Kalian pernah dengan produk kertas namanya PaperOneTM?  PaperOneTM itu produk unggulan dan diproduksi asli dari Indonesia, lho! Udah terkenal di hampir penjuru dunia. PaperOneTM merupakan produk unggulan yang dipunyain sama anak perusahaan salah satu produsen pulp dan kertas terkemuka di Indonesia, yang juga memasok pulp ke berbagai macam industri. Produk ini sendiri diproduksi dan dikelola oleh perusahaan bernama PT. Riau Andalan Pulp and Paper atau biasa dikenal dengan singkat PT RAPP.

Pabrik produk kertas milik PT. Riau Andalan Pulp and Paper ini berlokasi di Provinsi Riau (yaiyalah dimana lagi?). Selain itu, mereka juga merupakan perusahaan atau industri besar yang memproduksi Pulp (bubur kertas) dan paper (kertas) dan juga perusahaan terpopuler di Indonesia ini adalah perusahaan terbesar di Asia Pasifik.

Ga cuman di Indonesia, perusahaan kertas ini juga menempati posisi kedua terbesar di dunia. Produk PT. Riau Andalan Pulp and Paper udah diekspor ke lebih dari 70 Negara baik benua Asia, Eropa, dan Amerika. Negara di Asia diantaranya Singapura, Tiongkok, India, Jepang, Korea, Australia. Negara Eropa kayak Rusia, Turki. Beberapa kawasan di Amerika, yaitu: USA, Mexico, Brazilia, dan beberapa negara lainnya termasuk kawasan Asia Pasifik dan Asia Timur.

PT. Riau Andalan Pulp and Paper sendiri didirikan sejak tahun 1993 di desa Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Dan istimewanya 100 persen produk dari perusahaan ini mulai dari bahan baku sampe produksinya dikerjain di Indonesia.

Ada tiga jenis produk PaperOneTM yang dipasarin, yaitu: Paper One Copier, Paper One All Purpose, dan Paper One Digital. Dengan ukuran bervariasi A4, A3, F4, Q4, dan B5 dan dengan gramasi 80 gsm (all purpose paper) dan 70 gsm (copier paper). Selain produksi kertas, RAPP juga ngehasilin pulp atau bubur kertas yang produksinya mencapai 2,8 juta ton per tahun. Dari jumlah produksi yang gede tadi, ngejadiin RAPP sebagai produsen pulp terbesar ke-9 di dunia! Men-supply sekitar 7 persen kebutuhan pulp di dunia. Dari produksi 2,8 juta ton pulp itu, RAPP make sekitar 20 persen untuk memproduksi kertas di pabrik milik mereka sendiri. Sementara sebagian besar lainnya diekspor ke lebih dari 20 negara, terutamanya ke Tiongkok.

Keunggulan PaperOneTM sendiri dibandingin sama kertas fotocopy yang lain adalah karena udah diakui dunia internasional (udah keliatan sih dari kemana aja barang-barang ini diekspor) dengan ISO 9706 (permanensi kertas, layak disimpan 200 tahun) dan ISO 9002 dan ISO 14001. Kedua adalah warnanya “super – high white” yang 167 CIE untuk 80 gsm dan 159 CIE untuk 70 gsm. Ketiga produk kertas PaperOneTM ini terbuat dari 100% serat pohon Acacia Mangium. Dan yang keempat keunggulan dari Paper One adalah produknya dikemas dengan inovatif, yaitu: Moisture-Proof & Dust-Proof, desain box ergonomis (bisa jadi tempat file, mudah diangkat, dan mudah mengambil kertasnya). Karena itu semua, PaperOneTM menjadi produk unggulan milik PT RAPP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

%d bloggers like this: