ketipu gimana? Bla-bla-bla semacamnya lah.

Sebenernya gue juga rada was-was waktu pertama kali mutusin beli iphone dari situs belanja online gitu. Rasa takut ketipu, takut barangnya dibilang ori datangnya bekas. Macam-macamlah pokoknya.

Gue sendiri perlu waktu 2 minggu sebelum bener-bener mutusin untuk beli iphone secara online. Perlu waktu segitu panjang karna harus nentuin pake toko online mana, seller yang mana, dan yang paling penting harganya.

Kenapa ga beli di toko yang ada di sini aja? Karna harganya jauh lebih murah dari online. Trus gimana caranya gue bisa beli iphone 7 yang asli tanpa takut ketipu sama penjualnya? Mungkin beberapa tips ini bisa ngebantu kalian untuk ga was-was lagi kalo mau belanja online, terutama barang elektronik.

Pilih Situs Belanja Online Yang Terpercaya

Selama ini, gue jarang banget belanja online kalo ga pake situs perantara. Soalnya kasus penipuan online itu kebanyakan terjadi karna penjual sama pembelinya ga pake situs belanja online dulu. Alias langsung transaksi sama orangnya.

Kalo sama situs belanja online, transaksi kita lebih terjamin keamanannya jadi ga gampang was-was ketipu. Menurut gue sih semua situs belanja online semuanya aman kok, entah itu Tokopedia, Bukalapak, Shopee MatahariMall atau yang lain. Yang penting harus pinter milih penjual.

Perhatikan Rentang Harga Barang Yang Akan Kalian Beli

Kalo udah ketemu situs mana yang pengen dijadiin tempat belanja, sekarang kita lanjut ke tips berikutnya. Sebelum nentuin penjualnya pastikan harga terendah sampai yang tertingginya. Kalo ada yang murahnya kebangetan, itu patut dicurigain. Harga yang lebih mahal, belum tentu ngejamin barang itu bukan barang palsu.

Riset harga ini perlu beberapa hari. Biar tau betul-betul mana yang penjual yang beneran jual atau nipu. Perhatikan juga diskonnya. Kalo udah mulai ga masuk akal mending ga usah dimasukin ke dalam list penjual yang bakal lu beli barangnya.

Pilih Lapak Penjual Yang Paling Lengkap dan “Niat”

Oke kalo udah masuk ke no. 3 pastikan kalian udah punya longlist nama lapak penjual yang bakal kalian survey.  Harap sabar karna bakal lebih sulit lagi nentuin penjual mana aja yang akan masuk longlist. Pertama udah jelas liat kelengkapan lapak penjualnya. Dia ngejual barang yang sejenis atau campur-campur? Usahakan cari penjual yang jual barang-barang sejenis aja.

Deskripsi penjualnya juga dicek. Apa mereka punya kontak yang bisa dihubungin selain daripada di toko online itu? Ada akun sosmednya apa ga? Lebih lengkap lagi kalo bisa yang punya situs sendiri. Kalo ada fitur “gold merchant”(Tokopedia) atau apalah yang nunjukkin dia itu penjual yang terverifikasi masukin ke dalam shortlist kalian aja. Udah pasti terjamin data-data penjualnya.

Produk Terjual dan Testimoni Yang Beragam

Kalo udah dapet shortlist penjualnya PR kita dikit lagi kelar. Tinggal ngeliat berapa banyal produk terjual untuk lapak-lapak tersebut. Semakin banyak artinya semakin terpercaya. Tapi liat juga testimoni dari yang udah pernah beli di sana gimana. Apakah barangnya bagus, atau kualitasnya jelek atau apa.

Semakin beragam testinya semakin menarik. Karna ga mungkin semua pembeli bisa terpuaskan sama layanan mereka. Intinya sih mereka ga nipu aja udah cukup. Masalah kualitas barang mungkin bisa jadi pembeli ga teliti baca deskripsi produknya atau gimana.

Cari Toko Resmi

Cara terakhir kalo kalian masih ga percaya juga adalah cari toko resminya langsung. Di situs kaya Tokopedia udah ada beberapa toko resmi (official store) yang buka. Setau gue di Matahari Mall juga ada deh. Kalian bisa cek aja di sana. Sekalian belanja produk ori. Kalo toko resmi gitu udah pasti terjamin keasliannya. Ga bakal ketipu lagi kalian.* *

Tips-tips di atas ga mesti mutlak dilakuin sama kalian, kok. Tips tadi berlaku buat yang pertama kali mau beli barang online. Kalo yang udah pengalaman mungkin bisa share pengalaman kalian di kolom komentar juga ya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: