Press "Enter" to skip to content

Peraturan Nyebelin Yang Sering Diterapin Orang Tua ke Anaknya, Padahal Maksudnya Baik

apabanget.my.id – Orang tua itu pengalamannya udah pasti lebih banyak dari kita. Dan udah jadi hukum alam kalo orang tua pengen yang terbaik buat anak-anaknya. Oleh karena itu orang tua bikin aturan yang ketat. Tapi kadang kita sebagai anak ga ngerti dan ngerasa kalo orang tua mengekang. Sesungguhnya yang harus kalian ketahui adalah semua orang tua ga mau anaknya salah gaul.

Gue juga termasuk salah satunya. Kadang gue suka kesel kalo dilarang-larang kaya gitu. Udah segede ini masih juga ga boleh ini ga boleh itu. Tapi yang namanya orang tua mana ada sih yang tega ngebiarin anaknya jatuh ke pergaulan yang salah? Aturan yang mereka bikin emang kadang bikin jengkel, tapi ya mau gimana lagi? Karna kita anaknya, mesti nurut.

Kadang ada aja aturan-aturan yang aneh kalo dipikirin. Itulah orang tua kita, mereka bakal ngelakuin berbagai cara buat ngelindungin anaknya. Karna ortu juga “berkompetisi” dengan ortu yang lain. Setidaknya jangan sampai dia dan keluarganya dicap gagal ngedidik anaknya. Beberapa peraturan di bawah ini mungkin akan dan udah sering kalian alami semasa hidup kalian, padahal maksudnya baik, lho!

Ga Boleh Pacaran Dulu

orang tua ngelarang buat pacaran

Ini peraturan paling mainstream kayanya deh. Semua orang tua punya default setting yang sama. Pokoknya kalo belum kerja belum boleh pacaran. Termasuk gue. Dan gue baru tau kalo gue ga boleh pacaran waktu udah kuliah. Padahal gue waktu itu udah pacaran 3 kali hahaha. Ya maksudnya kan biar kita fokus dulu sama kuliah/sekolah kita. Lulus sekolah/kuliah dengan nilai yang baik kan biar bisa memuluskan jalan ke masa depan yang lebih baik. Ada baiknya ga usah pacaran dulu, kalo belum kerja.

Ga Boleh Keluar Rumah

orang tua ga boleh keluar rumah

Maksudnya biar kamu jagain rumah sama ortu kamu. Gue kalo malam Jumat biasanya ga dikasih izin keluar rumah. Tapi kalo izin keluar rumahnya buat futsal masih dibolehin sih haha. Oiya jangan sampai ninggalin orang tua lu sendirian di rumah. Entah itu bapa lu atau ibu lu, apalagi ibu. Kalo ga penting-penting amat mending di rumah aja. Kasian ibu sendirian di rumah. Mending bantuin dia jagain rumah daripada keluyuran sampe malam.

Pulang Cepet

orang tua nyuruh pulang cepet

Kalo udah diizinin keluar rumah, usahain ga pulang telat. Apalagi kalo dikasih pesan disuruh pulang cepet. Ga boleh ngebantah. Karna udah dikasih izin keluar. Artinya orang tua kita udah ngasih kelonggaran. Ga boleh menyalahgunakan kesempatan. Daripada ga dikasih izin keluar sama sekali gimana? Disuruh pulang cepet itu biar lu punya waktu istirahat yang cukup.

Habisin Makanannya

orang tua nyuruh ngehabisin makanan

sumber: pixabay.com

Walaupun makanan yang kita makan ga enak, seengganya ada yang dihabiskan, meskipun masih bersisa. Kadang kita terpaksa ngehabisin karna ga enak sama orang tua udah cape ngebikinin. Gapapa, lebih baik terpaksa ngehabisin makanannya daripada ga habis dan orang tua sakit hati. Karna kalo lu udah gede, lu bakalan tau gimana sakitnya hasil jerih payah kita ga dihargain sama orang lain. Jadi pandai-pandailah menghargai jerih payah orang lain, walaupun jelek. Mulai dari hal sederhana, ngehabisin makanan contohnya.

Baca juga tulisan gue di blog gue yang lain 

4 Comments

  1. Rusminah Qumainah
    Rusminah Qumainah September 23, 2016

    Assalamualaikum…. tok tok tok…

    Horeeee…..
    Saya senang bgt kamu blog barux di wordpress, krn ngomen di sini lbh enak drpd di blogspot, gak perlu pake capcay kalo sy ngomenx pake link blog sy.

    Hmmm…. posting an mu yg ini sgt menohok! Secara mah sy ibu2 emang olg hobi ngelarang ini ngelarang itu . Apalg si sulung udah mau SMP, udah mulai bljr gaul. Bener bgt, yg plg sering siy sy nyuruh anak biat ngabisin mknn. Hbsx maux ayammmmmm teruss, kalo mknx ikan udah kyk mau diseret ke tiang gantungan. Ogah2an!!

    • Radhian
      Radhian September 24, 2016

      Walaikumsalam!
      Masuk.. masuk hehe

      Hahaha kenapa ga pernah ngasih tau kalo capcaynya nyusahin, Mba? Padahal tinggal klik doang udah bisa ga pake capcay hehe

      Ini hampir semuanya berdasarkan pengalaman pribadi sih.
      Aku juga dulu susah makan ikan. Tapi pelan-pelan bisa kok. Malah dulu sering bikin “bulan makan ikan” buat diri sendiri. Jadi selama sebulan lauknya ga boleh ayam. Harus ikan. Tapi cuman bertahan 2 bulan hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: