Zaman sekarang beli rumah atau nyari rumah murah di Bandung itu ga gampang. Walopun kalian nemu pertanyaannya apa kalian mampu bayar tunai ? Nilai jual rumah sama properti itu sekarang makin lama makin naik dari tahun – ke tahun. Ini jadi alasan kuat kenapa beli rumah tunai jadi sulit banget. Masalah kaya gini bikin bank dan lembaga keuangan ngasih penawaran berupa program KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Sampe sekarang beli rumah pake KPR lumayan banyak diminati sama penawaran yang menggiurkan juga.

Waktu kalian ngajuin diri buat beli rumah pake sistem KPR, biaya yang mesti kalian siapin cukup uang muka cicilan rumahnya aja. Dan untungnya lagi sekarang jumlah DP buat punya rumah murah di Bandung itu udah ga semahal dulu dan udah jauh menurut jadi sekitar kurang dari 20 %. Tapi dengan beli rumah DP kurang dari 20 % nilai jual rumah, udah jadi strategi yang baik buat kondisi finansial kalian ? Apa bener akan bikin kalian ngerasa untung dan ga jadi beban ke depannya? Mending baca  dulu ulasan gue berikut ini.

Apa Alasan Milih DP Kurang Dari 20 % ?

DP kurang dari 20% itu jumlah yang rendah banget untuk uang muka. Biasanya hal kaya gini dijadiin gimick sama developer dan pengembang rumah murah di Bandung buat masarin produk baru mereka. Tapi, meskipun nilai DP-nya rendah, rumah yang bakal kalian beli ga bisa langsung ditinggali. Karna pembangunannya perlu waktu lebih dari 1 tahun bahkan bisa sampai 2 tahun.

Kesempatan kaya gini umumnya dimanfaatin sama masyarakat yang perlu rumah yang nilai jualnya murah. Inilah alasan kenapa penawaran DP rendah sering dipilih sama masyarakat umum.

Apa Kerugian Milih DP Kurang Dari 20% ?

Ternyata dibalik pernyataan DP  murah, ada kekurangan dan kelemahan yang bisa kalian jadiin bahan pertimbangan sebelum beli rumah dengan uang muka dibawah 20 %.

Biaya Administrasi Lebih Tinggi

Waktu kalian beli rumah dengan uang muka dibawah 20 %, nominal pinjaman yang bakal diajuin ke bank atau lembaga keuangan bakal gede. Angka pinjaman bisa mempengaruhi nilai biaya administrasi yang mesti kalian keluarkan. Biaya administrasi ini bakal dihitung dari jumlah pinjaman yang kalian ajuin ke bank.

Misalnya kalian beli rumah Rp. 400 juta DP-nya 20 %. Berarti sisa uang yang bakal kalian pinjam ke bank senilai Rp. 320 juta. Anggap biaya administrasi yang mesti kalian bayar senilai 10 % dari pinjaman yang diajuin. Kalo kaya gini berarti kalian mesti nyetroin uang senilai Rp.32 juta cuman buat bayar biaya administrasi. Keadaan ini bisa kebalik kalo kalian bayar DP atau uang muka yang lebih gede.

Makanya kalo kalian punya uang lebih, mending gausah bayar 20 % DP-nya, gedein DP-nya biar cicilan atau biaya administrasi jadi lebih ringan.

Biaya Rumah Lebih Mahal

Cicilan rumah berbiaya administrasi yang tinggi karna milih uang muka kurang dari 20% emang lebih ringan. Tapi itu kalo kalian tenor dalam jangka panjang. Semakin lama tenor yang kalian pilih, bakal semakin mahal juga nilai jual rumah yang kalian beli.

Tertundanya Kepemilikan Rumah

Bank bakal ngasih seritfikat rumah kalian kalo seluruh cicilan udah lunas. Ini salah satu kekurangan yang mesti kalian hadapi kalo milih beli rumah dengan program KPR yang punya DP atau uang muka rendah. Kalo pinjaman yang kalian ajuin ke bank lebih gede maka waktu buat ngelunasinnya pun jadi makin lama. Tentu aja ini bakal bikin waktu kepemilikan rumah kalian makin lama.

Banyak masyarakat mungkin bakal ngasih saran buat beli rumah dengan cara ngikut program KPR yang punya uang muka rendah kurang dari 20 %. Tapi apapun pilihan kalian, semuanya balik lagi sama kebutuhan dan kondisi keuangan kalian sekarang. Sebelum milih pastikan ngebandingin dan cari variasi pilihan pinjaman yang sesuai sama kebutuhan dan kemampuan. Jangan sampai maksain dan nyiksa diri cuman buat punya rumah. Usahain buat bayar DP dengan jumlah semaksimal mungkin sesuai sama kemampuan finansial kalian.

Gue harap ulasan informasi ini bisa ngasih gambaran dan ngasih pertimbangan yang cukup buat kalian dalam ngambil keputusan buat beli rumah atau punya rumah murah di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: