Press "Enter" to skip to content

Cara Memilih Jajanan Kaki Lima Yang Sehat

Indonesia itu negeri yang bukan cuma kaya sumber daya alam. Tapi juga  kaya akan kuliner. Setiap daerah pasti punya makanan khas dan pastinya beda-beda. Jadi sekarang ini jajanan kaki lima bisa jadi pilihan tepat untuk wisata kuliner. Selain harganya lebih murah, kalian juga ga perlu cape-cape masak, tinggal makan langsung beres. Rasanya pun ga kalah sama makanan restoran. Banyak macam makanan yang bisa kalian cobain, dari makanan berat sampai ke makanan ringan selalu ada di kaki lima.

Tapi kalian juga mesti perhatiin beberapa hal sebelum beli jajanan di tempat nongkrong. Karena salah pilih jajanan, dampaknya kalian malah sakit. Beberapa cara milih jajanan kaki lima yang baik dan sehat akan coba gue kasih tau, disimak yaa!

Perhatikan lokasi jualan

Coba perhatiin tempat di sekitarnya, apa dekat sama rumah mantan dengan tempat pembuangan sampah, atau selokan. Yang kaya gini bisa bikin bau yang tak sedap di sekitar lokasi. Ada baiknya kalian jauh-jauh dari lokasi tersebut karena bisa jadi mantan tiba-tiba nongol di sana bakteri dari tempat itu malah jadi ganggu pencernaan kalian. Perhatiin juga kebersihan pedagang sama tempatnya. Banyak banget pedangan yang cuek sama kebersihan tempat dia jualan. Padahal kebersihan itu bagian dari “jualan” mereka juga. Kalian mesti liat kebersihannya karna hal ini penting banget buat kesehatan dan kenyamanan waktu lagi makan di sana.

Perhatikan warna makanan

Beberapa jenis mantan makanan ada yang dibikin pake pewarna makanan biar menarik minat konsumen buat beli. Tapi kalian mesti waspada jenis pewarna yang dipake itu udah aman apa belum buat dimakan? Cara ngebedainnya ya liat aja warna makanannya, kalo warnanya mencolok itu sih udah pasti pake pewarna buatan yang berbahaya kalo dimakan. Sebaliknya kalo warnanya rada-rada pudar atau ga terlalu mencolok bisa jadi itu aman.  Kalian harus lebih jeli untuk hal ini.

Perhatikan cara mengolah atau menyajikannya

Pedagang yang tau kebersihan pasti bakal memperlakukan makanannya seperti anak sendiri dengan baik dan ga jorok. Misalnya pake sarung tangan atau pake pencapit buat ngambil makanannya. Karena tangan itu merupakan sumber bakteri. Yaiyalah gimana ga? Ntar dipake buat ngambil uang, ntar dipake buat ngambil makanan. Kalo ga make sarung tangan, otomatis makanannya bakal terkontaminasi bakteri. Makanya kalian perlu hati-hati dan harus jeli waktu milih makanan di kaki lima.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: