Press "Enter" to skip to content

Tips Memilih Judul Skripsi

Buat kalian mahasiswa tingkat akhir, memilih judul skripsi itu salah satu tugas yang sulit banget. Karna salah judul bisa bikin kuliah lama kelarnya. Memilih judul skripsi itu kaya milih sepatu buat jalan-jalan. Karna pemilihan judul dan tema skripsi yang salah bisa berpengaruh sama masa depan kalian, terutama buat nyari kerja.

Ya mungkin buat kalian yang pengen nyari kerja ga sesuai sama jurusan kuliah ga bakal ngaruh banyak ya. Tapi buat yang pengen nyari kerja linier sama jurusan kuliah, itu kerasa banget pengaruhnya. Jadi kalo asal pilih apalagi asal ngerjainnya, wah udah deh ketauan kalo bikin skripsinya dijoki-in sama orang.

Tips ini cuma berlaku buat mereka yang punya kemampuan otak kelas menengah aja. Kalo yang udah ngerasa pinter banget apalagi ngerasa jenius boleh close tab sekarang juga. Dan ini juga buat mereka yang udah capek-capek kuliah dan pengen lulus “gampang”. Bukan buat mereka yang kuliah sekadar setor muka dan titip absen doang.

Jadi apa yang mesti dilakuin biar lulus kuliah dengan nilai dan skripsi yang bisa dipertanggung jawabkan?

Pilih Judul/Tema Yang Paling Dikuasai

Selama kuliah pasti kalian udah bisa ngebaca matkul atau jenis pelajaran yang kaya gimana yang paling kalian kuasai. Ga mungkin kalian kuliah selama itu ga tau kelemahan dan kekuatan kalian dalam nerima pelajaran kuliah.Nah dari situ kalian udah bisa prediksi tema/judul skripsi apa yang cocok untuk kalian ambil.

Kaya gue misalnya, karna gue ga suka yang terlalu banyak itung-itungan, maka gue menghindari itu. Gue usahain skripsi gue itungannya seminimal mungkin. Karna ga mungkin dihilangin, masa kuliah di jurusan Teknik ga ada itung-itungannya?

Ga Bikin Kantong Jebol

Ini penting nih! Jangan sampe judul skripsi kalian ngeribetin kalian buat lulus. Apalagi kalo ada biayanya. Bikin penelitian yang ga bikin kantong kalian jebol. Karna walaupun masih ditanggung sama orang tua bukan berarti bisa seenaknya minta duit mulu ke ortu.

Bikin judul skripsi yang walaupun ngeluarin uang setidaknya ga terlalu banyak. Temen gue pernah sampe harus keluar uang jutaan cuman buat ngirim sampel penelitian dia ke lab yang lokasinya ada di sebrang pulau. Belum lulus aja udah abis berapa itu? Nah kalo bisa sih ga perlu ambil judul penelitian yang kaya gitu gaes.

Biaya kelulusan itu ga kecil. Jadi pandai-pandailah menghemat pengeluaran buat bikin skripsi. Investasi dikit buat beli printer kalo belum punya printer. Daripada ngeprint di luar mulu, biaya kalian pasti bengkak. Kalo selembar dua lembar mungkin ga masalah.

Ga Perlu Waktu Lama

Pilih judul skripsi yang waktu pengerjaan dan penelitiannya ga pake lama. Semakin lama skripsi kalian kelar, semakin males kalian ngerjain. Yakin deh! Triknya sederhana aja kalo mau durasi skripsiannya sebentar: ga usah pake lab alias penelitian lapangan aja.

Menurut pengalaman temen-temen seangkatan gue kuliah dulu, rata-rata mereka mesti nunggu sekitar 2-3 bulan buat dapetin hasil sampel di labnya. Dan parahnya lagi, kadang penelitian mereka mesti stop karna harus nunggu hasilnya keluar dulu baru bisa dilanjutin. Jadi 3 bulan gabut banget tuh. Kebayang ga waktu yang terbuang berapa lama kalo dipake buat ngerjain skripsi?

Tapi tergantung juga sih ya. Karna gue di kota yang fasilitas labnya terbatas jadi mau ga mau harus ngirim sampel ke luar pulau dulu. Keterbatasan alat sih yang jadi kendala utama kalo masalah penelitian yang ngelibatin lab kaya gitu.

Kerjain Sendiri

Pada akhirnya mau skripsi cepet kelar atau ga itu semua tergantung kalian. Mau keluar banyak biaya atau ga itu urusan kalian. Selama ngerjain skripsinya sendirian (tanpa joki) kalian bakal tau gimana rasanya berjuang sampe akhir.

Ngelarin skripsi itu ga gampang. Ngerjain skripsi itu kaya lari marathon. Kalo lu nge-gas di awal, di akhir bisa kecapean. Tapi kalo lu ga nge-gas di awal, ntar bisa ketinggalan sama yang lain. Tapi skripsi itu bukan perlombaan, melainkan perlawanan. Melawan diri sendiri. Itu lebih berat daripada musuh manapun yang pernah kalian hadapi.

Udah gitu aja.

2 Comments

  1. Kinan
    Kinan September 16, 2017

    Tips sederhana tapi sering dilupa, terimakasih nih tipsnya jadi pengingat skripsi sendiri hehe

    • Radhian
      Radhian September 16, 2017

      Iya setuju! Semoga aja bisa mengingatkan temen-temen yang lain juga. Share artikelnya biar yang lain inget ya hehehe.. terimakasih udah mampir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: