Ketika kamu mutusin untuk bangun rumah modern, ada beberapa hal yang harus kamu perhatiin dan rencanakan. Proses pembangunan yang cukup rumit untuk ngewujudin rumah modern yang sesuai sama impianmu tentu bakal merluin jasa dan tenaga dari sang ahli atau professional di bidang konstruksi. Ada baiknya sebelum kamu memutuskan pihak dan siapa saja yang bakal terlibat dalam pembangunan rumah baru, kenali lebih dulu semua pihak yang akan membantu kamu menerjemahkan rumah modern impianmu.

Kalo ga pengen beli rumah, kamu bisa untuk bangun sendiri rumah modern impianmu. Hal ini bisa bikin kamu semangat untuk ngegambar rumah modern yang kamu impikan. Untuk memudahkanmu ngedapatin rumah modern tadi, perlu kamu perhatikan beberapa pihak yang mungkin bakal terlibat dalam proses pembangunan rumah modern. Pahami tugas dari masing – masing pihak tersebut.

Arsitek

Sebelum mulai untuk membangun rumah modern impianmu, kamu harus nerjemahin gambaran dan desain rumah modernmu dulu. Kamu bisa makai jasa arsitek untuk menerjemahkannya ke dalam bentuk gambar dan rancangan yang matang. Arsitek rumah bakal bantu kamu ngebuatin perencanaan dan gambaran kerja yang bakal dipake oleh kontraktor dan pekerja bangunan sebagai pedoman waktu ngebangun rumah .

Gambar – gambar yang bakal dikerjakan sama arsitek rumah misalnya desain denah rumah, tampilan rumah, potongan, detail, rancangan atap, rencana pondasi, rencana kusen sampe rencana saluran listrik dan air. Pilih arsitek rumah yang udah berpengalaman di bidangnya dan punya karya yang tepat, bukan cuma sekadar arsitek yang bisa buat dan bikin desain rumah.

Sayangnya kebutuhan masyarakat untuk jasa arsitek untuk membangun rumah belum diterima dengan baik. Pemilik rumah lebih memilih untuk menyerahkannya sama pihak kontraktor, tujuannya untuk menghemat biaya pengeluaran.

Kontraktor

Kontraktor adalah pihak yang terlibat untuk nerjemahin desain perencanaan yang udah dibikin sama arsitek jadi bangunan yang nyata. Ga cuman bentuk bangunan aja, tapi kontraktor juga harus nyiapin bahan serta material bangunan yang diperlukan untuk mewujudkan desain rumah yang dibikin sama arsitek. Selain itu kontraktor juga bakal ngerencanain waktu pengerjaan bangunan, metode pembayaran, biaya pembangunan sampe tata cara merawatnya kalo rumah modern udah jadi.

Selain tugas – tugas tadi, peran kontraktor waktu pembangunan adalah mengawasi pembelian material bangunan. Kontraktor juga mengawasi berjalannya proses pembangunan rumah modern supaya ga ada kesalahan dan ketidaksesuaian antara desain dan fisik rumah. Meskipun udah ditangani sama kontraktor kamu tetap harus ikut ngawasin dan ngeliat kinerja para pekerja bangunan. Kamu bisa rutin datang satu kali seminggu untuk mastiin kinerja dan proses pembangunan berjalan lancar.

Mandor

Mandor itu kepala tukang yang membawahi para pekerja bangunan yang membangun rumah modern impianmu. Seorang mandor harus punya pengetahuan teknis dalam bidang tertentu khususnya untuk membaca gambar kontruksi yang diberikan oleh kontraktor dan membedakan kualitas bahan dan material bangunan. Peran utama mandor mengawasi pekerjaan tenaga kerja bawahannya, tapi mandor juga senior yang cukup ahli di bidangnya jadi bisa ngasih contoh pengerjaan sama pekerja bangunan lainnya.

Kalo pake jasa kontraktor kamu ga perlu nyari mandor sama tukang atau pekerja bangunan. Biasanya kontraktor rumah udah punya referensi mandor yang tepat buat merealisasikan rumah modern impianmu. Tapi kalo kamu mutusin untuk ngawasin langsung para pekerja, kamu mesti bisa milih sendiri mandor beserta tim lainnya. Selain hal – hal tadi, biasanya mandor juga jadi tempat penitipan upah untuk tukang secara keseluruhan.

Tukang

Tukang itu pekerja bangunan yang secara langsung ngerjain proses pembangunan rumah modern impianmu. Buat ngerjain proyek pembangunan rumah, tukang bisa dibedain berdasarkan skillnya. Kaya tukang gali yang punya tugas ngebuat lubang tanah yang dipake buat pondasi. Tukang batu tugasnya masang batu bata, ngecor dan tugas lainnya yang ada hubungannya sama pasir, semen, dan batu. Selain mereka ada juga tukang besi, tukang listrik, dan tukang cat.

Desainer Interior

Kalo ga pinter ngedekor ruangan atau ga punya banyak waktu mikirin desain dan dekorasi rumah modern yang dibangun, kamu bisa pake jasa desainer interior buat ngebantu. Desainer interior bakal bantu kamu ngerancang dan menata interior rumah dengan perencanaan yang matang dari konsep, material, dan juga waktu pengerjaan. Desainer interior rumah dijual di Semarang bisa nerjemahin keinginan desain rumah modern yang kamu impikan. Biasanya desainer interior bakal kerjasama dengan arsitek rumah. Tapi ga nutup kemungkinan buat kamu nyewa jasanya kalo bangunan udah selesai.

Sekarang kamu udah tau berbagai pihak yang harus terlibat dalam proses pembangunan rumah modern idamanmu. Jadi kamu bisa mulai proses pembangunan dengan lebih efektif, efisien dan lebih detail. Kamu ga bakal mengeluh lagi sama hasil yang bakal diterima kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

%d bloggers like this: