Press "Enter" to skip to content

Aneka Makanan Lezat yang Selalu Membuat Kita Rindu Jambi

Pernah berlibur ke Jambi?

Jambi merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Sumatera. Tak hanya memiliki panorama yang indah, Jambil juga punya kekayaan kuliner yang menakjubkan. Banyak sekali variasi makanan Jambi yang akan membuat kita rindu kembali ke sana.

Bagi kita yang pernah ke Jambi, pasti beberapa jenis makanan ini tak asing lagi. Sementara bagi kita yang belum pernah singgah di Kota tersebut, ulasan ini bisa menjadi referensi kuliner yang tepat.

Gulai Tepek Ikan

Makanan khas Jambi yang satu ini hanya disajikan pada perayaan khusus seperti pernikahan atau kenduri. Gulai tepek ikan terbuat dari bahan dasar ikan gabus yang teksturnya lembut dan rasanya sangat gurih. Meskipun tampak mirip dengan jenis gulai ikan lainnya, gulai tepek ikan memiliki rasa yang lebih segar dan istimewa.

Jus Pinang

Pohon pinang kini memang sulit ditemui di berbagai kota besar. Namun rupanya Jambi masih punya hidangan andalan berupa jus pinang. Variasi jus ini dipercaya dapat meningkatkan stamina dan mencegah masuk angin. Tubuh pasti kembali fit usai menikmati segelas jus pinang ala Jambi.

Dodol Kentang Gunung Kerinci

Kawasan sekitar Gunung Kerinci ternyata memiliki hasil bumi berupa kentang. Melimpahnya persediaan kentang tersebut kemudian dimanfaatkan untuk membuat dodol kentang. Kini dodol kentang semakin lezat karena divariasikan dengan aneka jenis rasa seperti gula merah, pandan, durian, cokelat, dan rasa lainnya.

Nasi Gemuk

Nasi gemuk memang mirip dengan nasi uduk khas Jakarta. Bahan utama pembuatan nasi gemuk terdiri dari beras, santan, daun salam, daun pandan, sereh, dan daun jeruk. Seporsi nasi gemuk biasanya disajikan dengan lauk berupa telur, ayam goreng, sambal, dan teri kacang.

Daging Masak Itam

Penampilan daging masak itam menyerupai semur khas Betawi. Namun bahan-bahan dasar yang digunakan agak berbeda. Daging sapi has dalam akan dimasak dengan campuran adas manis, kelapa, kecap dan kayumanis. Cita rasa rempah yang sangat kuat memang menjadi ciri khas hidangan daging masak itam.

 

Kalau sudah tak sabar ingin berlibur ke Jambi dan menikmati sensasi wisata kulinernya, yuk siapkan dulu segala kebutuhan dan asuransi perjalanan yang berkualitas. Kepemilikan travel insurance tentu menjadi salah satu syarat perjalanan liburan yang aman dan menyenangkan. Risiko tak terduga pun bisa diminimalkan jika kita mendapatkan perlindungan dari asuransi perjalanan andalan kita.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: