apabanget.my.id – hidup penuh liku-liku. Ada suka ada duka. Kadang kita dikasih bahagia, kadang dikasih kesedihan. Roda itu berputar, Ga. Kita harus siap mental karna hidup itu keras. Kalo ga keras, ga nikmat. Eh gimana?

Terkadang kita tu ngerasa apa yang  dilakuin dalam hidup ini udah bener. Tapi kenapa masih ada aja yang bikin galau? Mungkin karna kita masih ngerasa kurang bersyukur. Atau bisa jadi ada kesalahan yang belum termaafkan oleh orang lain. Ada baiknya segera minta maaf, sama siapapun biar rezeki dan berkah kita ga terhalang.

Beberapa poin di bawah ini bisa jadi bahan renungan buat kita agar lebih bijak dalam bertindak dalam hidup. Buset bahasa gue gini amat, ya! Sok bijak banget. Yang ada mah ini sok bijik, hahaha

1.  Ga Nasehatin Orang Lain Kecuali Kalo Dia Yang Minta

hal yang seharusnya ga kamu lakuin dalam hidup

Kalo lu adalah orang yang bisa jadi pendengar yang baik, pasti sering kali lu jadi tempat curhat temen-temen yang lain, kan? Dan biasanya reflek buat ngasih saran ke dia. Mulai sekarang bijak-bijaklah ngasih saran.

Karna biasanya orang yang curhat itu cuman perlu didengerin. Kita harus jadi pendengar yang baik buat dia. Pendengar yang baik ga mesti ngasih saran. Malah jatohnya lebih enak. Hidup kita jadi lebih bijak karna dengerin masalah orang lain. Kita bisa bersyukur sama hidup yang dijalani sekarang.

2. Ninggalin Orang Tua

Baper banget sih kalo ngomongin orang tua gini. Kalian pasti juga, deh. Apalagi yang dapat kerja di luar kota, luar daerah bahkan luar negeri. Sedih karna jauh dari orang tua. Dilema. Satu sisi kita ga pengen ninggalin orang tua. Tapi di sisi lain kita mesti mewujudkan mimpi.

Satu alasan yang bisa bikin kita ga ninggalin orang tua adalah karna mereka ga ninggalin kita sewaktu kecil. Bener ga? Mereka yang selalu bikin kita bahagia, tertawa. Rela ngelakuin apa aja asal anaknya ga nangis. Orang tua sampe harus kerja keras siang malam biar kita ga ngerasa kesusahan kaya mereka dulu.

3. Curhatin Masa Lalu Sama Semua Orang

Ada yang ngerasa kalo dia ceritain masalahnya atau masa lalu hidupnya ke semua orang dia bakal dibantuin. Kalo dulu mungkin iya. Masih banyak orang baik yang mau bantuin. Sekarang bukan berarti ga ada orang baik, tapi bisa dicurigain balik sama yang punya masalah. Ntar dikira ada maunya. Manusia zaman sekarang, kan, parnoan.

Serba salah. Apalagi kalo curhat di media sosial. Pasti ada oknum yang mencoba memanfaatkan situasi kalian. Ceritain masalah ke orang yang emang bener-bener bisa nyimpen rahasia. Bukan yang sekadar pura-pura baik tapi di belakang malah nyebar-nyebar aib orang.

4. Kelamaan Internetan

hal yang seharusnya ga kamu lakuin dalam hidup

Ini kekinian banget sih dalam hidup manusia zaman modern. Semua orang udah ga bisa lepas lagi sama yang namanya sosial media. Mulai dari sekadar nonton video di youtube, sampe bikin konten di blog. Hidup kita ga bisa lepas dari internet.

Kita punya hidup di dunia nyata. Yang kita liat di dunia maya itu hanya yang bisa kita liat. Orang-orang hanya membagikan kebahagiaan mereka. Bersyukur tapi pamer alias riya’, terkadang malah emang sengaja nyombong buat nunjukkin dia emang orang berada. Tapi kan kita ga tau apa yang mereka “tinggalkan” di belakang postingan itu. Pada akhirnya malah kita sendiri yang iri dan dengki ngeliat postingan mereka. Jadinya malah ga bagus kan?

5. Melamun

Ini udah jelas banget. Kalo kebanyakan melamun ntar jadinya ga produktif. Kalo kata orang zaman dulu “kebanyakan ngelamun ntar diikutin setan”. Makanya kalo bisa cari kegiatan yang bermanfaat kalo lagi senggang. Biar ga melamun mulu kerjaannya. Karna melamun bikin hidup kita jadi ketinggalan beberapa langkah dari orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

%d bloggers like this: