Bagi kalian yang berlangganan internet, tentu perangkat yang dipake buat internetan kalo ga komputer ya laptop, atau smartphone, tablet juga ada tapi jarang. Kadang kalo perangkat keseringan dipake tanpa istirahat, bisa jadi masalah. Salah satunya yang sering bermasalah adalah laptop.

Umumnya laptop punya masalah klasik yaitu panas atau overheat. Meskipun ini umum kejadian, tapi kalo dibiarin terus bisa ngerusak komponen lain di dalam laptop. Komponen itu bisa aja kepanasan, rusak, lalu kebakar. Untuk ngehindarinnya, ada beberapa penyebab yang perlu kalian ketahui kenapa laptop bisa overheat. Apa saja kira-kira? Simak yuk!

Penggunaan laptop di tempat yang ga semestinya

Sebaiknya hindari make laptop di tempat empuk kaya tempat tidur, bantal, selimut, dan semua permukaan yang ga rata lainnya. Mengapa? Karena tempat itu ga mampu jadi penyerap panas dengan baik. Selain itu, kasur atau tempat tidur juga punya banyak partikel kecil yang bisa masuk ujung-ujungnya malah ngotorin komponen di dalam laptop kalian.

Ventilasi tersumbat

Umumnya laptop punya lubang ventilasi yang berfungsi untuk sirkulasi udara dari dalam dan luar laptop. Ventilasi ini berguna buat ngebuang udara panas yang dihasilkan laptop. Salah satu penyebab panas dan overheat ini adalah ventilasi yang tersumbat karena banyak debu dan kotoran di dalamnya. Makanya udara panas ga bisa keluar.

Kipas kotor

Kipas yang kotor bisa jadi penyebab kenapa laptop kalian panas dan overheat. Buka bagian belakang laptop dan keluarkan kipasnya. Kalo keliatannya banyak debu dan kotoran yang nempel, udah pasti bakal ngehambat kinerjanya. Bersihin dulu kipas tadi sama kompresor biar bersih sempurna. Habis itu pasang lagi ke dalam laptop.

Kipas rusak

Selain kipas yang kotor, kipas yang rusak bisa jadi salah satu penyebab laptop kalian jadi panas. Pasalnya kalo kipasnya mati, ga akan ada udara di dalam laptop. Kalian bisa cek secara rutin untuk tau apakah kipas laptop rusak atau ga. Caranya dengerin aja suaranya apakah ada bunyi kipas yang kerja atau ga. Cara lain, deketin tangan kaian ke ventilasi dan rasain apa ada udara panas yang keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

%d bloggers like this: