apabanget.my.id – Kita selalu punya impian dan rencana besar tiap tahunnya untuk sukses. Terkadang target dipasang tinggi dengan harapan kita berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencapainya. Tapi harapan hanya sekadar harapan kalo kita ga punya usaha untuk mewujudkannya.

Kalian pernah ngalamin ga? Semangat mengejar targetnya masih tinggi di 2 minggu pertama. Lalu kemudian minggu berikutnya mulai kendor karna terhalang berbagai kesibukan. Kerjaan baru datang sementara kerjaan lama masih numpuk, sakit, mantan nikah, macam-macamlah.

Dan kita percaya kalo apa yang selama ini kita baca/dengar tentang motivasi sukses itu bermacam-macam. Tapi sebenernya ga semua apa yang kita denger itu 100% bener. Bahkan terkadang, mitos-mitos soal kesuksesan berikut ini justru menghambat kita memiliki kebiasaan yang harusnya bisa dikerjain. Coba simak deh.

Mitos no. 1: Kita mesti kerja keras untuk bisa sukses!

 

Kata Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers, kita perlu 10.000 jam latian untuk bisa menguasai sesuatu. Bayangkan gimana caranya kita bisa mencapai target 10.000 jam itu coba? Sementara kita cuman punya waktu 24 jam dalam sehari. Dan kita kan punya berbagai macam kegiatan, ga cuman latian itu doang? Ga mungkin kita bisa ngelakuin itu.

Padahal, kuncinya adalah ngebiasain diri untuk ngelakuin hal itu tiap hari dalam waktu yang singkat. Itu aja. Langkah pertama sebelum kita kerja keras adalah konsistensi. Kalo ga konsisten ya pasti akhirnya gagal maning – gagal maning, Son!

Mitos No. 2: Buat target dan kasih deadline ketat untuk mencapainya

sukses

Ngerjain sesuatu di injury time itu emang bikin fokus. Tapi bukan berarti ini kebiasaan yang baik. Justru sebaliknya. Kerjaan yang dikerjain diujung waktu ga bakal bisa berkualitas. Selesai sih tapi seadanya. Ujung-ujungnya kita lagi yang harus ngebetulin, padahal udah bela-belain begadang buat nyelesein.

Yang bagus itu sebenernya dikerjain sedikit-sedikit. Dibiasain ngerjain sedikit-sedikit tapi tiap hari. Masalahnya terkadang banyak orang yang ngerasa waktunya masih panjang, terlena dan akhirnya ngerjain di akhir waktu. Kalo emang jenuh atau males ngerjainnya, coba pikirin lagi kenapa lu mau ngerjain ini semua? Biar jadi motivasi buat ngerjain.

Mitos No. 3: Harus jadi lebih baik dari diri yang sekarang

Punya tujuan itu bagus, biar kita fokus sama apa yang kita kerjakan. Sama kaya nyari pacar, fokus sama satu orang yang emang bener-bener jadi incaran. Tapi masalahnya kadang kalo udah mencapai titik kepuasan itu, kita selalu ngerasa kita bisa dapetin yang lebih dari sekarang ini. Dan situlah kita mulai kehilangan diri sendiri. Pada akhirnya kita sibuk mengkritik diri sendiri, karna ga mampu mencapai target yang lebih tinggi lagi. Ujung-ujungnya kita jadi kontra produktif, deh.

Pointnya adalah ngubah mantra kita selama ini. Dari yang sebelumnya “aku harus jadi yang lebih baik” menjadi “aku akan melakukan yang terbaik hari ini“. Mantra yang kaya gini lebih menghasilkan energi positif karna kamu bakal ngelakuin usaha terbaik tiap hari.

Mitos No. 4: Harus berkorban apa aja untuk sukses

sukses

Mungkin udah sering denger cerita Eric Clapton latian gitar 18 jam, Bill Gates yang doyan tidur di kantor, atau Rafi Ahmad yang syuting dahsyat ga kelar-kelar. Semua cerita itu ngebuat kita berpikiran bahwa untuk bisa sukses kita mesti rela ngorbanin apapun. Entah itu waktu untuk keluarga, kenyamanan psikologis atau apa aja.

Padahal kalo mau sukses ga perlu seberat itu, kok. Mengorbankan kenyaman untuk bisa mencapai kesuksesan itu emang bisa bikin kita jadi terlihat berusaha mati-matian di depan banyak orang. Tapi itu justru jadi bumerang buat diri kita sendiri. Daripada kaya gitu, mending kita ngurangin kegiatan luar yang ga bermanfaat. Misalnya ngurangin nongkrong sama temen yang doyan ngomongin temen yang lain. Atau ngurangin nonton tv yang isinya acara tv yang lebih mentingin rating daripada kualitas acaranya.

Mengisi waktu dengan kegiatan yang lebih positif itu jelas  lebih baik untuk mengisi waktu luang kalian, gaes. Nyari ide buat nulis di blog misalnya. Atau nyari bahan buat nyelesein skripsi yang ga kelar-kelar. Atau buat yang pacaran nyari gombalan yang kekinian biar ga dikatain kuno sama pacarnya. Banyak kok, asal kalian tau gimana caranya memanfaatkan waktu dengan baik.

 

2 thoughts on “Pengen Sukses? Cuekin Mitos-Mitosnya!

  1. keninglebar says:

    Justru karena baca ini jadi aware dan ngga bisa nyuekin =D

    1. Radhian says:

      Oiya bener juga. Makasih trollingnya hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: