Press "Enter" to skip to content

Menilik 8 Masalah yang Ada dalam Pembangkit Listrik Diesel

Di Indonesia ada banyak power plant atau pembangkit listrik, salah satunya adalah pembangkit listrik dieselPLTD merupakan kependekan dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel merupakan pembangkit listrik yang make mesin diesel untuk penggerak utamanya. Dalam pengoperasiannya, ada 8 masalah utama yang mesti diketahui dan diperhatiin dengan baik. Pertama penyediaan energi primer atau bahan bakarnya. Penyediaan bahan bakar itu bisa meliputi pengadaan, transformasi, penyimpangan apalagi hal yang beresiko terjadinya kebakaran.

Selanjutnya adalah penyediaan air pendingin. Butuh air untuk pendingin yang besar untuk menjaga agar PLTD tetap bisa berjalan dengan baik sehingga tidak heran jika banyak PLTD yang besar dengan daya 25 MW yang dibangun di sekitar pesisir pantai sebab butuh air pendingin lebih besar daripada unit PLTD kecil dibawah 3 MW yang bisa menggunakan radiator. Ketiga adalah masalah limbah yaitu abu batu bara dengan asap yang mengandung CO2, SO2 dan NOx. Selain itu juga menghasilkan limbah minyak pelumas sehingga harus diperhatikan dengan baik agar tidak merusak lingkungan sekitar.

Masalah lainnya dalam PLTD adalah:

  • Kebisingan pemeliharaan peralatan agar bisa mempertahankan efisiensi, kehandalan dan umur ekonomis.
  • Pemeliharaan di bagian yang bergeser seperti bantal dan engsel, bantalan di tempat yang mempertemukan suhu berbeda misalnya di ketel uap, kontak listrik sakelar dan klem penyambung listrik.
  • Gangguan dan kerusakan yang menyebabkan pemutusan tenaga sehingga terjadi pemutusan pasokan listrik misalnya karena petir, tanaman, atau kerusakan alat.
  • Pengembangan pembangkit dan komponen yang digunakan misalnya apakah komponen tersebut masih bisa bekerja secara maksimal atau tidak karena umur komponen.
  • Pengembangan teknologi pembangkit baik dari segi perangkat keras yang digunakan ataupun dari segi perangkat lunak atau software.

Sewatama menjadi salah satu perusahaan IPP yang menggunakan beragam jenis sumber energi baru terbarukan. Pembangkit listrik diesel di Sewatama ini bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah, perusahaan swasta dan negara dan berbagai investor untuk bisa membangun power plant dengan mempergunakan sumber energi baru terbarukan yang berfungsi untuk menghasilkan sumber energi listrik guna bisa digunakan oleh masyarakat yang ada di Indonesia.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: