Press "Enter" to skip to content

Kabar Gembira! NASA Mempublikasikan Hasil Penelitian Mereka Secara Online!

Buat kalian yang tertarik sama dunia luar angkasa, tentu ini adalah berita yang paling ditunggu-tunggu. Kalian yang penasaran masa tsunami di Mars yang tingginya bisa 400 kaki, sekarang ga perlu penasaran lagi. Karna kalian bisa ngebaca hasil penelitiannya. Semuanya akan bisa diakses secara gratis!

NASA lagi menyiapkan sebuah portal untuk bisa menempatkan info dan hasil penelitian mereka selama ini. Ntar portal website itu diberi nama PubspaceNamanya lumayan catchy, ya. Di sana kalian bisa nemuin apa aja yang udah NASA lakuin, dari penelitian tentang adanya kemungkinan kesempatan hidup di “bulannya” Saturnus, sampe efek folikel rambut selama astronot tinggal di stasiun luar angkasa.

Pada 2013, Kantor Gedung Putih Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mengeluarkan kebijakan kepada NASA dan beberapa perusahaan yang berada di bawahnya. Gedung Putih mewajibkan untuk meningkatkan akses terhadap penelitian NASA kepada masyarakat luas. Dulu emang sering dipublikasikan online, tapi via paywall aja. Sekarang NASA diwajibkan untuk ngepos hasil penelitian mereka di Pubspace setahun setelah publikasi.

Ada beberapa pengecualian dalam hal postingan hasil penelitian ini. Penelitian yang berhubungan sama keamanan nasional ga akan bisa kalian lihat. Tapi tenang, masih ada sekitar 850 artikel yang bisa kalian baca di Pubspace dan akan bertambah terus pastinya.

“Mempermudah akses data penelitian kami akan memberi dampak yang signifikan kepada hasil penilitian yang kami lakukan” itu yang dibilang sama Kepala Peneliti NASA Ellen Stofan dikutip dari Independent.

Langkah ini adalah bagian dari tren komunitas peneliti di seluruh dunia. Tujuannya agar ilmu pengetahuan lebih mudah dibaca dan diakses oleh semua orang. Bulan Mei nanti, negara anggota Uni Eropa setuju untuk membuat semua paper penelitian dari peneliti di Eropa bisa diakses secara bebas di tahun 2020. Masih lama, sih. Jadi sementara nungguin itu, kalian bisa baca-baca hasil penelitian NASA dulu. Ada cara gimana caranya bisa fit di luar angkasa sampe usia laut yang ada di Bulan. Dan masih banyak lagi.

Lumayan.. malam minggu kalian ga akan gabut lagi, mblo.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: